Satu Titik Dua Koma

Sasaran: SMP

Pokok Bahasan: Menulis (writing) dalam bahasa Inggris

Menulis (Writing) dalam Inggris sering kali disepelekan dan dianggap mudah. Padahal hal ini sangat penting karena dalam bahasa Inggris mempunyai aturan-aturan yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris ada yang proses penulisanya berbeda dengan cara pengucapan. Dan tanda-tanda baca yang penggunaanya berbeda pula. Semua ada aturanya dalam bahasa Inggris. untuk itu proses pengenalan hal ini sangat dibutuhkan bagi siswa-siswa yang nantinya pasti akan bermanfaat. Metode belajar ini, diharapkan dapat membantu siswa belajar dengan mudah mengenai punctuation in English.

Langkah-langkah:

Ada beberapa aspek penting yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

  1. Guru memberikan sebuah teks semisal 1 bangku satu teks yang sama. Teks berisi sebuah bacaan yang diusahakan terdapat banyak tanda baca, misalnya teks yang terdapat perkacapan di dalamnya.
  2. Setelah teks diterima oleh siswa, guru meminta siswa untuk membacanya dengan aturan 1 tokoh 1 siswa.
  3. Setelah teks dibaca dan dimengerti siswa, guru meminta siswa untuk menganalisis teks. Khusunya penggunaan tanda-tanda baca, penulisan awal kalimat yang benar, dan lain-lain yang berhubungan dengan punctuation. Misalnya, guru meminta siswa untuk menganalisis ada berapa kalimat dalam masing-masing paragraf? Ada berapa koma dalam setiap 1 paragraf? Berapa titik? , dan lain-lain.
  4. Setelah teridentifikasi, guru meminta siswa untuk menjelaskan dan mengambil kesimpulan dari contoh teks mengenai penggunaan tanda-tanda baca, dan capital letter. Seperti titik (full stop) digunakan untuk ? Huruf besar (capital letter) digunakan untuk ? dan lain sebagainya. Dengan ini, siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan tanda-tanda tersebut dengan benar. Selain itu agar siswa dapat mengetahui bagaimana penulisan sebuah kata (word) dalam bahasa Inggris.
  5. Setelah selesai tugas dikumpulkan kepada guru. Dan sebagai evaluasi proses belajar, guru bisa memberikan tugas rumah kepada siswa, dengan menulis teks menggunakan tanda-tanda baca tersebut. Guru dapat menilai sejauh mana tingkat pemahaman siswa setelah teori diberikan dan proses penerapan.

Oleh:

Lia Defi Saputri

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s