What I do and who am I

Judul                           : What I do and who am I

Sasaran                       : SMP

Pokok bahasan           : Speaking

Langkah-langkah      :

  1. Memberikan kesan istimewa di pertemuan pertama kepada siswa. Keistemewaan adalah kebajikan dan pembelajaran yang sukses bertumpu pada karakter, pengetauhan, dan keterampilan pada diri seorang guru. Menit-menit pertama yang baik akan menimbulkan kesan yang baik pula untuk menit selanjutnya dan pertemuan selanjutnya.
  2. Selanjutnya guru memulai pembicaraan dengan siswa untuk memperkenalkan tema pembelajaran dan menjelaskan apa itu “ What I do and who am I” dalam pembelajaran Speaking.
  3. Kemudian guru memberikan contoh, dengan berjalan dari pintu ke tempat duduk guru dengan bergaya layaknya seorang model. Dengan berperan demikian akan menimbulkan pertanyaan dari diri siswa seperti, “Apa yang dilakukan guru itu?” atau “Apakah dia guru yang akan mengajar kita?”. Jika siswa perpikiran atau bahkan menanyakan pertanyaan tersebut, seorang guru telah mampu untuk menarik perhatian siswanya sesuai dengan tema pembelajaran.
  4. Kemudian setiap siswa diharapkan mempunyai ide dan karakter yang akan diperankan di depan kelas sesuai profesi yang dinginkannya. Yang kemudian akan dijawab oleh siswa lainnya. Dan ketika menjawab siswa diwajibkan untuk berbicara denga Bahasa Inggris. Menebak apa yang dilakukan oleh siswa yang berperan sebelum menyebutkan apa profesinya.

Oleh: Arlisma Nur Alifah

Pendidikan Bahasa Inggris

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s