Mengatasi Masalah Kekurangan Air Bersih di Musim Kemarau

Ketersediaan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga dan layak minum sudah menjadi masalah serius pada musim kemarau yang melanda saat ini. Sumber daya air untuk minum yang seharusnya dapat dinikmati dengan mudah oleh masyarakat, pada kenyataanya kini makin sulit ditemui. Bahkan saat ini air-air yang berada di sungaipun sudah mulai surut dan mengering hal ini akan menjadi hal yang terburuk yang akan warga alami.

Masyarakat dusun krajan saat ini sebagian telah di landa kekurangan air bersih, sumur dan sungai yang menjadi andalan warga dusun krajan sudah mulai berkurang keberadaan air bersihnya. Melihat kondisi tersebut, kami dari rekan-rekan KKN PPM telah melaksanakan program kerja terkait kekurangan air bersih yaitu dengan memberikan bantuan air dan wadah untuk menampung air. Namun pada kenyataanya sebelum bantuan air ini terlaksana pak kasun dan masyarakat dusun krajan memberikan usulan “bahwasanya tidak perlu memberi bantuan air bersih cukup di bantu wadah penampung air bersih toh andai bentuan air bersih nantinya tidak bisa di gunakan warga lebih lama” menaggappi usulan tersebut kami dari KKN PPM telah memberikan usaha untuk membantu memberikan toren dengan kapasitan 550 liter dengan dana yang di berikan dari Dikti yaitu sebesar 300 ribu dan untuk kekuranganya kami ambilkan dari sisa proker dan swadanya dari rekan-rekan KKN PPM.

Mushola adalah tempat dimana permintaan dari pak kasun dibantu dan diberi toren karena belum tersedia tampungan air dan kami mengintip rencana dari masyarakat sekitar masjid bahwasanya nantinya air akan di ambilkan dari sumbernya yang ada di brojol melalui dana yang diambilkan dari swadya masyarakat, sementara ini masih menggunakan air dari sumur menggunakan pompa air.

Kini masyarakat dusun krajan sudah bisa memanfaatkan air bersih yang ada toren yang berada dimasjid untuk keperluan berwudhu dan lainnya, sehingga antusiasmasyarakat dan keinginan untuk selalu meningkatkan ibadahnya sudah mulai bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s