Sejarah Perkembangan Ilmu Pada Masa Post Modern

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan jaman yang semakin pesat yang terus mengalami berbagai macam perubahan dalam bidang tekhnologi, budaya, ilmu pendidikan dan sejarah. Seiring pula dengan perkembangan ilmu pada diri manusia. Jika kita ingat kembali arti sejarah dimana memiliki arti bahwa sejarah adalah suatu hal yang sangat penting yang mampu memberikan banyak pelajaran dan telah mencatat berbagai macam perubahan manusia. Sejarah mampu membuat inovasi yang dimulai sejak dari jaman pra sejarah sampai saat ini.

Tanpa kita sadari, sekarang ini kita berada pada masa post modern, dimana kehidupan manusia dimanjakan oleh tekhnologi yang canggih dan tentunya ini akan mempermudah mereka dalam mengakses berbagai kegiatan yang diinginkan. Hal ini tidak lepas dari peran sejarah yang mampu mendorong dan menginovasi manusia sehingga manusia mampu mengembangkan pola pikirnya dan tentunya juga diikuti oleh peran serta dari perkembangan ilmu pendidikan. Semakin ilmu pendidikan yang dmiliki semakin banyak maka semakin pula meningkatkan sejarah kearah yang jauh lebih canggih.

Dalam pokok bahasan ini akan diuraikan megenai: a.) pengertian ilmu, b.) pengertian post modern, c.) tokoh pada masa post modern, dan d.) sejarah perkembangan ilmu pada masa post modern.

 

 

  1. PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan berasal dari bahasa Inggris “science” yang berarti mempelajari atau mengetahui. Secara luas ilmu adalah sebuah pengetahuan yang berasal dari proses penelitian yang rasional yang digunakan sebagai acuan atau pedoman si pencari ilmu atau ilmuwan dalam menemukan hal – hal baru. Selain itu The Liang Gie (1987) juga memberikan pengertian bahwa ilmu merupakan rangkaian aktivitas penelaahan yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia ini dalam berbagai seginya dan keseluruhan pengetahuanbsistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia.

Ilmu adalah suatu penggambaran proses, prosedur atau tindakan pikiran dan produk atau hasil yang dicapai. Jika disimpulkan ilmu adalah pengetahuan.

  1. Pengertian Post Modern

Secara etimologis post modern berasal dari kata post dan modern yang berarti later or after. Jika disatuakan keduanya mengandung arti sebagai koreksi dari modern itu sendiri dengan mencoba menjawab pertanyaan yang belum terjawab pada jaman modern yang muncul. Hal ini dapat disimpulkan bahwa masa post modern adalah masa dimana kita berada pada masa modern seperti ini. Semua tekhnologi canggih telah mengelilingi kehidupan kita dan itu artinya kita berda pada era globalisasi yang penug dengan tekhnologi.

 

Salah satu konsep mengenai post modern :

Konsep Pauline Rosenau (1992) mendefinisikan post modern secara gamblang secara berlawanan ; Pertama, postmodernisme merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalannya memenuhi janji – janjinya. Juga postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas yaitu pada akumulasi pengalaman peradaban Barat adalah industrialisasi, urbanisasi, kemajuan tekhnologi, negara bangsa, kehidupan dalam jalur cepat. Namun mereka meragukan proritas – prioritas modern seperti karier, jabatan tanggung jawab, personal, birokrasi, demokrasi liberal, toleransi, humanisme, egalitarianisme, penelitian objektif, kriteria evaluasi, prosedur netral, peraturan impersonal dan rasionalitas. Kedua, teoritisi postmodern cenderung menolak apa yang biasanya dikenal dengan pandangan dunia (world view), metanarasi, totalitas, dan sebagainya. Postmodern bersifat relatif. Kebenaran adalah relatif, kenyataan (realitas) adalah relatif, dan keduanya menjadi konstruk yang tidak bersambungan satu sama lain. Hal tersebut jelas mempunyai implikasi dalam bagaimana kita melihat diri dan mengkonstruk identitas diri.

  1. Tokoh pada Masa Post Modern
  2. Michael Foucault

Michael foucault adalah seorang filosof dan sejarawan Perancis pada tanggal pada tanggal 15 oktober 1926. Dia adalah seorang filosof Perancis yang sangat terkenal di dunia sejarah dan filsafat dan dia juga merupakan filosof pada abad ke – 20 yang sampai saat ini masih digunakan untuk mengenali fakta sosial dan budaya kontemporer.

  1. Mohammed Arkoun

Mohammed Arkoun berasal dari keluarga biasa. Dia lahir pada tanggal 2 Januari 1928 dan berada pada perkampungan Barber yang berada disebuah desa di kaki gunung Taorirt-Mimoun.

  1. Jacques el-Biar Derrida

Jacques adalah seorang keturunan Yahudi. Ia lahir pada 5 Juli 1930 di El-Biar yang merupakan salah daerah terpencil di Aljazair. Ia mulai mengajar filsafat pada tahun 1960 setelah meraih gelar sarjananya yang mengajar.

 

  1. Sejarah Perkembangan Ilmu pada Masa Post Modern

Postmodern adalah masa dimana kehidupan manusia mulai berkembang. Pada awalnya, kata postmodern tidak muncul dalam filsafat ataupun sosiologi namun sering muncul pada arsitektur dan sastra. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa postmodern merupakan suatu kritik atas janji – janji terhadap salah satunya kebudayaan. Charles jencks dengan bukunya The language of Post Modern Architecture(1975) menyebut postmodern sebagai upaya mencari pluralisme gaya arsitektur setelah ratusan terkukung satu gaya. Menurut charles Jencks, yang dianggap sebagai arsitek postmodern yang paling berpengaruh, peristiwa peledakan ini menandai kematian modernisasi dan menandakan kelahiran postmodernisme. Pada masa ini kedudukan ilmu fisika juga menempati kedudukan yang paling tinggi karena fisika dipandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang materinya mengandung unsur fundamental yang membentuk alam semesta menurut trout (dalam Rizal Mustansyah, dkk.,2001). Adapaun ilmuwan fisika yang terkenal adalah Albert Einstein. Ia menyatakan bahwa alam itu tidak berhingga besarnya dan tidak terbatas, tetapi juga tidak berubah status totalitasnya atau bersifat statis dari waktu ke waktu. Einstein percaya akan kekekalan materi. Alam semesta itu bersifat kekal, atau dengan kata lain tidak mengakui adanya penciptaan alam. Telah saya singgung bahwa pada masa ini manusia berada pada lingkungan yang bertekhnologi canggih, oleh karena itu teori mengenai fisika juga ditandai dengan penemuan alat – alat yang canggih.

Dalam sejarah keilmuwan, kita melalui beberapa jaman dimulai dari jaman pra yunani kuno, jaman yunani kuno, jaman abad pertengahan, jaman Renaissance, jaman modern, jaman post modern(kontemporer) dan penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Jaman pra yunani kuno

Pada jaman ini terbagi menjadi 3 fase :

  1. Jaman batu tua yang berlansung pada 4 juta tahun SM sampai 20.000/10.000 tahun SM. Pada jaman ini orang – orang menggunakan alat – alat yang terbuat dari batu dan tulang, mengenal bercocok tanam dan beternak dan primitif dalam menjanai kehidupan sehari – harinya.
  2. Jaman batu muda yang berlangsung tahun 10.000 tahun SM atau abad 100 SM. Di jaman ini telah ada perkembangan dimana orang – orang telah mampu mengenal tulisan dan pada jaman ini pula berkembang masalah perbintangan, matematika dan hukum.
  3. Jaman logam berlangsung pada abad 20 SM sampai abad 6 SM. Pada jaman ini orang – orang menggunakan logam sebagai peralatan sehari – hari, diantaranya sebagai peralatan masak dan peralatan perang.
  4. Jaman yunani kuno

Pada jaman ini filsafat tumbuh dengan subur karena di jaman ini menggunakan sikap yang senang bersikap kritis dan tidak menerima pengalaman yang didasarkan pada sikap. Jaman ini berlansung sekitar bad 6 M. Pada abad ke 4 dan 5 ilmu pengetahuan beku, dan hal ini disebabkan oleh 3 pokok penting :

  • Penguasa Roma yang menekan kebebasan berfikir
  • Ajaran Kristen tidak disangkal
  • Kerjasama Gereja dan penguasa sebagai otoritas kebenaran

Namun demikian, pada ke 2 M ada Galen (bidang kedokteran) dan tokoh aljabar yang berperan dalam perkembangan pengetahuan. Pada jaman ini banyak pula bermunculan ilmuwan terkemuka, diantaranya : Pythagoras (582 SM – 496 SM) yang terkenal dengan bapak bilangan dengan salah satu peninggalan yaitu “Teorema Pythagoras”,. Aristoteles (384 SM – 322 SM). Dia adalah seorang filsuf yunani, merupakan murid dari Plato dan guru dari Alexander. Ia memberikan kontribusi di bidang metafisika, fisika, etika, politik, ilmu kedokteran dan ilmu alam. Dan masih banyak lagi.

  1. Jaman pertengahan

Jaman ini masih berhubungan dengan jaman sebelumnya. Jaman ini berlangsung pada abad 6 M samapi sekitar abad 14 M. Pada masa ini segala aktivitas keilmuwan harus berdasarkan agama. Bahkan ketika bangsa Eropa mengalami kegelapan, kebangkita justru milik Islam. Hal ini dimulai dari lahirnya Nabi Muhammad SAW pada abad ke 6 M. Kemudian pada abad ke 7 M sampai 12 M terdapat perluasan wilayah, pembinaan hukum serta penerjemahan filsafat Yunani, dan kemajuan ilmu pengetahuan. Pada masa ini Islam mendapat masa keemasan (golden age). Adapun tokoh – tokoh yang berperan dalam perkembangan ilmu diantaranya adalah : Al farabi, seorang komentator filsafat Yunani yang sangat ulung di dunia Islam. Al-Khawarizmi, Al-Kindi dan sebagainya.

  1. Jaman Renaissance

Jaman ini berlangsung pada awal abad 14 M. Renaissance sering diartikan dengan kebangkitan, peralihan, atau lahir kembali (rebirth), yaitu dilahirkan kembali sebagai manusia yang bebas untuk berfikir, dan jauh dari ajaran agama. Tokoh – tokohnya diantaranya :

  • Galileo Galilei (1564 – 1642 M ) adalah seorang astronom, filsuf dan fisikiawan dari Italia yang berperan besar pada revolusi ilmiah.
  • Johannes Kepler ( 1571 – 1630 M ) adalah astronom Jerman. Ia paling dikenal dengan hukum gerakan planetnya. Kepler juga ahli optic dan astronomi, dan penjelasannya tentang pembiasan cahaya tertuang dalam buku “supplement to witelo, expounding the optical part of astronomy “. Ia orang pertama yang menjelaskan cara kerja mata.
  • Andreas Vesalius ( 1146 – 1564 M ) adalah astronomi, ia memperkenalkan tentang anatomi tubuh manusia.

 

  1. Jaman Modern

Jaman ini sudag dimulai sejak abad ke 14 M yang juga dikenal sebagai jaman rasionalisme yang tumbuh karena munculnya berbagai penemuan ilmu pengetahuan. Tokoh yang menjadi pioner pada masa ini adalah Rene Decrates, Isaac Newton, Charles Darwin, dan JJ. Thomson.

  1. Jaman Kontemporer ( Postmodern )

Jaman ini bermula dari abad 20 M dan sebagian besar aplikasi ilmu dan tekhnologi diabad 21 merupakan hasil penemuan mutkhir di jaman ini. Bidang fisika menjadi titik perkembangan ilmu pada masa ini.

Dari penjelasan diatas cukup jelas bahwa seiring dengan berjalannya waktu, ilmu akan semakin berkembang juga. Tidak hanya ilmu fisika tetapi ilmu – ilmu lain juga mengalami perkembangan yang pesat.

 

 

 

  1. PENUTUP

Masa postmodern adalah masa dimana kehidupan manusia dikelilingi oleh tekhnologi yang canggih. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan pada masa tersebut berkembang sangat pesat. Baik dalam bidang ilmu pengetahuan, sejarah tekhnologi, komunikasi maupun ilmu kedokteran. Dalam sejarah keilmuwan, kita melalui beberapa jaman dimulai dari jaman pra yunani kuno, jaman yunani kuno, jaman abad pertengahan, jaman renaissance, jaman modern dan jaman postmodern.

 

 

 

  1. DAFTAR PUSTAKA

Ari Purnomo, Narasi Kecil Sebagai Legitimasi Ilmu Pengetahuan era Post Modern Menurut Jean Francois Lyotard: Sebuah skripsi, Yogyakarta: FTW, 2006

Zainal Abidin, Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat, (Bandung:PT. Remaja Rosda Karya,2003), Cet. III

Spengler,oswald.2010.Fisafat Sejarah. Yogyakarta

Sugiharto,Bambang.2009.Humanisme and Humaniora.Yzainal Abidin,Filsafat Manusia: Satrio Arismunandar,Dekonstruksi Derrida dan Pengaruhnya Pada Kajian Budaya, Desember 15, 2008, http://pormadi.wordpress.com/2008/12/15/dekonstruksi-derrida-dan-pengaruhnya-pada-budaya/

Bambang Sukma Wijaya, Kajian Kritis Semiotika Dekonstruksi Derrida, February 20, 2008.

http://www.pursal.com/2009/04/22/sI-dstars-06-ss-postmodern-arch-language/

http://Maktabah –stid

 

_____________

*) Nina Dwi Hartanti, adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas A. Makalah disusun guna untuk memenuhi sebagian tugas individu dalam mata kuliah Filsafat Ilmu Tahun Akademik 2012/2013 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M. Pd.

Advertisements

One thought on “Sejarah Perkembangan Ilmu Pada Masa Post Modern”

  1. menurut pandangan saya filsafat menggunakan faktor imperis dan rasional sedangkan agama menggunakan rasional dan transidental bagaimana pendapat saudari. makasih…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s