Mengelola Keorganisasian Posdaya

Posdaya. Begitulah kata yang hampir tiga tahun ini populer di telinga masyarakat Pacitan. Posdaya merupakan forum silaturrahmi, advokasi, komunikasi, informasi, edukasi dan sekaligus bisa dikembangkan menjadi wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu (Haryono Suyono, 2009: 6). Posdaya juga dapat berperan sebagai wadah pelayanan keluarga secara terpadu yaitu pelayanan pengembangan keluarga secara berkelanjutan dalam berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut diantaranya adalah: 1) Bidang Keagamaan, 2) Bidang Kesehatan, 3) Bidang Pendidikan, 4) Bidang Kewirausahaan, 5) Bidang Lingkungan Hidup.

Pengembangan Posdaya ditujukan untuk tercapainya hal-hal sebagai berikut (Haryono Suyono, 2009: 12):

  1. Dihidupkannya dukungan sosial budaya atau sosial capital seperti budaya hidup gotong royong dalam masyarakat untuk saling peduli sesama anak bangsa, saling tolong menolong antar keluarga dengan keluarga lain, saling mengulurkan bantuan pemberdayaan secara terpadu atau bersama-sama memecahkan masalah kehidupan yang komplek.
  2. Terpeliharanya infrastruktur sosial kemasyarakatan yang terkecil dan solid, yaitu keluarga yang dapat menjadi perekat atau kohensi sosial sehingga tercipta suatu kehidupan yang rukun, damai dan memiliki dinamika yang tinggi.
  3. Terbentuknya lembaga sosial dengan keanggotaan dan partisipasi keluarga di desa atau kelurahan yang dinamis dan menjadi wadah atau wahana partisipasi sosial.

Selengkapnya baca di sini, Mengelola Keorganisasian Posdaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s