SPIN QUESTION

Judul                  : SPIN QUESTION

Sasaran              : SMA

Pokok bahasan  : Latihan berfikir(melatih berfikir cepat). Metode ini lebih cocok untuk pelajaran speaking bahasa inggris, dan pelajaran sejenisnya yang banyak menjelaskan dan mendeskripsikan objek.

Langkah-langkah metode belajar

FASE Penjelasan
1.  Guru memberikan uraian materi (menjelaskan point penting) Guru memberikan tema yang akan dibahas, kemudian bertanya kepada siswa. Metode ini sama seperti teori konstruktive.
2.  Guru meminta siswa mempresentasikan atau menjelaskan apa yang di ketahui siswa Setelah memberikan uraian materi, pengajar meminta siswa untuk menjelaskan apa yang di ketahui siswa tentang materi tersebut. Hal ini bertujuan agar siswa mudah memahami materi selanjutnya.
3.  Guru memberikan umpan balik berupa tanggapan atau sebuah pertanyaan Setelah siswa menjelaskan apa yang di ketahuinya, guru memberikan tanggapan dan pertanyaan seputar materi. Hal ini bertujuan agar siswa berimajinasi, karena hal ini dapat mengembangkan pola fikir siswa.
4.  Penjelasan materi yang sebenarnya oleh guru Setelah terjadinya umpan balik, tentu siswa ingin tahu kebenaran materi tersebut. Dan pada fase inilah siswa akan memahami pelajaran tersebut.

Oleh: Arif Rahman Hakim

Pendidikan Bahasa Inggris_STKIP PGRI Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s