Sosialisasi untuk Mendayagunakan Hasil Panen Petani

Tanjunglor, 29 Agustus 2015. Tanjunglor merupakan desa yang berada di ujung kota Pacitan yang sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hal ini terbukti dengan luasnya area persawahan penduduk dengan hasil yang melimpah. Pemanfaatan hasil panen dari masyarakat Tanjunglor masih bisa dikatakan monoton. Oleh karena itu pada minggu ke-7 Sabtu 29 Agustus 2015, bertepatan pukul 09.00 WIB Mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Pacitan angkatan ke-25 kembali menggelar Sosialisasi Manajemen Pasca Panen Dengan menghadirkan narasumber ahli Sarjana Pertanian yang dilaksanakan bersama warga Dusun Krajan Desa Tanjunglor di kediaman Bapak Tulus.

Sekiranya 30 warga sangat antusias dan berperan aktif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini mengingat sebelumnya warga belum begitu menguasai akan pentingnya pemanfaatan hasil panen untuk dijadikan produk lainnya. Seperti yang telah dipaparkan oleh Staf Ahli Dinas Perikanan dan Kelautan Bapak Bohadi bahwa untuk mendayagunakan hasil panen yang bernilai jual tinggi masyarakat harus berani membuat suatu inovasi yang mampu menembus para konsumen tingkat tinggi.

Pada umumnya masyarakat dusun Krajan Desa Tanjunglor yang memiliki hasil panen seperti halnya umbi-umbian (polo pendhem) yang hanya di jual dengan harga standart dan berwujud bahan mentah dapat di asumsikan menjadi produk yang lebih unggul. Misalnya diproduksi menjadi makanan ringan dengan memberikan aneka macam rasa serta olahan lainnya. Hal ini harus didasari dengan keuletan dan ketelatenan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s