SPIN QUESTION

Judul                  : SPIN QUESTION

Sasaran              : SMA

Pokok bahasan  : Latihan berfikir(melatih berfikir cepat). Metode ini lebih cocok untuk pelajaran speaking bahasa inggris, dan pelajaran sejenisnya yang banyak menjelaskan dan mendeskripsikan objek.

Langkah-langkah metode belajar

FASE Penjelasan
1.  Guru memberikan uraian materi (menjelaskan point penting) Guru memberikan tema yang akan dibahas, kemudian bertanya kepada siswa. Metode ini sama seperti teori konstruktive.
2.  Guru meminta siswa mempresentasikan atau menjelaskan apa yang di ketahui siswa Setelah memberikan uraian materi, pengajar meminta siswa untuk menjelaskan apa yang di ketahui siswa tentang materi tersebut. Hal ini bertujuan agar siswa mudah memahami materi selanjutnya.
3.  Guru memberikan umpan balik berupa tanggapan atau sebuah pertanyaan Setelah siswa menjelaskan apa yang di ketahuinya, guru memberikan tanggapan dan pertanyaan seputar materi. Hal ini bertujuan agar siswa berimajinasi, karena hal ini dapat mengembangkan pola fikir siswa.
4.  Penjelasan materi yang sebenarnya oleh guru Setelah terjadinya umpan balik, tentu siswa ingin tahu kebenaran materi tersebut. Dan pada fase inilah siswa akan memahami pelajaran tersebut.

Oleh: Arif Rahman Hakim

Pendidikan Bahasa Inggris_STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s