Laba Direguk, dengan Nasi Bungkus

Kamis (13/08/2015), Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan 25 Tahun 2015 kembali melaksanakan salah satu program kerja yang dirancang oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STKIP PGRI Pacitan bertajuk Sosialisasi dan Pelatihan Enterpreneurship (Kewirausahaan).

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Roudhotul Ullum ini diperkirakan akan dihadiri kurang lebih 35 peserta yang terdiri 5 perwakilan dari masing-masing RT di dusun Brojol. Acara dijadwalkan pukul 13.00 WIB, satu persatu undangan terlihat hadir dan mulai disambut hangat oleh Wahyu Andrianto selaku seksi acara, dilanjutkan dengan penulisan daftar hadir sekaligus mendapat fotokopi materi sekaligus kudapan sederhana.

Acara dibuka oleh pembawa acara dari salah satu mahasiswa peserta KKN-PPM Angkatan 25 Tahun 2015 dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Hadi Suprapto. Dengan gaya yang khas, lelaki tampan berkulit putih ini mampu membuka acara dengan penuh semangat positif. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari penyelenggara acara sekaligus koordinator Sosialisasi dan Pelatihan Enterpreneurship (Kewirausahaan), Amelia Kusumawati. Perempuan yang pada tahun 2009 pernah bernyanyi di Istana Negara ini, memberikan sambutan yang hangat dan penuh kepercayaan diri, yang menjadi titik tekan sambutan siang itu, mengenai peningkatan jiwa kewirausahaan.

“Kita bisa sukses, asal kita dengan rajin membangun jiwa kewirausahaan yang ada pada diri kita.” Tutur perempuan kelahiran 22 Desember 1993 ini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan membaca doa yang digawangi oleh koordinator keagamaan Rosi Nurhayati, perempuan yang saat ini sedang menempuh studi di STKIP PGRI Pacitan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini, dengan khusyuk memanjatkan doa hingga menyentuh hati bagi siapapun yang mendengarkan. Setelah rangkaian acara resmi tersebut usai, acara dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi mengenai kewirausahaan. Poin terpenting saat sosialisasi, saat Amel, sapaan akrab Amelia Kusumawati, memberikan perhitungan laba dari nasi bungkus jika berjualan di kantin sekolah. Berikut salah satu petikan ujaran dari perempuan bertubuh langsing ini.

“Di SMP dan SD belum ada kantin, jika modal sembilan puluh ribu untuk membuat nasi bungkus, kita bisa mendapat laba bersih delapan puluh ribu seperti yang sudah kita hitung bersama. Bayangkan jika dalam satu hari delapan puluh ribu, kita kalikan sejumlah hari efektif sekolah pasti lumayan banyak penghasilan kita dalam sebulan. Bahkan hampir menyamai gaji orang yang bekerja di kantoran, padahal itu hanya dari nasi bungkus.”

Undangan yang hadir tampak mendengarkan dengan antusias dan cukup terbuka dalam berpikir mengenai hal tersebut. Di sela-sela acara, koordinator press release, Dealisa Rurin Wijaya, menghampiri salah satu undangan untuk menanyakan pendapat mengenai acara tersebut.

“Kenapa baru terpikir ya Mbak? Ternyata bisa mendapat uang banyak dari jualan nasi bungkus.” Ungkap salah satu undangan dengan senyum lebarnya.

Acara yang berlangsung kurang lebih satu jam ini berjalan dengan lancar dan penuh tawa, karena baik dari Wahyu Andrianto dan Hadi Suprapto, di sela-sela acara sempat melempar canda gurau satu sama lain. Semakin menambah semarak dan semangat di siang terik saat itu. Setelah acara usai, koordinator press release langsung menghampiri koordinator Sosialisasi dan Pelatihan Enterpreneurship (Kewirausahaan), untuk meminta memberikan kesan selama acara.

“Alhamdulillah semua lancar, terlihat ibu-ibu begitu antusias selama acara. Semoga kesan seperti ini terus terjadi, saya dan teman-teman berharap dengan kegiatan ini bahkan seluruh kegiatan dari mahasiswa dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi masyarakat di dusun Brojol”. Ujar pemilik dari Amelia Cakery ini, diakhiri dengan senyum manis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s