Exercise by Self

Sasaran : SMA

Pokok bahasan : SPEAKING

langkah-langkah :

Di atas telah di jelaskan bahwa itu pada pertemuan pertama. Langkah langkah dalam menarik perhatian . di materi ini sasaran saya SMA. Saya langsung ke langkah langkahnya saja.

  1. Untuk siswa SMA speaking bukanlah materi untuk PR. Speaking adalah bagaimana kita dalam melatih berbicara inggris yang menjadi satu kesatuan dengan pronunciation. Sebelum anda melatih siswa anda, anda harus bisa menyakinkan mereka dengan diri anda dan kemampuan anda. Speaking bukanlah materi yang harus di hafalkan tapi hal ini menggunakan keterampilan.
  2. Jika saat anda mengajar hindari kata yang menggunakan bahasa Indonesia, gunakanlah bahasa inggris karena ini materi speaking. Tapi jangan terlalu cepat agar siswa anda bisa mengikuti dan menelaah apa maksud anda. Jika mereka bingung tanyakan bagian mana yang membuat mereka bingung. Jelaskanlah dan tekankan pada bagian yang penting.
  3. Dan berikanlah mereka motivasi, bukan hanya orang-orang pintar dan orang kota yang selalu mengikuti kursus untuk pintar speaking. Sebenarnya speaking itu hanya butuh kebiasaan. Jika anda sudah terbiasa dimana mana berbicara inggris dengan teman anda baik secara langsung percakapan atau telfon anda pasti bisa.
  4. Perbanyak kosakata. Saya rasa murid anda paham dan tidak keberatan jika anda menyuruh mereka menghafal kosakata / vocab. Karena mereka sudah pada dewasa untuk memahami. Tapi jangan terlalu menuntut mereka untuk menghafal. Kosakata bisa anda hafalkan 1 hari 5 vocab, untuk tambah tambah pengetahuan saja, dan mulailah dengan kata yang sering mereka temui atau lakukan. Misalnya : plate /piring, door/pintu, window/jendela, ring/cincin, clothes/pakaian, trousers/celana. Mulailah dari hal yang paling kecil.
  5. Jika anda mengajar, mulailah dengan membuat umpan ke murid anda agar terjadi interaksi conversation dengan murid anda. Speaking adalah hal yang spontan bukan hafalan. Bisa anda mulai dengan HOW ARE YOU TODAY ? , DO YOU HAVE BREAKFAST ? WHAT ARE YOU DOING YESTERDAY ? and the others.
  6. Anda juga bisa memberikan teori speaking kepada murid anda dan memberikan contoh. Missal teori speaking yang pertama adalah ATTITUDE ketika sedang mengajar, arahkan pandangan mata anda ke murid anda jangan melihat ke atas kepala murid anda atau tembok, jangan berfokus pada satu orang tapi semua, usahakan pandangan itu menyebar. Jadi mereka tidak merasa di sepelekan atau di acuhkan.
  7. Minimal 1 minggu sekali membuat presentasi atau setiap siswa menceritakan kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan dalam 1 minggu dan suruh menceritakan dalam bentuk bahasa inggris, jika mereka tidak bisa atau tidak tahu bahasa inggrisnya bantulah murid anda, jangan memojokkan atau membuat mereka tertekan. Buatlah mereka nyaman.
  8. Jangan terlalu spaneng, santai tapi meyakinkan ( SLOW BUT SURE), relax, don’t be hurry /jangan terburu buru.

Oleh:

Reni Prasetyowati

1488203026

STKIP Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s