Classification of Thing

Sasaran: SMP

Pokok bahasan: Materi tentang benda-benda di sekitar kita ( Love Thing Around Me)

Langkah-langkah:

  1. Guru di rumah membuat nama-nama benda yang ada di kehidupan sehari-hari, misalnya benda yang ada di dapur, di dalam rumah, di dalam kelas, dsb.
  2. Nama-nama benda tersebut di tulis dalam sebuah kertas kecil. Setiap kertas 1 nama benda. Minimal ada 5 nama benda dari masing-masing tempat. Contoh benda yang ada di dapur ( kompor, panci, sendok, piring dan gelas ).
  3. Guru harus membuat sebanyak mungkin nama benda agar siswa mengenal banyak kosakata.
  4. Kertas tersebut di tempatkan di kotak kecil agar tidak berantakan dan di campur.
  5. Di dalam kelas siswa di bagi dalam beberapa kelompok.
  6. Kemudian setiap kelompok di bagikan kotak berisi kertas yang bertuliskan nama benda tersebut.
  7. Setelah mendapatkan kotak tersebut, siswa mulai mengklasifikasikan benda tersebut. Apakah benda itu termasuk benda yang ada di dapur, di dalam kelas, di kamar mandi, dsb.
  8. Selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
  9. Persentasi bisa meliputi defnisi benda, fungsi benda tersebut, dsb.
  10. Kesimpulan yang di sampaikan guru dari hasil belajar mengajar tersebut.

Oleh:

Ratna Destiari

STKIP Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s