Bis Menggelitik: Bisik Mengisi Titik-Titik

Sasaran: SMA/SMK

Pokok Bahasan: Writing

Dalam metode ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya :

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dalam urutan tempat duduknya (deretan depan menyamping menjadi satu kelompok, dan deretan-deretan belakangnya menyamping menjadi kelompok selanjutnya).
  2. Kemudian guru memberikan sebuah kalimat yang diberikan pada siswa yang duduk paling ujung, kalimat ditulis diselembar kertas. Kalimat tersebut merupakan kalimat pertama / utama. Masing-masing deretan mendapatkan kalimat yang berbeda-beda.
  3. Setelah mendapatkan kalimat siswa diminta untuk melanjutkan kalimat utama tersebut , atau membuat kalimat pendukung / penjelas agar kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf. Siswa pertama membuat kalimat kedua, jika dia sudah membuat kalimat kedua, kemudian diberikan pada teman di sampingnya, kemudian teman di sampingnya juga membuat satu kalimat. Jika sudah diberikan teman sampingnya, begitu seterusnya. Kalimat diusahakan padu dan menyambung.
  4. Dalam metode ini kelompok yang cepat dan membuat stuktur kalimat yang padu maka kelompok itulah yang mendapatkan poin. Permainan ini dapat diulang-ulang dengan kalimat yang berbeda-beda pula.
  5. Permainan ini dapat melatih pola pikir siswa untuk berpikiran lebih luas dan kompleks. Melatih konsentrasi siswa. Dengan pengajaran sambil bermain siswa pasti akan lebih tertarik, dan menyukai pelajaran tersebut.

Oleh:

Septi Asihni Azizah

STKIP Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s