The First Meet (Attention Interesting)

Sasaran : SMP

Pokok bahasan : PRONUNCIATIO

Langkah-langkah :

  1. Menarik perhatian siswa

Biasanya pertemuan pertama adalah langkah awal kita untuk membuat siswa terkesan, pertemuan pertama adalah bagaimana siswa bisa menilai kita dan ke hari seterusnya melalui sikap kita pada awal pertemuan. Bersikaplah ramah tamah kepada siswamu tersenyumlah dari awal hinggal akhir, maksudnya di sini adalah jangan memperlihatkan wajah anda yang kusut yang bisa membuat murid anda bertanya Tanya dan takut terhadap diri anda. Jangan membawa masalah pribadi anda ke kelas.

  1. Perkenalan

Jika siswamu sudah mulai tertarik dengan attitude (sikap) anda, anda bisa memulai perkenalan. Tapi jika anda sudah dari awal bisa menarik perhatian mereka, tanpa anda suruh mereka pasti akan menanyakan sesuatu hal tentang diri anda. Anda bisa melihat semua itu dengan tatapan matanya. Jika setiap gerak anda mulai diikuti oleh mata mereka, berarti anda berhasil merebut perhatian mereka. Dan mulailah dengan bahasa halus dalam menyebutkan nama dll tentang anda.

  1. Absen/ perkenalan siswa

Jika mereka sudah puas dengan biodata anda, silahkan anda gantian ingin tahu tentang murid anda, mulai dari nama , alamat, hobi, dll tentang mereka. Agar anda bisa mengenali mereka lebih dalam dan merasa dekat dengan mereka. Buatlah siswamu bangga dengan apa biodata yang mereka miliki. Misalnya :

Bila menyebutkan nama meskipun terkadang nama mereka ada yang aneh atau jadi bahan tawaan oleh teman mereka, berikan pujian untuk sebuah nama itu karena nama adalah doa dari orang tua. Bangunkan rasa percaya dirinya.

  1. Membawa property

Anda bisa membawa property untuk bahan yang akan anda ajarkan. Hal ini justru ampuh buat menghidupkan suasana.

Misalnya: Anda masuk dengan membawa gitar pasti murid anda akan penasaran apa yang akan di ajarkan atau materi bagian apa yang akan anda sampaikan. Anda bisa menggunakan gitar itu untuk bernyanyi bersama (menyanyi lagu inggris) dari penyanyi yang terkenal saat ini,misal JENNIFER LOPEZ, AVRIL LAVIGNA, BRUNO MARS, TAYLOR SWIFT,EMILIA, dsb.

Saya yakin mereka pasti tau, carilah lagu-lagu terbaru dari mereka. ini akan benar menyenangkan, selain membuat mereka tertarik ini juga baik dalam PRONUNCIATION (PELAFALAN/PENGUCAPAN dalam B.INGGRIS). Jangan kudet dalam hal yang bisa membangun semangat siswa anda. Lakukan apa yang bisa anda lakukan. Selalu update dengan hal-hal baru.

  1. Selain property anda juga bisa menggunakan cara lainnya. Tapi ingat seorang guru jangan hanya terpaku pada sebuah buku. Dalam memberikan teori belajar anda harus bisa di luar kepala. Jika itu tidak memungkinkan untuk anda. Anda bisa hanya mencatat poin-poinnya saja. Dalam melatih pronunciation anda bisa menggunakan banyak cara selain menyayikan lagu-lagu inggris. Bisa juga menyuruh mereka untuk mendengarkan, membaca dan melihat film inggris favourite mereka.
  2. anda juga bisa memberika tugas. Yang pasti tugas itu jangan menjadi beban siswa anda. Jangan buat mereka merasa terbebani. Jika itu memungkinkan pemberian tugas jangan diberikan pada pertemuan pertama karena bisa membuat kita jadi salah pandang di mata mereka, yang terpenting jangan buru-buru.
  3. tugas bisa anda berikan kepada mereka dengan hal-hal yang bisa membuat mereka semangat. Membuat puisi, syair lagu, story, atau hal lainnya yang bisa membuat mereka nyaman dengan apa yang akan dia lakukan
  4. ulaslah atau bahaslah tugas yang telah anda berikan sehingga mereka tidak merasa sia-sia telah mengerjakannya. Jika anda tidak mempunyai waktu untuk membahas setidaknya ada pengumpulan tugas, dan jangan lupa koreksi dimana kesalahannya. Meskipun hanya satu huruf. Misalnya BEAUTIFUL, siswa anda menulis BEAUTIFULL, segera anda benarkan, karena bagi mereka guru adalah orang yang paling benar.
  5. jika anda menyuruh mereka mengucapkan atau membacakan tugas mereka di depan perhatikan mereka, jangan sibuk sendiri dengan apa yang anda lakukan, sehingga jika ada sesuatu yang salah anda bisa membenarkannya, misalnya kata ISLANDS (PULAU) ada murid anda yang membaca island. Langsung benarkan cara membaca yang benar adalah ailend. Though(walaupun) bukan dibaca thogh, tapi bacanya dhu. Dan masih banyak lagi.
  6. jika materi selesai berikan perpisahan yang manis. Dengan salam dan hal lainnya atau dengan pantun. Dan satu lagi perhatika benar siswa anda. Anda bisa membawa alat komunikasi seperti HP, tapi gunakan bila ada kepentingan mendesak, siswa jangan diacuhkan dengan alat komunikasi tersebut.

Oleh:

Reni Prasetyowati

1488203026

STKIP Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s