Masalah Belajar Dan Solusinya

Di era globalisasi ini sudah menunujukkan suatu zaman yang canggih yang penuh dengan kemajuan. Khususnya untuk dunia pendidikan yang seharusnya semakin maju dan bukannya semakin terpuruk. Itu semua di sebabkan karena banyaknya faktor yang mempengaruhi terpuruknya dunia pendidikan di indonesia, antara lain faktor ekonomi,faktor lingkungan, dan faktor dari individu yang malas belajar.

Masalah ataupun persoalan dalam belajar dapat di artikan suatu proses kesulitan atau hambatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pada dasarnya pendidikan mempunyai arti secara umum yaitu suatu proses dalam mengembangkan hidup diri tiap individu dan melangsungkan kehidupan.

Masalah dapat diartikan sebagai hambatan atau kesulitan dalam memahami suatu hal. Baik masalah belajar dari dalam (internal) maupun masalah dari luar (eksternal). Dan itu terjadi sesuai dengan masalah-masalah dari diri setiap individu.

Belajar adalah suatu proses mempelajari sesuatu dari sebuah pengalaman. Dalam belajar harus memperhatikan apa sebenarnya tujuan untuk apa kita belajar, itu semua agar kita mempunyai motivasi, kita belajar untuk bisa, untuk menuntut ilmu, dan mampu bersaing dalam era yang semakin modern ini.

Jadi, masalah belajar dalam dunia pendidikan ini harus segera di hapuskan, agar tidak menjadi negara yang terpuruk dalam pendidikan hanya karena anak bangsa kurang mengerti akan arti pentingnya belajar. Belajar untuk masa depan, dan tidak ada lagi masalah-masalah dalam belajar.

 

 

ISI DAN PENGERTIAN

BAB II

PEMBAHASAN

Masalah belajar sebenarnya mempunyai arti yang cukup luas,karena masalah belajar itu sendiri di pengaruruhi dari faktor internal yang artinya masalah belajar yang terdapat dari diri dalam setiap individu, sedangkan faktor eksternal yaitu masalah belajar yang terdapat dari luar individu atau dari lingkungan.

Jadi, dapat di artikan masalah belajar adalah suatu proses kesulitan ataupun hambatan dari dalam maupun dari luar setiap diri individu dalam mencapai suatu perubahan individu yang baru.

 

 

Masalah-Masalah Belajar :

 

 

Faktor internal :

Yaitu faktor yang di pengaruhi dari dalam setiap diri individu yang menyebabkan sulitnya berkonsentrasi dalam belajarnya.

 

  1. Fisik

Masalah fisik sangat mempengaruhi siswa dalam menerima setiap materi yang di sampaikan, mempunyai kekurangan/lemahnyaa fisik membuat konsentrasi peserta didik akan terganggu.

  1. Sikap terhadap belajar

Sikap siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar. Jika sikap siswa kurang menerima atau menolak dalam belajar maka hasil yang akan di peroleh pun juga akan sia-sia.

  1. Konsentrasi dalam belajar

 

Masalah belajar juga sangat di pengaruhi seberapa besar siswa mampu berkonsentrasi dalam menerima pelajaran yang di sampaikan, itu akan mempengaruhi hasil belajar yang kurang baik jika tidak adanya konsentrasi.

 

  1. Masalah kejiwaan

 

Masalah kejiwaan atau mental juga menjadi masalah dalam belajar karena jika kejiwaan seseorang terganggu,maka konsentrasi dalam belajar akan terganggu juga.

 

  1. Motivasi belajar

 

Motivasi dari dalam individu sangat berbeda mulai dari cara memperhatikan,menyimak,ataupun dalam memahami pelajaran. Rendahnya motivasi akan mempengaruhi hasil belajar yang di harapkan.

 

  1. Kebiasaan dalam belajar

 

Setiap individu memiliki kebiasaan belajar yang berbeda, belajar yang tidak teratur membuat hasil belajar tidak memuaskan.

 

  1. Malas

 

Malas adalah kebiasaan yang sudah melekat dari dalam diri individu dan membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya. Dan sudah pasti menjadi masalah belajar yang terbesar, karena jika rasa malas sudah menghinggap sulit untuk mengatasinya.

 

  1. Kesehatan

 

Terganggunya kesehatan bisa membuat siswa kurang memperhatikan pelajaran yang di ajarkan, misalnya kurangnya gizi,terganggunya alat fungsi indera, ataupun sedang tidak sehat. Membuat belajar akan terganggu.

 

  1. Rasa percaya diri

 

Di dalam diri setiap individu mempunyai rasa percaya diri yang berbeda dengan individu yang lain. Kurangnya rasa PD akan membuat siswa kurang mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

 

  1. Tingkat kecerdasan

 

Memiliki kecerdasan yang kurang juga menjadi masalah dalam belajar, karena akan membuat siswa kesulitan dalam menerima pelajaran.

 

Faktor eksternal :

Yaitu faktor yang berhubungan dari luar individu baik dari sosial sekitar atau pun dari lingkungan.

 

  1. Terlalu mengandalkan teman

Seorang siswa bisa malas belajar karena punya teman yang lebih pintar darinya untuk diandalkan, baik untuk mengerjakan PR, maupun saat mengerjakan soal ulangan. Berbagai upaya dapat dilakukan agar mendapatkan contekan.

 

  1. Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana adalah suatu hal yang terpenting dalam dunia pendidikan, jika sarana yang di gunakan jauh dari kata layak,maka akan menjadi masalah dalam belajar.

  1. Banyaknya waktu buat bermain

Waktu yang di gunakan untuk bermain,juga akan menimbulkan masalah dalam belajar. Misalnya seorang siswa selepas pulang dari sekolah bermain sampai sore. Tiba waktu malam mau belajar terasa lelah dan mengantuk. Akibatnya siswa tersebut lebih memilih kegiatan lain daripada belajar, seperti menonton televisi, atau lainnya.

  1. Pacaran

 

Pacaran sudah menjadi trend di kalangan pelajar,terlebih pelajar SMA. Pacaran bisa menjadikan siswa malas belajar. Siswa yang pacaran bisa menggunakan waktu belajar untuk saling berkirim SMS atau telepon bersama sang kekasih. Dan ini adalah masalah belajar yang cukup sulit untuk dihilangkan.

 

  1. Pengaruh HP

 

Tidak di pungkiri lagi di masa yang modern ini kegunaan HP sangatlah penting,namun di salah gunakan bagi siswa yang masih di bawah umur. Dan melupakan waktu belajar hanya untuk sms atau yang lain.

 

  1. Program TV

 

TV adalah media yang di gemari masyarakat untuk menyaksikan program-program yang di sukai,namun bila pelajar terlalu banyak menonton TV maka akan lupa dengan waktu belajar mereka.

 

  1. Pergaulan di lingkungan

Pergaulan yang salah akan merusak kepribadian,dan yang pasti akan mengganggu dalam pembelajaran.

  1. Guru

Guru yang kurang kreatif menciptakan suasana pembelajaran pun akan menjadi masalah dalam belajar,karena siswa akan terasa bosan dan pelajaran akan di abaikan.

  1. Tidak suka dengan mata pelajaran yang di ajarkan

Tidak menyukai pelajaran yang di ajarkan adalah masalah belajar yang cukup rumit,jika sudah tidak suka maka akan sulit menerima pelajaran yang di ajarkan.

  1. Keluarga

Masalah di dalam keluarga akan menjadi suatu beban pada peserta didik,khususnya bagi siswa yang dari keluarga broken home. Pikiran siswa akan kurang fokus dalam menerima pelajaran,sehingga menjadi suatu masalah dalam belajar.

 

SOLUSI ATAU CARA MENGATASI MASALAH BELAJAR

 

  1. Di beri hadiah
  2. Lingkungan sekolah yang menyenangkan
  3. Guru yang peduli dan ramah
  4. Cara mengajar yang kreatif
  5. Menunjukkan bahwa anak tersebut mempunyai kemampuan
  6. Identifikasi
  7. Diagnosis
  8. Pragnosis
  9. Terapi dan pemberian bantuan
  10. Tindak lanjut

 

PENUTUP

 

  1. Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh siswa dan menghambat kelancaran proses belajar, bisa berkenaan dengan keadaan diri siswa itu sendiri  ataupun berkenaan dengan lingkungan atau yang tidak menguntungkan.
  2. Masalah ataupun persoalan dalam belajar dapat di artikan suatu proses kesulitan atau hambatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  3. Masalah dapat diartikan sebagai hambatan atau kesulitan dalam memahami suatu hal.
  4. Belajar adalah suatu proses mempelajari sesuatu dari sebuah pengalaman.
  5. Masalah belajar itu sendiri di pengaruruhi dari faktor internal yang artinya masalah belajar yang terdapat dari diri dalam setiap individu, sedangkan faktor eksternal yaitu masalah belajar yang terdapat dari luar individu atau dari lingkungan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Anonim. Tanpa Tahun. http://blog.unsri.ac.id/yunifitriyah/belajar-dan-pembelajaran/cara-menentukan-siswa-yang-mengalami-masalah-belajar_tugas-kuliah/mrdetail/17192/. Diakses tanggal 11 November 2011

 

Anonim. Tanpa Tahun. http://belajarpsikologi.com/gejala-kesulitan-belajar-siswa/. Diakses tanggal 13 November 2011

 

Sofah, Rahmi. 2005. Bahan Ajar Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

 

 

 

____________

Disusun Oleh:

Memori Oktavia Mustika Sari : penulis adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pacitan program studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas A. Maka disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Tahun Akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanudin M.Pd.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s