Ketika Limbah Bergelut dengan Jarum Sulam

Tanjunglor (14/8/2015) ­­– Pemanfaatan limbah pada gemelutnya dunia bebas dan memiliki nilai plus merupakan sebuah kebanggaan khususnya kaum hawa. Bersama meriahnya HUT RI ke-70, Jumat (14/8/2015) KKN PPM Kelompok 1 Dusun Krajan kembali melaksanakan Program Kerja minggu kelima yaitu Pelatihan Enterpreneurship Untuk Anak-Anak Dan Remaja Serta Orang Tua. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.00 WIB dengan jumlah peserta 39 orang. Dengan jumlah 15 anak di dominasi dari SDN Tanjunglor 2 dan 24 orang di dominasi dari ibu-ibu Dusun Krajan Desa Tanjunglor. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN Tanjunglor 2 yang melibatkan anak-anak putri kelas 4-6 beserta ibu-ibu muda Dusun Krajan, Desa Tanjunglor, Kecamatan Ngadirojo yang bertempat di Aula Balai Desa Tanjunglor. Kegiatan ini di khususkan mengenai sebuah keterampilan yang terbuat dari bahan yang sederhana sehingga layak untuk diberikan nilai harga yang tinggi.

Enterpreneurship kali ini di fokuskan pada sebuah keterampilan mengolah limbah menjadi sebuah bross yang unik dengan warna-warni bungkus jajan yang menarik. Serta menyulam dari kain kristik menjadi bunga, kaligrafi dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus dan rapi ketelitian serta kejelian harus dipadankan. Meskipun keterampilan ini sebenarnya sudah familier di masyarakat akan tetapi belum di uji coba. Sehingga melalui Program Kerja ini masyarakat baik anak-anak serta ibu-ibu sangat antusias dan berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan ini hingga berhasil menciptakan sebuah karya.

“Menyulap waktu luang menjadi sebuah karya. Kegiatan ini dilaksanakan bukan semata-mata hanya untuk melaksanakan sebuah program kerja, akan tetapi mampu mendobrak anak-anak untuk berpikir bahwa berkarya bisa dimulai dari hal apapun. Limbah pun dapat dijadikan sebuah karya yang bermanfaat bahkan memiliki nilai yang layak. Selain itu untuk mengubah masyarakat lebih menikmati karya sendiri. Jika tidak dimulai dari diri kita sendiri siapa lagi? Dan jika tidak dimulai dari sekarang kapan lagi?” ungkap koordiator Proker, Yeni E.

Kegiatan pagi itu dilaksanakan sekitar 4 jam dan dilanjutkan dengan kegiatan yang lain. Intinya anak-anak sangat antusias untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh rekan-rekan mahasiswa KKN-PPM. Semoga kehadiran kami semua bisa membawa dampak baik bagi anak-anak dan remaja di Desa Tanjunglor dan juga seluruh warga masyarakat umumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s