Celengan, Menyongsong Masa Depan Anak di Dusun Brojol

Senin (06/07/2015), mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat angkatan 25 tahun 2015 menyelenggarakan Sosialisasi Menabung Sejak Dini di Masjid Roudhotul Ullum.

Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan kegiatan TPA di masjid tersebut dihadiri kurang lebih dua puluh lima anak-anak usia sekolah dasar dan menengah pertama. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB disambut antusias oleh anak-anak. Bukan hanya anak-anak yang antusias dalam acara tersebut, namun mahasiswa peserta KKN-PPM Angkatan 25 tahun 2015 juga tak kalah antusias. Hal tersebut juga diungkapkan oleh salah satu mahasiswa selaku koordinator kegiatan.

“Sangat tidak sabar menunggu acara inti, adik-adik begitu berbinar melihat bahan-bahan untuk membuat celengan.” Ungkap Eko Agus Hari Anto, mahasiswa STKIP PGRI Pacitan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Kegiatan diawali dengan belajar membaca Al Quran, karena acara sosialisasi bersamaan dengan TPA. Semangat anak-anak mengikuti acara TPA juga tidak perlu diragukan lagi, karena acara yang seharusnya dimulai pukul 13.30, satu jam sebelumnya anak-anak sudah bersiap di masjid, bahkan salah satunya sempat mengirim pesan singkat pada salah satu mahasiswa. “Ini sudah ada yang sms, padahal masih jam setengah satu. Ayo segera bersiap!” ujar salah satu koordinator keagamaan yang juga menjadi salah satu pengajar di TPA, Rosi Nurhayati. Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini juga mengungkapkan bahwa tingkat antusias anak-anak semakin meningkat ketika melihat ada bahan-bahan dengan warna mencolok.

Setelah selesai kegiatan TPA, Eko Agus Hari Anto memberikan pidato singkat untuk membuka kegiatan Sosialisasi Menabung Sejak Dini. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Kelompok 3 KKN-PPM Angkatan 25 Tahun 2015, Apin Andrianto, selain lelaki hitam manis ini, juga ada mahasiswa lain yang menghadiri, bisa disebut lintas jurusan.

Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok, karena memang acara ini dirancang seperti acara perlombaan, yakni lomba menghias celengan. Kelompok dibagi menjadi 5, yang masing-masing kelompok memiliki kakak pendamping. Selama acara berlangsung, terdengar riuh ceria anak-anak yang dapat membuat orang dewasa tersentuh, betapa sederhananya arti sebuah kebahagiaan. Setelah beberapa saat kemudian, sesi menghias dihentikan. Tim juri yang terdiri dari Ketua Kelompok, Apin Andrianto, dan Koordinator Utama Keagamaan, Yongki Arganata, begitu kesulitan dalam menentukan siapa kelompok terbaik, karena tingkat kreativitas anak-anak patut diacungi jempol. Setelah diskusi panjang lebar, dua lelaki yang sekarang sedang menempuh studi sebagai mahasiswa STKIP PGRI Pacitan jurusan Pendidikan Matematika telah memutuskan hasilnya.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini, diakhiri dengan penyerahan hadiah oleh masing-masing pendamping kelompok dan juga tim juri. Setelah acara, koordinator press release, Dealisa Rurin Wijaya, langsung menghampiri Ketua Kelompok sekaligus Tim Juri untuk menanyakan kesan selama acara. “Anak-anak begitu antusias dan ceria. Membuat kami bangga padahal ini hanya hal sederhana, tapi InsyaAllah memberikan manfaat luar biasa.” Ungkap lelaki ini dengan senyum ramahnya. Hal senada juga diungkapkan oleh koordinator sosialisasi, Eko Agus Hari Anto, “Tidak bisa berkata-kata, ini luar biasa, melihat mereka excited itu sudah luar biasa. Pokoknya luar biasa.” Ujar lelaki jangkung ini dengan tawa lebarnya. Sebenarnya kegiatan tidak berhenti hanya pada hari tersebut, namun kegiatan sosialisasi door to door juga akan dilaksanakan dengan pembagian tim yang telah direncanakan. Kegiatan ini tidak hanya semata-mata untuk melengkapi kewajiban program kerja namun lebih kepada goresan-goresan kebahagiaan yang akan tertancap dalam hati anak-anak demi masa depan mereka melalui hal sederhana yaitu menabung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s