Dari Sehat Tanpa Obat, ‘Keseleo Bahasa’, hingga Panganan Enak Berkhasiat

Rabu (05/08/2015), salah satu program wajib kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan 25 Tahun 2015 yang dirancang oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STKIP PGRI Pacitan, Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga kembali diselenggarakan.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah ketua Rukun Warga 05 Dusun Brojol tersebut dihadiri oleh sekitar 30 ibu PKK, dan ibu Kepala Dusun Brojol. Rombongan mahasiswa KKN-PPM Kelompok 3 sekitar 30 menit sebelum acara sudah tiba di tempat kegiatan. Acara yang semula akan dipandu oleh Lulut Purwitasari Setyono selaku pembawa acara harus berbesar hati saat salah satu anggota PKK terdapuk sebagai pembawa acara, karena pada kegiatan sosialisasi tersebut bertepatan dengan pertemuan rutin antar anggota PKK. Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars PKK. Anggota PKK dan beberapa mahasiswa KKN PPM begitu khidmat menyanyikan lagu tersebut. Kegiatan dilanjutkan oleh sambutan dari Ibu Kepala Dusun dan perwakilan dari salah satu mahasiswa KKN PPM 2015. Setelah sambutan, acara langsung dilanjutkan dengan mengisi materi sosialisasi pemanfaatan tanaman obat keluarga.

Selama penyampaian materi, Wahyu Andrianto dan Dealisa Rurin Wijaya selaku pengisi materi sempat mengalami insiden kecil ‘keseleo bahasa’ yang langsung disambut gelak tawa yang hadir pada hari itu. Salah satu ujaran yang dikutip oleh Hadi Suprapto selaku koordinator press release pada kesempatan tersebut mengenai kesehatan dapat diperoleh tanpa harus dengan obat. “Sehat tanpa obat, karena ada tanaman berhasiat di sekitar rumah.” Ujar Dealisa Rurin Wijaya selaku koordinator kegiatan. Penyampaian materi yang berlangsung sekitar 20 menit ini dilanjutkan dengan pelatihan membuat permen kencur yang digawangi oleh Rosi Nurhayati dan Dina Indriani selaku koordinator pelatihan. Suasana yang antusias karena penyampaian materi yang diselingi beberapa kali candaan dilanjutkan dengan gelak tawa karena saat pelatihan koordinator pelatihan dan beberapa mahasiswa KKN PPM melayangkan candaan dan berlagak seolah-olah seperti sales yang sedang mengadakan promosi.

Kegiatan yang berlangsung cukup lama tersebut sangat disambut positif oleh tuan rumah sekaligus Ketua Rukun Warga 05 Dusun Brojol, Ibu Supiati. “Alhamdulillah, senang karena dengan acara seperti ini menambah pengalaman dan tambah pengetahuan”. Ujar ibu dari Eka Yudha Suprayitno ini kepada koordinator Press Release. Perempuan yang berprofesi sebagai penjahit ini juga menambahkan, karena ada sosialisasi dan pelatihan ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk memanfaatkan rempah-rempah di sekitar rumah. “Bisa ngerti, sekarang kalau banyak kencur dan jahe bisa dibuat makanan yang enak-enak. Biasanya Cuma kering dan tidak dimanfaatkan.”

Dealisa Rurin Wijaya selaku koordinator acara mengungkapkan perasaannya mengenai kegiatan pada hari tersebut, “Alhamdulillah, semua lancar walaupun masih jauh dari kata sempurna, kekurangan sana sini, namun melihat antusias dan tanggapan mereka yang positif sangat memberikan pasokan energi positif. Semua ini tak akan terjadi tanpa kerja sama dari teman-teman dan warga di sini.” Ungkap perempuan yang memilki nama pena Elizabeth Wijaya ini kepada koordinator Press Release. Perempuan yang saat ini masih menempuh studi di STKIP PGRI Pacitan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah kedewasaan diri. “Ketika bersinggungan dengan masyarakat, banyak kemungkinan terjadi. Sehingga, hal tersebut dapat dijadikan sebagai cara untuk menambah kedewasaan diri. Satu hal yang dapat menjadi tameng dan sejata, yaitu kerja sama dan kekompakan anatranggota.” Ujar perempuan bertubuh subur ini dengan senyum bahagia sarat rasa syukur ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s