Setetes Keringat, Demi Setetes Air untuk Brojol

Sabtu (04/07/2015), mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Angkatan 25 Tahun 2015 kembali menjalankan salah satu program kerja mengenai permasalahan air bersih.

Masalah krusial yang mencolok di dusun Brojol salah satunya menyangkut kurangnya sumber air, hal tersebut menjadi salah satu target program kerja KKN PPM Angkatan 25 Tahun 2015 STKIP PGRI Pacitan. Kegiatan yang diawali pertemuan bersama Kepala Dusun Brojol, Bapak Supardi, Miswadi, Katwanto, dan beberapa mahasiswa peserta KKN PPM Angkatan 25 Tahun 2015. Pembicaraan awal yang dilaksanakan setelah salat Taraweh tersebut membicarakan masalah yang melatarbelakangi kurangnya sumber air di dusun Brojol, salah satunya karena kurangnya kesadaran masyarakat menyangkut pembagian air dan sistem pembayaran pengurus PDAM.

“Sudah setahun lebih PDAM di sini rusak, saya bersama teman-teman pengurus PDAM lelah Mas, wes kerja keras sukarela malah dirusak bahkan sering membuat antar tetangga kurang harmonis. ” ungkap Katwanto, selaku Pengurus PDAM sekaligus tokoh Karang Taruna dusun Brojol, serta mantan Ketua LKMD tersebut. Lelaki dua anak ini, menyatakan alasan masyarakat kurangnya kesadaran karena pembagian yang kurang merata. “Alasannya kurang rata ale mbagi.” Lanjut lelaki yang merangkap sebagai penjual sayur keliling ini. Pertemuan yang kurang lebih memakan waktu dua jam tersebut, dilanjutkan esok hari untuk langsung terjun ke lokasi pipa yang rusak.

Setelah beristirahat, esok harinya (05/07/2015), mahasiswa laki-laki bersama Katwanto menyusuri aliran air sekaligus mencari kerusakan-kerusakan. Terik tidak mengalahkan semangat mahasiswa untuk menyusuri aliran yang panjang dan terjal tersebut meskipun masih dalam suasana Ramadan, disela-sela kegiatan tersebut salah satu mahasiswa sekaligus koordinator program kerja tersebut, Wahyu Andrianto, kembali ke base camp untuk mengambil salah satu peralatan yang tertinggal. Situasi ini langsung dimanfaatkan oleh koordinator press release untuk menanyakan kondisi terbaru. “Sudah ketemu yang rusak, alirannya panjang dan curam juga jauh.” Ujar mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitan ini dengan baju penuh dengan keringat, namun tetap semangat demi kebaikan bersama.

Setelah menemukan kerusakan, mahasiswa mencari peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan, antara lain pipa plastik, kunci inggris, kran dan semen. “Harusnya memakai pipa besi, tapi karena terkendala pipa besi di sini (Pacitan) tidak ada, jadi ya seadanya saja pakai pipa dari plastik.” Ujar lelaki dengan ciri khas sebutan ‘S’ yang unik dan hobi melawak ini, selaku koordinator kegiatan.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Selasa (07/07/2015), agenda pada hari itu untuk menggali dan mengganti pipa-pipa yang rusak. Kegiatan dibantu oleh anggota karang taruna dusun Brojol, tak pelak semua yang ikut dalam kegiatan tersebut bermandikan peluh. “Melelahkan, lemas, tapi ya harus tetap semangat”. Ungkap salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan tersebut. Kegiatan selesai bertepatan dengan waktu berbuka puasa. Perjuangan panjang tidak pernah berakhir sia-sia, perjuangan mahasiswa dan warga terbayar ketika air mengalir dengan lancar, senyum tawa segera menguar dari masing-masing pribadi. “Alhamdulillah airnya sudah mengalir lancar, ini kerja keras dan doa dari kita bersama.” Ungkap koordinator kegiatan, Wahyu Amdrianto dengan senyum merekah.

Beberapa hari kemudian, tepat pada hari Sabtu (11/07/2015), penyerahan simbolis pada Ketua Karang Taruna dusun Brojol menutup rangkaian kegiatan. Penyerahan dilakukan oleh Koordinator kegiatan kepada ketua Karang Taruna. Sebenarnya kegiatan penyerahan simbolis bukan acara penutup melainkan awal untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah pengertian kesepahaman antara hak dan kewajiban. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Kelompok KKN, Apin Andrianto, “Ya, ini bukan acara penutup, tapi justru awal untuk bersama saling menjaga dan memelihara fasilitas milik umum. Toh ini juga untuk kebaikan bersama”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s