Administrasi Lengkap, Data Berabad Tersimpan

Ngadirojo, Jumat 28 Agustus 2015 para perangkat desa Tanjunglor dan jajarannya berdatangan di Balai Desa Tanjunglor untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengelolaan Administrasi Desa dengan baik dan benar yang di helat Peserta KKN PPM Angkatan ke 25 STKIP PGRI Pacitan. Kegiatan ini merupakan salah satu dari 15 Program Kerja yang telah di tetapkan oleh DIKTI. Peserta yang terdiri dari Ketua RT, Ketua RW, Kepala Dusun ( Kasun ) dan perangkat desa ini seluruhnya berjumlah 23 orang.

Dalam pelatihan ini panitia mendatangkan pemateri dari Kesekertariatan Daerah yaitu Bapak Putatmo Sukandar. Beliau menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum. Dengan ditemani dua orang rekannya, Pak Iput (Begitu Beliau Akrab Dipanggil) tiba di Balai Desa Tanjunglor tepat pukul 09.30 WIB. Dikarenakan jarak tempuh dan padatnya jadwal beliau jadi sedikit molor dari Undangan yang dijadwalkan. Dengan disambut Belasan peserta KKN PPM yang telah menantikan kedatangan beliau, pak Iput Berjabat tangan dan menyampaikan permohonan maaf di karenakan datang terlambat.

Dengan dipimpin mas Bayu Aji Pratama yang merupakan salah satu dari peserta KKN PPM sebagai moderator, sedikit pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi dari Pak Iput. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya kelengkapan dan ketepatan dalam menyelesaikan persoalan administrasi desa. Selain itu juga memberitahukan administrasi apa saja yang harus ada di dalam lingkup desa. Beliau juga berpesan sebagai pemerintah desa harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap pemerintahan yang ada di desa.

Diakhir kegiatan tersebut dibuka sesi tanya jawab, namun karena semua sudah jelas dan gamblang jadi tidak ada pertanyaan yang muncul. Dan tepat pukul 11.00 kegiatan selesai karena sebagian besar peserta laki – laki harus persiapan sholat Jumat. Pak Iput dan rombongan pun mohon pamit, dengan diiringi lambaian tangan dari peserta KKN PMM perlahan – lahan mobil avanza yang membawa mereka hilang dalam pandangan.

Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada para jajaran perangkata Desa Tanjunglor dalam mengelola administrasi desa yang baik dan benar. Karena apabila dalam pengelolaannya baik tentu kearsipan data beberapa tahun silam akan mudah untuk ditemukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s