Pengembangan Ruang Kelas Berkarakter

Pengembangan ruang kelas berkarakter sangat dibutuhkan guna menciptakan suatu ruang kelas yang aktif dan kreatif serta berpotensi guna menjadikan peserta didik agar menjadi orang yang berkarakter yang baik. Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam pengembangan ruang kelas yang berkarakter tersebut. Tetapi bukan hanya guru yang berperan dalam ruang kelas, namun peserta didik pun mempunyai peran serta di dalam pengembangan ruang kelas berkarakter. Guru dan peserta didik harus memiliki kerjasama yang sangat baik agar pengembangan ruang kelas berarakter tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Unsur-Unsur Pengembang Ruang Kelas Berkarakter

     Dalam pembentukan sebuah ruang kelas yang berkarakter dibutuhkan beberapa unsur yang mendukung terjadinya hal tersebut. Beberapa unsur yang penting antara lain:

  1. Guru

Guru merupakan hal yang terpenting dalam sebuah pengembangan ruang kelas yang berkarakter. Karena guru mempunyai banyak peran dalam sebuah proses pendidikan, bukan hanya sebagai seorang pendidik dan pengajar tetapi guru juga sebagai pembentuk karakter dan pembangkit dan pembangkit pandangan serta kreatifitas. Jadi maksudnya disini adalah guru harus bisa memberikan motivasi dan mampu memberi pandangan yang positif agar terbentuk peserta didik yang berkarakter. Guru juga harus bisa mengembangkan respon yang efektif untuk membuat peserta didik lebih akftif dan kreatif di ruang kelas. Jika guru mampu melakukan hal tersebut maka ruangan kelas pun akan menjadi sebuah ruang kelas yang berkarakter.

  1. Peserta Didik

Bukan hanya guru saja yang harus berperan dalam sebuah pengembangan ruang kelas yang berkarakter tersebut, tetapi peserta didik pun juga harus ikut serta membantu guru untuk berperan aktif dalam sebuah pengembangan ruang kelas berkarakter. Guru tidak akan berhasil membuat ruang kelas menjadi berkarakter jika peserta didiknya bersikap acuh dan tidak aktif oleh apa yang diberikan seorang guru.

  1. Proses di Dalam Kelas

Sebuah ruang kelas yang berkarakter juga akan terbentuk dari suatu proses yang terjadi di dalam kelas tersebut. Suatu proses yang baik dan menarik akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter dalam sebuah ruangan kelas.

 

Kegiatan-Kegiatan Pembentuk Ruang Kelas Berkaraker

     Dalam sebuah sekolah atau fasilitas pendidikan, perlu adanya ruang kelas berkarakter yang dikelola dengan baik. Adapun kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan guna mengembangkan sebuah ruang kelas yang berkarakter adalah sebagai berikut:

  1. Membuat Ruang Kelas Nyaman dan Bersih

Hal ini merupakan hal sederhana tetapi penting dalam sebuah kelas. Jika ruangan kelas nyaman, maka peserta didik akan lebih mudah untuk menerima hal yang baik dalam pembentukan karakternya.

  1. Mengatur Tata Letak Perabotan Sebaik Mungkin

Tata letak perabotan sebuah ruangan kelas juga merupakan hal yang sederhana tapi penting bagi kegiatan pendidikan. Karena jika perabotan terlihat rapi maka pandangan dan pikiran juga akan terasa nyaman sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan.

  1. Membuat Situasi Kelas Tenang dan Nyaman

Situasi kelas yang tenang dan nyaman diperlukan guna membantu peserta didik untuk bisa berpikir lebih baik dalam penerimaan materi. Hal ini diartikan proses belajar mengajar tetap berlangsung secara aktif, tetapi tidak menimbulkan suatu kericuhan dalam ruang kelas.

  1. Pengecekan Absensi Peserta Didik Secara Berkala

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui peserta didik yang sering tidak hadir agar cepat diketahui apa penyebabnya dan solusi untuk menanggapi hal tersebut

  1. Menyampaikan Materi dengan Baik

Materi dalam sebuah pembelajaran merupakan hal yang terpenting dalam proses belajar mengajar guna menambah kompetensi peserta didik. Maka dari itu menyampaikan materi itu harus dilakukan dengan baik dan semenarik mungkin agar peserta didik cepat tanggap terhadap materi yang disampaikan.

  1. Memberikan Tantangan

Tantangan diperlukan untuk melatih peserta didik dan untuk mengetahui seberapa paham peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan, misalnya dengan memberikan tugas serta tanya jawab kepada peserta didik.

  1. Membuat Kelompok Diskusi

Guru memberikan pengarahan terhadap peserta didik untuk membuat kelompok diskusi agar masalah yang diberikan guru bisa dipecahkan secara bersama-sama. Dalam hal ini pemikiran peserta didik tentunya berbeda-beda satu dengan yang lain, sehingga peserta didik bisa bekerja sama untuk menentukan hasil diskusi tersebut. Hal ini juga diperlukan untuk mengetahui karakter masing-masing dari peserta didik.

  1. Mengajak Peserta Didik Berinteraksi

Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara peserta didik untuk berinteraksi dengan guru ataupun dengan orang yang lebih tua. Ini dapat melatih bahasa dan juga kesantunan peserta didik untuk membentuk karakternya menjadi lebih baik.

  1. Menggunanakan Sarana dan Prasarana Sekolah yang Modern

Seorang guru harus kreatif dalam menyampaikan materinya. Misalnya dalam pembelajaran guru menggunakan LCD untuk mengajar agar peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh. Dan juga guru bisa memperlihatkan video yang bisa memberikan motivasi yang baik ataupun pengaruh yang baik terhadap karakter peserta didik.

  1. Memberikan Penghargaan atau Hadiah

Sesekali seorang guru harus memberikan suatu hadiah untuk memicu semangat peserta didik agar bisa belajar untuk lebih baik. Misalnya jika peserta didik mendapat nilai yang bagus atau mendapatkan peringkat yang baik, seorang guru bisa memberi hadiah agar peserta didik merasa dihargai atas kerja kerasnya.

Jika kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan baik maka akan tercipta suasana ruang kelas yang berkarakter yang bisa menjadikan peserta didiknya juga mempunyai karakter yang baik. Dan dengan adanya kerjasama yang baik antara guru dan peserta didik, bisa menciptakan suasana yang harmonis sehingga bisa menjadikan ruangan kelas yang nyaman. Sehingga masalah yang terjadi dalam ruang kelas bisa teratasi dan cepat terselesaikan guna mengurangi pengaruh dan dampak yang negatif agar tercipta karakter yang baik.

 

Kesimpulan

     Ruang kelas yang berkarakter mampu tercipta karena adanya peran serta guru dan peserta didik yang bekerja sama dalam mengembangkan pembentukan karakter untuk sebuah hal yang baik. Hal tersebut bisa dilihat dari partisipasi dan semangat peserta didik dalam keikutsertaannya dalam proses belajar mengajar, baik secara individu maupun secara kelompok. Jadi ruangan kelas yang berkarakter mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran di sekolah untuk menjadikan peserta didik mendapatkan karakter yang baik.

___________

*) Intan Hananda Putri, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas B. Makalah disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah PendidikanKarakter tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s