Analisis Kekurangan Dan Kelebihan Teori Kognitif Dan Konstruktivistik

Proses belajar dimulai sejak manusia masih bayi sampai akhir hidupnya. Proses pembelajaran dipengaruhi oleh pemahaman guru terhadap teori belajar. Teori belajar dapat dijadikan sebagai acuan dalam memberikan pembelajaran. Dengan memahami teori belajar guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Dalam makalah ini saya akan membahas tentang pengertian teori kognitif dan konstrutivistik beserta kekurangan dan kelebihannya.

 

PENGERTIAN TORI BELAJAR KOGNITIF

Inti dari teori belajar ini adalah bahwa teori ini merupakan suatu teori pembelajaran yang mengarah pada kualitas intelektual peserta didik. Secara umum menurut teori kognitif belajar adalah proses yang menekankan pada proses membangun ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan berbagai aspek yang bersifat intelektualitas.

 

KEKURANGAN TEORI BELAJAR KOGNITIF

  1. Teori ini tidak menyeluruh untuk semua tingkat pendidikan.
  2. Beberapa prinsip seperti intelegensi sulit dipahami dan pemahamannya masih belum tuntas.
  3. Teori ini hanya menekankan siswa ke pembelajaran intelektual, tetapi kurang dalam hal moral.

 

 

KELEBIHAN TEORI BELAJAH KOGNITIF

  1. Menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri.
  2. Membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.
  3. Teori ini sangat berpengaruh pada kemajuan intelektual peserta didik khusunya dalam kualitas intelektualnya.

 

PENGERTIAN TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISTIK

Teori belajar ini merupakan teori yang yang dibangun dari realitas lapangan. Pembelajaran harus dapat memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik. Pengetahuan yang dibangun atas dasar realitas yang ada dalam masyarakat menjadikan siswa lebih cepat menerima pengetahuan. Dalam teori ini, guru lebih berperan sebagai fasilitator atau moderator, dan guru bukan satu-satunya sumber belajar bagi siswa.

 

KEKURANGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK

  1. Siswa belajar secara konsep dasar tidak pada ketrampilan dari siswa itu sendiri.
  2. Teori ini tidak cocok untuk siswa pasif.
  3. Dalam pembelajarannya tidak memusatkan pada kurikulum yang ada.

 

KELEBIHAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK

  1. Menuntun siswa atau peserta didik harus aktif dalam berpikir, aktif dalam kegiatan, dan kritis.
  2. Memberikan ruang gerak yang bebas kepada siswa untuk menemukan informasi, ide, atau gagasan.
  3. Pembelajaran terjadi lebih kepada ide-ide dari siswa itu sendiri

 

 

PENUTUP

Kesimpulan

Teori Kognitif adalah teori pembelajaran yang mengarah pada kualitas intelektual peserta didik. Teori ini juga menekankan pada proses membangun ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan berbagai aspek yang bersifat intelektualitas.

Teori Konstruktivistik adalah teori belajar yang dibangun dari realitas lapangan. Teori ini dibangun atas dasar realitas yang ada dalam masyarakat menjadikan siswa lebih cepat menerima pengetahuan.

 

 

 

 

___________

*)YAHABIBI, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas A. Artikel disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s