Guess of Profession

Sasaran : SMP

Pokok Bahasan: Materi tentang Macam-macam Pekerjaan (Profession)

Langkah-langkah:

  1. Guru membuat kartu secukupnya yang setiap kartu di tulisi dengan sebuah profesi. Untuk mempersingkat waktu pengajaran di dalam kelas, membuatnya tersebut di rumah.
  2. Guru membagi siswa menjadi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok maksimal 3 orang siswa.
  3. Setiap kelompok mengambil 1 kartu tersebut secara acak. Yang terpenting saat kelompok tersebut mengambil kartu bagian mereka, jangan sampai kelompok lain mengetahui profesi apa yang di ambil kelompok terebut.
  4. Setelah semua mengambil kartu tersebut, masing-masing kelompok mendiskusikan tentang profesi yang mereka dapatkan. Diskusi meliputi
  • Definisi profesi
  • Dimana profesi tersebut di laksanakan
  • Apa saja kegiatan yang di laksanakan
  • Alat apa saja yang di gunakan profesi tersebut (jika ada)
  1. Setelah semua kelompok selesai berdiskusi, secara giliran satu per satu kelompok maju ke depan kelas mempresentasikan hasil diskusi mereka.
  2. Saat mempresentasikan, kelompok yang persentasi tidak boleh menyebut profesi apa yang sedang dia persentasikan. Kelompok lain yang akan menjawab nama profesinya sesuai dengan hasil diskusi yang di sampaikan (menebak nama profesi).
  3. Setiap kelompok yang bisa menebak profesi tersebut, akan mendapat point untuk menambah semangat siswa.
  4. Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran mempresentasikan hasil diskusi mereka.
  5. Kesimpulan yang di sampaikan guru dari hasil kegiatan belajar mengajar tersebut.

Oleh:

Ratna Destiari

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s