Evaluasi Pembelajaran

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan antara pemberi pelajaran (pendidik, pembimbing, pengajar) dan penerima pelajaran (peserta didik). Proses pembelajaran merupakan suatu siklus. Dikatakan sebagai siklus karena proses ini berjalan dan berurutan secara berulang – ulang dan terus menerus. Dalam siklus pembelajaran, proses – proses yang ada di dalamnya merupakan kegiatan yang ada dan lazim digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Terdapat lima proses pembelajaran yaitu; pelibatan, eksplorasi, penjelasan, perluasan, dan evaluasi. Semua hal tersebut wajib dipenuhi dalam sebuah proses pembelajaran. Hal yang kalah penting lagi adalah evaluasi pembelajaran yang merupakan proses akhir dari suatu kegiatan pembelajaran. Dalam makalah ini, penulis akan menjelaskan tentang evaluasi pembelajaran, beserta fungsi, serta tujuannya dalam suatu proses pembelajaran.

PEMBAHASAN

  1. Pengertian evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran merupakan proses untuk menentukan nilai atau manfaat dari suatu kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dan / atau pengukuran.

 

  1. Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran

Berdasarkan pengertian mendasar dari evaluasi pembelajaran di atas, dapat kita ketahui bahwa tujuan utama dari evaluasi pembelajaran adalah sejumlah informasi atau data tentang nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran yang kemudian difungsikan dan ditujukan untuk pengembangan pembelajaran. Hal ini berarti hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi diarahkan untuk perbaikan suatu bagian tertentu atau sebagian besar bagian kurikulum pembelajaranyang sedang dikembangkan (Hasan, 1988 : 39). Kegiatan tersebut dapat diartikan sebagai kegiatan pengembangan pembelajaran apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran benar – benar digunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran.

 

  1.  Sasaran Evaluasi Pembelajaran

Sasaran evaluasi pembelajaran adalah aspek – aspek yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran. Sasaran evaluasi pembelajaran meliputi;

  1. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran sangat perlu untuk diperhatikan, karena semua aspek pembelajaran yang lain selalu bermula dan bermuara pada tujuan pengajaran.

  1. Unsur dinamis pembelajaran

Unsur dinamis dalam pembelajaran disini adalah sumber belajar atau komponen sistem instruksional yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran, yang meliputi orang, pesan, bahan, alat, tekhnik, dan latar. Dengan adanya interaksi sumber belajar sebagai unsur dinamis pembalajaran dengan peserta didik, diharapkan bisa mewujudkan pelaksanaan pembelajaran dengan baik.

  1. Pelaksanaan pembelajaran

Dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran diartikan sebagai interksi antara sumber belajr dengan peserta didik. Dengan demikian dalam kegiatan evaluasi pembalajaran, sebenarnya kita menentukan seberapa derajat interaksi antara peserta didik dengan dengan setiap sumber belajar, dan seberapa derajat pula antara sumber belajar dengan tujuan pengajaran.

  1. Kurikulum

Kurikulum diartikan sebagai rencana tertulis yakni seperangkat komponen pembelajaran yang diuraikan secara tertulis pada bahan tercetak atau buku.

 

  1. Prosedur Evaluasi pembelajaran

Prosedur evaluasi pembelajaran terdiri dari lima tahapan yang meliputi;

  1. Penyusunan rancangan

Secara garis besar, rancangan evaluasi pembelajaran berisi hal – hal yang sama dengan yang tertera dalam rancangan penelitian, yakni;

  1. Latar belakang yang berisi dasar pemikiran penyelenggaraan evaluasi.
  2. Problematika yang berisi rumusan masalah atau problematika yang jawabannya akan dicari baik secara umum maupun terperinci.
  3. Tujuan evaluasi merupakan rumusan yang sesuai dengan rumusan permasalahan dalam evaluasi pembelajaran, baik tujuan secara umum maupun trperinci.
  4. Populasi dan sampel, yakni sebuah komponen pembelajaran yang dikenai evaluasi pembelajaran dan / atau yang dimintai informasi dalam kegiatan evaluasi pembelajara.
  5. Instrumen adalah semua jenis alat pengumpulan informasi yang diperlukan sebagai pengumpul informasi sesuai dengan tekhnik pengumpulan data yang diterapkan dalam evaluasi pembelajaran.
  6. Sumber data, yang merupakan dokumen, kegiatan, atau orang yang dapat memberikan informasi atau data yang diperlukan.
  7. Tekhnik analisis data, yakni cara atau tekhnik yang digunakan untuk menganalisis data yang disesuaikan dengan bentuk permasalahan dan jenis data.

(Arikunto, 1988 : 44 – 47)

  1. Penyusunan instrumen

Langkah –langkah yang dapat dilakukan dalam proses penyusunan instrumen adalah :

  1. Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan instrumen yang akan disusun.
  2. Membuat kisi – kisi yang mencanangkan perincian variabel dan jenis instrumen yang akan digunakan untuk mengukur bagian variabel yang bersangkutan.
  3. Menbuat butir – butir instrumemn evaluasi pembelajaran berdasarkan kisi – kisi yang telah dibuat.
  4. Menyunting instrumen evaluasi pembelajaran.
  5. Pengumpulan data

Dalam pengumpulan data, dapat menerapkan berbagai tekhnik pengumpulan data yang ada, diantaranya adalah kuisioner, wawancara, pengamatan, dan studi kasus, yang masing – masing tekhnik tersebut memiliki prosedur yang berbeda – beda.

  1. Analisis data

Data yang telah terkumpul selanjutnya dapat diolah, baik secara individual ataupun secara kelompok. Apabila data diolah dan dianalisis secara individual, maka hasilnya menunjuk kepada suatu keadaan. Sedangkan pengolahan secara kelompok, hasilnya menunjuk kepada suatu bagian data atau keseluruhan.

  1. Penyusunan laporan

Dalam penyusunan laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan tujuan evaluasi, problematika, lingkup dan metodologi, pelaksanaan, dan hasil evaluasi pembelajaran.

PENUTUP

Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, tidak mungkin dilakukan sendiri oleh seorang guru, diperlukan beberapa ahli sebagai tim pelaksana atau evaluator. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik dan mengikuti prosedur yang ada diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah terbentuk.

DAFTAR PUSTAKA

Dr. Dimyati & Drs. Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2009

 

_____________

Novitasari, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas A. Makalah disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran tahun akademik 2013 / 2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s