Sasaran Program Posdaya

Sasaran Program Posdaya adalah sebagai berikut:

  1. Bina Keluarga Balita (BKB)

Kelompok BKB umunya terdiri dari keluarga muda dengan anggota yang mempunyai anak batita atau anak balita. Untuk memberdayakan anak batita (bawah usia tiga tahun) dan keluarga balita (bawah usia lima tahun), seluruh jajaran pembangunan, termasuk kekuatan keluarga yang tergabung dalam Posdaya, diarahkan agar setiap keluarga memberi prioritas untuk anak-anak dan pelayanan kesehatan yang menjamin pertumbuhan anak balita.

Secara ekonomi keluarga Balita harus dibantu untuk mendapatkan pelatihan keterampilan, dibantu mendapatkan kerja bagi yang belum bekerja serta memperoleh kesempatan berusaha atau kesempatan membangun dirinya menjadi wirausahawan. Jika keluarga balita sudah mempunyai kerja atau usaha tetapi belum cukup untuk membina keluarganya, maka kelompok Posdaya dapat memberikan bantuan peningkatan kemampuan dan keterampilan agar keluarga yang bersangkutan bisa bekerja dengan upah yang lebih baik. Kelompok Bina Keluarga Balita bisa mengadakan pertemuan lebih sering untuk mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dikelola oleh masyarakat dan tenaga muda yang ada di kampungnya.

 

  1. Bina Keluarga Remaja (BKR)

Dalam kelompok ini, pemberdayaan diarahkan untuk keluarga yang mempunyai anak remaja. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kesadaran keluarga yang memiliki anak remaja bahwa anak-anak mereka adalah bibit unggul yang harus dipersiapkan menjadi kekuatan pembangunan yang bermoral dan bermutu. Orang tua keluarga remaja ditingkatkan kesadarannya agar mereka siap menjadi agen pembangunan yang bisa mendampingi anak-anak tumbuh subur menjadi kekuatan pembangunan yang “tangguh, tanggap, dan tanggon”.

 

  1. Bina Keluarga Dewasa (BKD)

Upaya yang dilakukan dalam kelompok ini adalah meningkatkan lebih lanjut upaya penyadaran keluarga yang mempunyai anak dewasa bahwa anak-anak mereka yang sudah dewasa perlu terus diarahkan menjadi SDM yang handal, memiliki moral yang tetap terjaga dan terus membina kualitasnya. Orang tua yang memiliki anak dewasa dipersiapkan untuk memahami persoalan yang dihadapi atau bakal dihadapi oleh anak-anak yang sudah makin dewasa, serta mendukung sekolah dan mendapatkan mata pencaharian yang sesuai dengan pendidikan dan lapangan kerja yang tersedia. Orang tua yang lebih mampu diharapkan membantu anak-anak yang memasuki usia dewasa dengan pembekalan mental yang kuat untuk menghadapi kehidupan dunia yang keras.

Pelatihan keterampilan bisa dilakukan dengan menggabungkan kegiatan magang pada usaha-usaha ekonomi yang ada di desanya. Mereka juga bisa dipersiapkan untuk bersama keluarga yang sudah mempunyai usaha ekonomi yang mapan membentuk koperasi untuk perluasan usaha.

Anak-anak muda dewasa tersebut, utamanya yang putus sekolah, atau tidak sekolah sama sekali, harus mengikuti pemberantasan buta aksara, mengikuti kursus Paket A, B, atau C sesuai dengan keadaannya. Remaja dewasa itu diajak dan dibantu untuk mengembangkan Gerakan Pramuka berbasis masyarakat sebagai forum pengembangan watak dan kepribadian yang sangat dibutuhkan untuk masa depannya.

 

  1. Bina Keluarga Lansia (BKL)

Keluarga lansia (lanjut usia) adalah keluarga yang mempunyai anggota di atas enampuluh tahun. Keluarga lansia biasanya mempunyai anggota yang masih aktif, remaja yang memulai bekerja dan memberi harapan indah untuk kakek dan neneknya. Para lansia yang masih sehat dan bugar seyogyanya mendapat kesempatan untuk berkarya dalam lingkungan rumah atau bekerja di luar dalam batas-batas kemampuan fisik yang makin berkurang. Sebaliknya yang tidak mampu secara fisik dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan tempat yang terhormat dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

 

  1. Bina Keluarga Penyandang Cacat (BKPC)

Keluarga cacat adalah keluarga yang salah seseorang atau beberapa orang anggotanya tidak saja mempunyai keterbatasan karena menyandang cacat fisik, termasuk juga keluarga yang dianggap miskin dan memerlukan bantuan fasilitas dalam mengembangkan kemampuannya. Posdaya dapat bersama-sama dengan organisasi yang mempunyai kemampuan pelatihan keterampilan memberi dorongan dan dukungan agar keluarga yang mempunyai anak penyandang cacat putus asa. Posdaya dapat pula merangkasang pengembangan fasilitas kerja dan usaha untuk penyandang cacat.

 

  1. Bina Keluarga Ekonomi (BKE)

Keluarga dari berbagai kelompok umur bisa saja bergabung bersama untuk mengembangkan kewirausahaan dengan partisipasi yang tinggi. Kebersamaan tersebut dikembangkan dengan mengacu kepada kerjasama antara keluarga kurang mampu dan dengan keluarga yang lebih mampu. Usaha bersama dapat dikembangkan dengan cara koperasi atau dengan mengembangkan kebersamaan dalam usaha ekonomi produktif.

One thought on “Sasaran Program Posdaya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s