Gaya Belajar

Belajar adalah proses yang terjadi secara terus menerus hingga terjadi perubahan tingkah laku pada diri seseorang. Belajar juga diartikan sebagai bagaimana kita menerima informasi dari dunia sekitar kita dan bagaimana kita memproses dan menggunakan informasi tersebut, mengingat setiap individu memiliki keunikan tersendiri dan tidak pernah ada dua orang yang memiliki pengalaman hidup yang sama persis dipastikan bahwa Gaya Belajar masing-masing orang berbeda satu dengan yang lain. Gaya belajar setiap orang dipengaruhi oleh faktor alamiah (pembawaan) dan faktor lingkungan, jadi ada hal-hal tertentu yang tidak dapat diubah dari diri seseorang bahkan dengan latihan sekalipun. Tetapi ada juga hal-hal yang dapat dilatihkan dan disesuaikan dengan lingkungan yang terkadang justru tidak dapat diubah.

BAB II

PEMBAHASAN

Menurut Adi W. Gunawan Gaya belajar adalah cara yang lebih anak sukai dalam melakukan kegiatan berfikir, memproses dan mengerti suatu informasi. Kita tidak bisa memaksakan seorang anak harus belajar dengan suasana dan cara yang kita inginkan karena masing masing anak memiliki tipe atau gaya belajar sendiri-sendiri diantaranya adalah Visual, Auditory, dan Kinestetik. Tidak semua anak memiliki satu gaya belajar saja, tetapi ada juga yang memiliki gaya belajar ganda.

Gaya belajar mengacu pada cara belajar yang lebih disukai pebelajar. Umumnya, dianggap bahwa gaya belajar seseorang berasal dari variabel kepribadian, termasuk susunan kognitif dan psikologis latar belakang sosio cultural, dan pengalaman pendidikan (Nunan, 1991: 168).

Macam-macam gaya belajar yaitu:

v  Visual

Gaya belajar ini menitik beratkan kepada apa yang dilihat atau diamati anak,biasanya gaya belajar ini lebih kepada ketajaman penglihatan,seperti warna, gambar, peta, diagram, cirinya adalah:

1)      Memiliki sikap teliti atau detail

2)      Tekun

3)      Pekerjaan rapi

4)      Tidak terganggu dengan suasana yang ramai

5)      Saat akan mengerjakan sesuatu harus ada contoh terlebih dahulu

6)      Mengingat apa yang dilihat, daripada yang didengar

7)      Kurang mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan.
v  Auditory

Karakteristik gaya belajar ini lebih mengutamakan pendengaran untuk menyerap informasi yang didapatkan, cirinya adalah:

1)      Lebih mengerti apa yang didengar daripada apa yang dilihat

2)      Bukan pembaca yang baik karena tidak bisa mengingat dengan baik apa yang baru saja dibaca

3)      Membaca dengan suara keras

4)      Lebih suka mendengarkan musik dan bernyanyi

5)      Pandai dalam berbicara atau menceritakan sesuatu dengan panjang lebar

6)      Suka berdiskusi dan kerja kelompok.

 

v  Kinestetik

Model pembelajaran ini lebih menyerap informasi dari gerakan fisik yaitu menyentuh, anak lebih paham dengan apa yang disentuh daripada apa yang didengarkan dan dibaca, cirinya yaitu:

1)      Lebih menyukai praktek daripada teori

2)      Menggunakan objek sebagai bahan pembelajaran

3)      Selalu aktif

4)      Suka menggunakan objek warna terang

5)      Sulit berdiam diri

6)      Menghafal dengan cara berjalan dan melihat

7)      Menyukai permainan dan aktivitas fisik

8)      Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca

9)      Suka membuat eksperimen.

 

Bab III

KESIMPULAN

 

Belajar yakni bagaimana kita menerima informasi dari dunia sekitar kita dan bagaimana kita memproses dan menggunakan informasi tersebut,dari belajar tersebut terbentuknya beberapa gaya belajar yang akan mendukung seseorang untuk memahami apa yang mereka pelajari, Gaya belajar mengacu pada cara belajar yang lebih disukai oleh anak.

 

__________

Disusun Oleh:

Desi Wulandari_1388203039_Pbi B

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s