PaPa (Patch Paragraph)

Langkah-langkah           :

  1. Guru menyiapkan beberapa materi terlebih dahulu yang berbentuk short paragrah tentang materi yang akan diajarkan. Misal, Simple past tense atau yang lainnya.
  2. Guru membuat atau menyiapkan beberapa pertanyaan dalam lembaran kecil untuk siswa yang jawabannya tersedia didalam short paragraph tersebut.
  3. Dikelas, guru memberikan instruksi tentang cara-cara melaksanakan kegiatan dalam proses belajar mengajar dengan permainan.
  4. Setelah siswa paham semua tentang instruksi yang diberikan oleh guru, maka guru mulai pelajaran dengan metode PaPa (Patch Paragraph), dan guru menempel short paragrap tersebut pada papan tulis di depan kelas.
  5. Setelah ditempel semua, guru menyiapkan beberapa potongan kertas kecil untuk siswa diatas meja guru yang berisikan pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Pertanyaan diberikan secara berurutan berdasarkan tempat duduk siswa. Misal, dimulai dari baris pertama depan/belakang dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari kanan ke kiri, lalu ke baris kedua/berikutnya dan seterusnya. Atau sesuai dengan kemauan guru dalam memanggil siswa.
  7. Pengambilan pertanyaan dilakukan oleh setiap 4 siswa sekali maju kedepan dan setelah mereka memegang satu pertanyaan, maka siswa harus mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya pada beberapa short paragraph tersebut.
  8. Setelah mereka mendapatkan jawaban yang benar, siswa mengembalikan soal dan dipersilahkan duduk kembali untuk menuliskan jawaban yang telah didapat pada selembar kertas.
  9. Kemudian berlanjut pada siswa berikutnya untuk maju dengan model yang sama dan proses penyampaian jawaban dilakukan pada sesi terakhir apabila semua siswa sudah mendapat pertanyaan serta jawabannya, dan dilakukan penilaian oleh guru.

_______

Disusun Oleh:

Devi Nurmala Yuda /PBI-A

STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s