Kekurangan dan Kelebihan Teori Kognitif dan Konstruktivistik

Teori Belajar Kognitif

Teori Kognitif adalah ilmu pengetahuan yang dibangun di dalam diri individu melalui proses interaksi yang berhubungan dengan lingkungan. Prose ini berjalan dengan mengalir, bersambung dan menyeluruh. Teori ini mengandalkan alat indra yang menerima rangsangan dari lingungan dan mengubahya menjadi rangsangan netral.

T eori Kognitif juga merupakan metode pembelajaran yang muncul atau di bangun oleh siswa itu sendiri yang mana guru tidak ikut andil dengan apa yang di kerjakan anak tersebut. Disini guru hanya di haruskan memantau serta mengembangkan apa yang telah di pelajari siswa. Kegiatan belajar tersebut dilakukan oleh siswa secara aktif. Dan keaktifan itu dapat berupa kegiatan siswa dalam mencari informasisekaligus dapat menambah pengalaman dalam proses belajar siswa.

Teori ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan Teori Kognitif :

  1. Membantu siswa dalam bereksperimen, mengamati lingkungan dan mengubahnya menjadi sesuatu yang baru dan dapat menambah pengalaman siswa itu sendiri ( memori jangka panjang ).
  2. Membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah, karena siswa menjadi pelaku aktif dalam teori pembelajaran ini.
  3. Siswa akan lebih kreatif dan mandiri.

Kekurangan Teori Kognitif :

  1. Prinsip Intelegensi akan sulit dipahami oleh siswa dan pemahamannya akan membutuhkan waktu yang lama.
  2. Teori ini tidak menyeluruh baik dari pendidikan dasar hingga pendidikan lanjutan.
  3. Siswa akan kesulitan sa’at menemui dan memahami hal – hal baru yang tidak ia mengerti.

 

Teori Belajar Konstruktivistik

 

Teori belajar Konstruktivistik adalah metode pembelajaran yang bersifat membangun pengetahuan siswa dalam bentuk pertanyaan yang muncul dari dalam diri siswa. Teori ini juga berupa penekanan dan pengembangan dari Teori Kognitif. Jadi siswa mendapatkan hal – hal baru yang ia pelajari sendiri lalu mengembangkannya menjadi ilmu pengetahuan dan pengalaman. Siswa berperan aktif dalam hal ini dan orang lain bahkan guru sekalipun hanya mengawasi serta membenarkan bilamana terjadi kesalahan atau siswa mendapatkan kesulitan saat ber-eksperimen atau mengembangkan sesuatu hal.

Sama halnya dengan teori-teori pembelajaran yang lain, teori ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan Teori Konstruktivistik :

  1. Teori ini lebih mendorong siswa untuk berimajinasi dan mendorong siswa untuk memberigan gagasan baru yang ia miliki.
  2. Siswa dapat berfikir untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, menenmukan gagasan atau ide. Serta siswa dapat membuat keputusan saat akan melakukan suatu hal.
  3. Siswa menjadi faham tentang hal-hal yang mereka pelajari dan kembangkan. Itu akan menjadi ingatan yang luar biasa ( memori jangka panjang ). Dan faham / mengerti akan lebih baik dari pada bisa.

Kekurangan Teori Konstruktivistik :

  1. Teori ini membutuhkan waktu yang lama bagi siswa untuk mengembangkan suatu hal baru yang mereka temui.
  2. Peran guru sebagai pendidik menjadi kurang mendukung karena disini siswalah yang berperan aktif.
  3. Bagi siswa yang memiliki semangat belajar rendah, cara ini akan sangat sulit untuk dilakukan. Karena mereka terbiasa menggantungkan diri kepada orang lain.

 

 

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah bahwa Teori pembelajaran Kognitif dan Konstruktivistik merupakan sistem pembelajaran yang singkron. Jadi setelah siswa menemukan hal-hal baru, tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan. Dan kedua teori ini sangat baik karena siswa mampu mengekspresikan gagasan mereka sendiri secara bebas. Tugas guru adalah mengawasi dan menilai seberapa aktifkah murid dalam melakukan eksperimen sekaligus pengembangan suatu hal.

 

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Disusun oleh :

Wigung Sri Hari Mukti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s