Speaking spontaneously

Judul                  : Speaking spontaneously

Sasaran              : SMA

Pokok bahasan  : Latihan berbicara sepontan tanpa rancangan. Metode ini sama dengan spin question dan lebih cocok untuk pelajaran speaking bahasa inggris, dan pelajaran sejenisnya yang banyak menjelaskan dan mendeskripsikan objek.

Langkah-langkah metode belajar

FASE PENJELASAN
1.     Guru memberi tema tentang gambaran umum peristiwa, atau masalah sosial Siswa di bagi beberapa pokok (bebas), kemudian mendiskusikan pokok permasalahan tersebut, menjadi sebuah   artikel atau sebagainya.
2.     Guru menunjuk salah satu anggota sebuah kelompok Siswa yang di tunjuk harus mampu berbicara terkait materi secara sepontan (Speaking spontaneously). Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan berbicara.
3.     Guru melontarkan pertanyaan kepada salah satu anngota kelompok. Setelah berbicara sepontan, siswa tersebut mendapat pertanyaan, pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengembangkan pola fikir. Dengan pertanyaan sepontan siswa juga akan berfikir dan berbicara secara sepontan.
4.     Membuat kesimpulan Setelah mendapat pertanyaan siswa di harapkan dapat menyimpulkan apa yang telah dia jelaskan. Hal ini juga di lakukan (terjadi) secara sepontan.

**Catatan    : teori ini lebih efektif untuk pelajaran bahasa inggris, tetapi juga bisa di gunakan untuk pelajaran lainnya, tergantung sifat pelajarannya.

Oleh: Arif Rahman Hakim

Pendidikan Bahasa Inggris_STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s