Beduk Lari ( Benar Duduk Salah Berdiri)

Sasaran: SMA

Pokok Bahasan: Membaca (Reading)

Selain berbicara (speaking) dan mendengarkan (listening) , membaca (reading) juga menjadi hal penting dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam membaca, umumnya siswa juga harus mengetahui maknanya, pelafalan (pronunciation) yang benar, kecepatan membaca, dan lain-lain. Siswa cenderung tidak menyukai dan malas membaca bacaan dengan paragraf yang banyak. Padahal ini baru membacanya saja dan belum proses mengetahui isi bacaanya, tetapi banyak siswa yang sudah mengambil kesimpulan seperti itu. Ini menjadikan sebuah kendala dalam belajar reading sedangkan reading sangat penting. Dalam metode belajar … mengungkapkan tentang bagaimana menumbuhkan minat tertarik siswa untuk meningkatkan kegiatan membaca dalam Bahasa Inggris khususnya pada teks-teks yang panjang.

Langkah-langkah:

Saya akan menjelaskan langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Guru mengajar materi pembelajaran hari itu, lalu seluruh siswa ditunjukan pada sebuah teks yang berkaitan dengan materi hari itu. Teks bacaan dicarikan yang sedang dengan 2-3 paragraf.
  2. Guru akan menunjuk seorang siswa untuk membaca, dan yang lain menyimak. Membaca tidak ditentukan sampai paragraf berapa, tetapi guru akan memberhentikan dan menunjuk siswa lain untuk melanjudkanya. Siswa yang melanjudkan dengan membaca kalimat yang salah maka diminta untuk berdiri ditempat masing-masing, dan guru akan menunjuk siswa lain untuk menggantikan. Begitu seterusnya.
  3. Setelah semuanya selesai, siswa-siswa yang berdiri diminta membaca per-paragraf secara bergantian sambil berdiri. Dan kemudian mereka diminta duduk kembali, dan mengartikan atau menganalisis teks bersama-sama.
  4. Dalam kriteria penilaianya, siswa diharapkan membaca dengan intonasi yang baik, pelafalan yang jelas dan benar, kecepatan membaca dan lai-lain. Selain itu konsentrasi siswa juga sangat dibutuhkan. Dengan ini siswa akan tertarik, meningkatkan konsentrasi untuk bagaimana melindungi dirinya agar tidak berdiri dan lain-lain. Dan secara tidak langsung telah menumbuhkan minat mereka untuk membaca dan memahami teks-teks yang panjang.

Oleh:

Lia Defi Saputri

STKIP Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s