Masalah Belajar dan Solusinya

Dalam proses pembelajaran tentunya seorang siswa memiliki suatu permasalahan dalam belajar. Disini penulis ingin menyampaikan beberapa permasalahan dalam belajar dan solusinya. Permasalahan dalam belajar terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal (keadaan diri) yang meliputi:

v  Mental

v  Sikap belajar

v  Motivasi

v  Konsentrasi

v  Mengolah bahan belajar

v  Evaluasi

v  Percaya diri

v  Kebiasaan belajar

Faktor eksternal (keadaan kondisi) yang meliputi:

v  Lingkungan sosial

v  Kurikulum sekolah

v  Sarana prasarana

v  Keluarga

 

Cara mengatasi permasalahan dalam belajar tersebut dengan cara:

 

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan individu lain yang ditiru. Guru diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan siswanya pada saat proses pembelajaran berlangsung.

2. Diagnosis

Diagnosis adalah identifikasi mengenai sesuatu, proses pemeriksaan terhadap hal-hal yang bermasalah. Guru diharapkan mampu menganalisis jenis masalah siswa dengan cara meneliti latarbelakang penyebabnya atau dengan cara menganalisis gejala-gejala yang tampak.

3. Pragnosis

Pragnosis adalah solusi sementaraa, disini guru diharapkan mampu memberikan solusi sementara kepada siswa yang sedang mengalami kesulitan/permasalahan dalam belajar.

4. Terapi dan memberi bantuan

Terapi yang dimaksud adalah mampu memberikan suatu kenyamanan kepada siswa pada saat siswa mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga siswa tidak merasa takut ataupun ketika dia tidak mampu belajar dengan baik dalam proses pembelajaran berlangsung.

 

5. Tindak Lanjut (follow up)

Tindak lanjut yang dimaksud adalah menindaklanjuti suatu masalah yang dihadapi siswa tersebut, sehingga permasalahan yang dihadapi siswa mampu ternetralisir dengan baik tanpa mengurangi semangat siswa dalam belajar.

 

Kesimpulan

Tidak ada suatu permasalahan tanpa solusi, seperti halnya pepatah mengatakan dimana ada gula, disitu ada semut, pepatah tersebut saya rasa berlaku dalam dunia pendidikan, salah satunya seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu adanya permasalahan dalam belajar dan adanya solusi. Dalam belajar pasti menemukan yang namanya masalah, dan semua masalah pasti ada solusi. Suatu masalah dalam belajar tidak sepantasnya dijadikan alasan untuk kita berhenti belajar. Karena dari belajar kita menjadi tahu dan mendapatkan pengetahuan yang akan menuntun kita menuju pintu kesuksesan dengan dijalankannya solusi-solusi masalah belajar diatas tersebut jika kita menemukan masalah dalam belajar khususnya bagi siswa.

 

_______________

Di Susun Oleh:

Tri Wahyuningsih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s