2 Say 3 Get

Sasaran:   SMA

Pokok Bahasan:

Pola belajar yang cenderung itu-itu saja, dengan mata pelajaran Bahasa Inggris yang kebanyakan peserta didik tidak menyukainya, maka diperlukan metode belajar yang baru. Metode ini cocok digunakan pada materi yang butuh penghafalan irregular verb seperti Past Tense, Participle Tense dan sebagainya. Konsep dari teori ini adalah peserta didik menyebutkan angka dari 1 sampai selesai, namun setiap kelipatan 3 peserta didik menyebutkan klasifikasi kata yang termasuk golongan irregular verb, yang dimulai dari Verb1 – Verb3. Yang jika nantinya ada peserta didik salah menyebutkan, peserta didik tersebut diminta maju kedepan dan menuliskan kata yang seharusnya/benar.

Langkah Penerapan     :

  1. Guru memberikan pengenalan pada permainan ini. (diberi contoh)
  2. Permainan dimulai dari bangku depan dengan menyebutkan angka 1, 2 (dalam bahas inggris ) dan kelipatan 3 harus menjawab 1 kata yang termasuk irregular verb bentuk Verb1. Contoh : go
  3. Dan peserta selanjutnya kembali menyebutkan angka 4, 5 (dalam bahasa inggris). Kemudian anak berikutnya menyebutkan Verb2 dari yang disebutkan anak sebelumnya. Contoh : go – went. Dan seterusnya hingga verb3 dan kata-kata yang lainnya.
  4. Jika ada murid yang salah menyebutkan maka dia maju kedepan dan menuliskan verb1 – verb3 yang salah sebelumnya.

Oleh:

Mula Puspita Ainur Rohma

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s