Masa Depan Terencana, tanpa Takut Keterbatasan

Selasa (28/07/2015), mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan 25 Tahun 2015 menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang bertajuk Pelatihan Live Plan untuk anak-anak dan remaja.

Kegiatan yang berlangsung pukul 10.00 hingga 11.00 tersebut, diselenggarakan di ruang kelas VII SMPN 5 Ngadirojo Satu Atap bertepatan dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). Antusias siswa terasa sejak pagi karena sejak pagi serangkaian acara begitu memancing semangat siswa. Acara pagi menjelang siang tersebut dipandu oleh Astriana Wikanti selaku moderator acara menyatakan begitu gugup namun semangat karena sekaligus melatih kepercayaan diri untuk persiapan PPL yang akan dilaksanakan setelah KKN-PPM 2015.

“Semangat sekali, tapi agak gemetar. Gugup. Tapi senang, karena sekaligus latihan PPL nanti.” Ujar Nana, panggilan akrab Astriana Wikanti, pada koordinator press release diiringi dengan senyum malu-malunya.

Selain Nana, pengisi kegiatan hari itu dihadiri pula oleh Lulut Purwitasari Setyono dan Riska Damayanti yang didapuk sebagai pemateri. Kegiatan dimulai dengan perkenalan masing-masing pengisi acara, meskipun beberapa siswa telah mengenal karena sempat beberapa kali bertemu namun mereka tetap senang dan antusias. Acara langsung dipegang oleh moderator acara, memberikan kesempatan pada pemateri pertama, Riska Damayanti. Perempuan manis berkacamata ini, memberikan materi tentang gambaran cita-cita yang seharusnya dimiliki siswa, agar siswa memiliki rencana akan masa depan mereka. Berikut petikan dari perempuan berkulit putih ini, “Kalian harus memiliki rancangan masa depan. Bermimpi dan bercita-cita tidak ada salahnya, yang terpenting mulailah dari sekarang untuk berusaha mewujudkannya.”

Materi berikutnya yang tidak kalah luar biasanya dipegang oleh Lulut Purwitasari Setyono, perempuan yang saat ini masih menempuh studi di STKIP PGRI Pacitan jurusan Pendidikan Matematika ini, mengisi materi berkenaan dengan motivasi siswa agar tidak menyerah akan masa depan. “Keterbatasan bukan alasan untuk menyerah akan masa depan.” Ujar perempuan manis bertinggi 158 cm ini. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tugas yang berkenaan dengan rencana masa depan mereka, apa yang akan mereka lakukan setelah lulus dari sekolah, dan lain sebagainya.

Kegiatan diakhiri dengan tepuk tangan meriah, sebagai dorongan semangat sekaligus bentuk apresiasi akan semangat mereka sejak awal hingga akhir acara. Sembari berbenah pulang, koordinator press release langsung menghampiri salah satu siswa untuk menanyakan kesan akan kegiatan hari itu.

“Senang, kalau ada kakak-kakak KKN. Kepengin seperti kakak, bisa sekolah tinggi.” Ujar salah satu siswa dengan senyum semangat khas anak-anak beranjak remaja tersebut.

Selain siswa, koordinator press release juga menghampiri ketua kelompok 3 KKN PPM 2015, Apin Andrianto. “Hari ini begitu menyenangkan, seperti de javu, dulu sosialisasi pentingnya pendidikan juga hampir sama seperti ini. Tapi semangat mereka masih begitu besar, aura positif ini semoga terus berlanjut dan semakin besar”. Ujar laki-laki yang menjabat Wakil Presiden BEM STKIP PGRI Pacitan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s