Hewan Ternak Sehat, Kebersihan Kandang Selalu Terjaga

Sabtu (22/08/2015), kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Ternak yang Baik dan Benar kembali diselenggarakan sebagai salah satu program kerja wajib bagi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) STKIP PGRI Pacitan kelompok 3 dusun Brojol.

Bertempat di Masjid Roudhotul Ullum, dusun Brojol, beberapa mahasiswa tampak sibuk mempersiapkan acara sosialisasi dan pelatihan yang sedianya dijadwalkan pukul 19.00 WIB. Setengah jam sebelum acara, koordinator press release menghampiri koordinator kegiatan, Gus Mairawan, guna menanyakan segala persiapan dan perasaan akan diselenggarakannya acara.

“Masih setengah jam lagi, tapi cukup menguras pikiran karena bapak-bapak di sini pasti sudah ahli dalam mengelola ternak. Ya semoga acaranya lancar, dan sedikit pengetahuan yang akan saya berikan semoga membawa manfaat.” Ungkap laki-laki yang saat ini sedang menempuh studi di STKIP PGRI Pacitan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat akhir ini.

Dikarenakan berbagai macam hal, acara dimulai pukul 19.40 WIB. Dihadiri 21 peserta yang salah satunya adalah ketua karang taruna dusun Brojol, Bapak Katwanto. Materi yang diberikan merupakan dasar-dasar pengelolaan kandang yang baik dan benar. Seperti sebagian pernyataan yang dapat dikutip oleh koordinator press release. “Ada kelebihan dan kekurangan dari kandang berlantai panggung dan lantai tanah, karena pada dasarnya kebersihanlah yang terpenting. Pemeliharaan kebersihan kandang dapat berdampak positif bagi hewan peliharaan. Semakin baik kandang, maka kualitas hewan peliharaan juga semakin baik.”

Lelaki yang akrab dipanggil Gus ini juga menambahkan kriteria hewan peliharaan dengan kualitas baik. “Hewan peliharaan yang baik antara lain, berat badan semakin hari semakin naik. Produktif, artinya berkembang biak dengan baik, dan jauh dari segala macam penyakit.”

Selama acara tak lupa, Wahyu Andrianto selalu melempar gurauan-gurauan yang mengundang tawa dan menambah hangat suasana malam tersebut. Kehangatan dan penerimaan yang baik dari masyarakat semoga menjadi salah satu cara untuk memberikan dampak positif bagi setiap program kerja dan kegiatan dari mahasiswa KKN-PPM Kelompok 3 dusun Brojo.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s