Teacher to be Fasilitator

Sasaran : SMA

Pokok bahasan : LISTENING

langkah-langkah :

  1. FASILITAS adalah nomor satu untuk mendukung kegiatan belajar mengajar anda. Jika anda mengajar di sekolah negeri anda bisa mempunyai ruangan tersendiri untuk pelajaran anda, misalnya LAB listening. Tapi jika anda mengajar di sekolah swasta yang tidak mempunyai fasilitas tersebut anda bisa mengajar mereka dengan fasilitas anda sendiri. GURU adalah fasilitator bagi murid.
  2. anda bisa membawa laptop dan speaker ke dalam kelas untuk memudahkan ada dalam mengajar. Anda bisa memutarkan lagu pada awal sebelum mengarah ke materi. Anda bisa mengajukan pertanyaan ini lagu siapa, judulnya apa dll. Memutarkan music pada awal akan membangkitkan suasana nyaman dan berkesan.
  3. Anda bisa mengetes seberapa kemampuan siswa mu dalam listening dengan memutarkan lagu dan mencari kata yang bisa mereka tangkap dengan pendengaran mereka sendiri. Tapi ingat kita sebagi guru bahasa inggris jangan sampai membawa pengaruh buruk bagi siswa. Kita jangan hanya focus pada lagu atau apapun tentang budaya luar, anda bisa menggunakan atau membuat cara sendiri. Misalnya dengan memutarkan lagu pahwalan atau lagu lagu daerah versi bahasa inggris. Jaman semakin modern, pasti bisa anda temui di youtube atau lainnya.
  4. memutarkan video dengan fasilitas LCD, nanti suruh murid anda menceritakan kembali apa yang terjadi dalam video itu. Ini bisa melatih speaking juga.
  5. memutarkan conversation, suruh mereka mendengarkan dan mencatat apa yang dikatakan dalam conversation tersebut.

Tapi jangan terlalu menuntut iringi dengan gelak canda tawa anda, agar suasana jadi nyaman. Jangan lupa katakan hal hal yang bisa menumbuhkan motivasi mereka. Misalnya : ANDA PASTI BISA, JANGAN TAKUT SALAH, JIKA SALAH NANTI SAYA BENARKAN, agar mereka bisa percaya diri dengan jawaban mereka sendiri.

  1. berikan cara cara yang bisa menambah kemampuan listening mereka dengan mendengarkan music dan mencatat apa yang dikatakan dalam lagu tersebut, kemudian suruh dia buka google tentang lirik lagu tersebut dan cocokkan dengan coretan anda tadi, itu sangat membantu . lama lama cara ini akan melatih pendengaran dan mempertajam atau mengenali pronunciation mereka (orang barat).

Oleh:

Reni Prasetyowati

1488203026

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s