Cleaver and Happy (Shi-Ech)

Sasaran               : SMP

Pokok bahasan     : Speaking

Langkah – langkah :

  • Berdo’a :

Saya masuk(mengucapkam salam),merapikan anak-anak yang sekiranya masih ramai dan belum siap untuk mengikuti pelajaran.
setelah smua anak sudah rapi dan duduk di kursi masing-masing baru saya memulai berdo’a. Dengan tujuan agar anak focus dan dapat menangkap pelajaran yang nantinya saya sampaikan dengan menfokuskan mereka pada awal pelajaran.

  • Pemanasan

Jadi maksud saya pemanasan di sini,sebelum memberikan materi pelajaran kepada anak,saya memberikan semangat(motivasi) kepada anak, entah apapun itu, yang penting membakar semangat peserta didik,sehingga anak mulai pelajaran dengan semangat.

  • Memorize

Mengulang sedikit pelajarang yang lalu(mengingatkan lagi kepada anak),atau mengadakan “Pri-test”. Dengan tujuan untuk mengetahui sampai mana pemahaman anak pada pelajaran atau materi sebelumnya.

  • Entertain

Sedikit permainan(yang masih ada sangkut pautnya dengan pelajaran),semisal ; anak didik di minta untuk,mengeja namanya sendiri dengan bahasa inggris,menyanyikan sebuah lagu inggris atau menyetelkan “short-Movie” atau lagu inggis(dengan tujuan mereka bisa tau, bisa membedakan cara pelafatan penggabungan huruf inggris dalam berbicara),untuk meredakan rasa tegang setelah “Pri-test”.

  • Beginning

Setelah sekiranya ketegangan sudah mereda,dan sekiranya peserta didik sudah mampu menerima materi,Barulah di sini saya memulai menyampaikan materi,sekira materi sudah selesai di sampaikan,langakah selanjutnya Adalah ;

  • Question
    Saya membuka pertanyaan sekiranya,anak tidak megerti atau kurang fahham saat saya menjelaskan,anak bisa Tetapi sebelum asaya menjawab pertanyaan dari anak yg bertanya. Saya akan melempar pertanyaan kepada anak yang lain dulu,sekiranya,ada anak yang bisa menjawab,atau menjelaskan pertanyaan dari temannya itu,sekiranya jawaban dari murid yang lain belum “pas” ,maka saya yang akan kembali menjelaskan. Setelah anak faham dengan pejelasan yang kedua,maka giliran saya bertanya seputar pelajaran hari itu,di bukanya sesi-pertanyaan di sini. Untuk meyakinkan pemahaman anak.
  • Practice

Kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan anak dan pemantapan ilmu yang sudah di saring di dalam pelajaran yang tadi saya sampaikan,saya akan memberikan soal sekitar 5-7 soal,kepada peserta didik.

  • Absen

Di akhir sebelum pelajar usai ,barulah saya mengabsen peserta didik,jika saya mengabsen pada awal pelajaran,memungkinkan anak yang ijin pada awal tidak akan kembali ke kelas .tujuan saya mengabsen peserta didik pada akhir pelajaran agar meminimalisir anak yang bolos pada tengah jam pelajaran berlangsung.

  • Nasehat
    Sebelum saya keluar dari kelas,saya akan member sedikit nasehat,kepada pesertadidik.
  • Penutup
    Menutup pembelajaran,dengan Berdo’a bersama.

Dengan tujuan agar ilmu atau pelajaran yang di dapat pada hari ini menjadi berkah J

Oleh

Widad Afifah

STKIP Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s