Desa Semakin Maju dengan Pelatihan Administrasi yang Baik

Jumat (28/08/2015), program kerja yang dirancang oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STKIP PGRI Pacitan, Pelatihan Pengelolaan Administrasi Desa yang Baik, dilaksanakan oleh tiga kelompok mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan 25 Tahun 2015.

Bertempat di balai desa Tanjunglor, masing-masing perwakilan tiga kelompok tengah sibuk mempersiapkan acara yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 tersebut. Masing-masing kelompok diwakili oleh dua mahasiswa. Dari kelompok 1 (dusun Krajan) diwakili oleh Devy Endra Pratama dan Heni Rahmawati, kelompok 2 (dusun Pakis) oleh Bayu Aji Pratama dan Sri Hastuti Pratama, serta kelompok 3 (dusun Brojol) oleh Riska Damayanti dan Lulut Purwitasari Setyono. Salah satu perwakilan kelompok berhasil diwawancarai untuk menanyakan persiapan dan konsep acara yang akan dilaksanakan. “Konsepnya ya sama seperti pelatihan dan sosialisasi seperti yang pernah dilakukan, hanya saja kami mengundang narasumber yang memang cakap dibidangnya.” Ungkap Devy Endra Irawan. Hal senada juga diungkapkan oleh Riska Damayanti, selaku koordinator program kerja Pelatihan Pengelolaan Administrasi Desa dengan Baik dari kelompok 3, “Persiapannya lebih pada konsumsi, karena materi sudah kami percayakan pada yang lebih ahli (narasumber).” Tutur perempuan berkacamata ini dengan senyum lebarnya.

Undangan tampak mulai memenuhi kursi yang disediakan oleh panitia, tak lama berselang, rombongan dari Pacitan, Bapak Putatmo Sukandar, memasuki halaman balai desa Tanjunglor. Narasumber tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan. Acara dimulai, antusias undangan berjumlah 35 orang yang terdiri dari perangkat desa, kepala RW, serta kepala RT, tampak saat Bapak Putatmo memberikan penjelasan mengenai pengelolaan administrasi desa. Antusiasme tersebut bertahan hingga akhir acara.

“Alhamdulillah, akhirnya salah satu proker yang membuat ketar ketir terlaksana juga, terimakasih kerjasama teman-teman dari 3 kelompok, dan tak lupa kepada narasumber serta undangan yang hadir.” Ungkap Bayu Aji Pratama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s