Kekurangan Dan Kelebihan Teori Pemrosesan Informasi Dan Kerja Otak

Dalam setiap proses pembelajaran, informasi adalah salah satu faktor penting yang turut berperan dalam proses pembelajaran tersebut. Belajar sama halnya dengan proses menerima, menyimpan dan mengingat serta menyampaikan kembali informasi-informasi yang telah didapatkan sebelumnya sebagai hasil dari belajar tersebut. Faktor penting dalam proses pembelajaran yang lain adalah keadaan kognitif individual peserta didik. Namun sebagaimana telah diketahui bahwa setiap teori belajar selalu memiliki kelebihan maupun kekurangan.

ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI

Kekurangan

  1. Pendidik dituntut untuk lebih berkreasi dan melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran, sehingga jika pendidik tidak mampu berkreasi maka yang akan terjadi adalah suasana jenuh yang akan membuat proses belajar mengajar tidak menyenangkan dan akan berdampak buruk pada para peserta didik.
  2. Pendidik juga dituntut untuk lebih mendalami karakter individual pesrta didik agar dapat mengetahui apakah siswanya dapat diajak lebih aktif atau tidak dalam proses pembelajaran.
  3. Bila pendidik maupun peserta didik tidak bisa berfikir aktif dan kreatif maka tujuan pembelajaran yang dilakukan tidak akan bisa dicapai.

Kelebihan

  1. Guru atau tenaga pendidik bisa lebih kreatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik selama proses pembelajaran.
  2. Guru dapat menggunakan alat bantu dan metode penyampaian materi baru yang inovatif dan menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian peserta didik.
  3. Guru akan lebih mudah mengajak siswanya berinteraksi sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
  4. Karena menggunakan sistem pembelajaran yang inovatif, maka siswa akan lebih senang untuk mempelajari materi yang disampaikan oleh gurunya.
  5. Siswa akan mampu berfikir lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran.
  6. Dengan sistem pembelajaran baru yang menyenagkan peserta didik akan lebih mudah mengingat materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik sehingga akan lebih mudah juga untuk memahami materi yang telah didapatkan.

 

ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TEORI KERJA OTAK(NEUROSCIENCE)

Kekurangan

  1. Kebanyakan pendidikan di Indonesia lebih mementingkan atau mengutamakan intelektualitas atau kemampuan akademis peserta didik sehingga hanya otak kiri saja yang akan berkembang, sedangkan kemampuan dan kerja otak kanan dianggap tidak terlalu penting.
  2. Dalam teori neuroscience peran otak dianggap sangat penting, sementara itu diperlukan fasilitas dan biaya yang tidak sedikit untuk membuat lingkungan belajar yang baik bagi perkembangan otak peserta didik.
  3. Guru harus mampu memahami karakter dan kemampuan individual peserta didik, karena setiap otak manusia memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

Kelebihan

  1. Karena teori neuroscience adalah teori belajar yang berbasis pada kemampuan otak individu, maka setiap keinginan dan kemampuan pribadi peserta didik atau pembelajar bisa terdukung.
  2. Guru dapat menggunakan berbagai fasilitas maupun metode pembelajaran yang beragam untuk membantu perkembangan otak peserta didik.

PENUTUP

Setiap metode belajar yang digunakan oleh para pendidik ditujukan untuk memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh pendidik. Kekurangan dan kelebihan selalu dimiliki oleh semua metode pembelajaran. Pengajar atau pendidik harus menyesuaikan metode pembelajaran apa yang akan digunakan dengan kondisi lingkungan maupun kondisi individu peserta didik agar dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

_____________

Disusun Oleh:

*) Febryan Chistya Novianes Amanda, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas A. Makalah disusun gunamemenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu AfidBurhanuddin, M.Pd.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s