Kekurangan Dan Kelebihan Teori Pemrosesan Informasi Dan Teori Kinerja Otak

Seperti yang kita ketahui terdapat beberapa teori belajar, diantaranya adalah Teori Behavioristik, Teori Humanistik, Teori Konstruktivistik, Teori Kognitif, Teori Pemrosesan Informasi, Teori Kecerdasan Ganda dan Teori Kerja Otak. Teori-teori belajar tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam memberikan pembelajaran. Dengan memahami teori belajar, guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Pada dasarnya teori belajar merupakan teori buatan manusia atau berasal dari pemikiran manusia, tentunya pada setiap teori-teori belajar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

TEORI PEMROSESAN INFORMASI MENURUT ROBERT GAGNE

Robert Gagne menyatakan bahwa belajar merupakan seperangkat proses yang bersifat internal bagi setiap individu sebagai hasil transformasi rangsangan yang berasal dari peristiwa eksternal di lingkungan individu yang bersangkutan (kondisi). Model proses belajar yang dikembangkan oleh Gagne didasarkan pada teori pemrosesan informasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Rangsangan yang diterima panca indera akan disalurkan ke pusat syaraf dan diproses sebagai informasi.
  2. Informasi dipilih secara selektif, ada yang dibuang, ada yang disimpan dalam memori jangka pendek, dan ada yang disimpan dalam memori jangka panjang.
  3. Memori-memori ini tercampur dengan memori yang telah ada sebelumnya, dan dapat diungkapkan kembali setelah dilakukan pengolahan.

TEORI KINERJA OTAK

Otak manusia merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa. Albert Einstein adalah orang yang mampu memaksimalkan fungsi otak kanan dan kiri dengan optimal. Suksesnya ilmuwan bukan saja hanya mengandalkan rasional, logika, dan kerja maksimal otak kiri mereka. Tapi otak kanan jua berandil banyak dalam besar dan suksesnya mereka.

Selama ini kita beranggapan bahwa otak kiri adalah otak yang bersifat logika, dan otak kanan berkaitan erat dengan kreativitas. Hasil penelitian terakhir membuktikan bahwa pandangan ini salah. Otak kiri dapat menjadi otak yang kreatif. Hal ini dibukttikan dengan hasil karya Dr. Edward De Bono yang mencetuskan Lateral Thinking (Berfikir Lateral) pada tahun 1970.

Jika dilihat dari sisi pendidikan, kebanyakan sistem pendidikan di dunia lebih menjurus kepada aliran pemikiran otak kiri. Para pelajar di seluruh dunia dilatih untuk membuat keputusan dan melakukan tindakan berdasarkan logika, rasional. Ringkasnya, corak pemikiran otak kiri imaginasi menyokong logika dan rasional, sedangkan dalam gaya pemikiran otak kanan, logik dan rasional akan menyokong imaginasi. Para pelajar tidak bebas berfikir dan tidak mampu serta tidak berani melahirkan ide-ide baru.

ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI

Kekurangan pada teori ini adalah apabila seorang guru tidak mampu menyampaikan meteri pembelajaran serta tidak dapat menciptakan metode pembelajaran yang menarik perhatian siswa, maka proses pembelajaran akan terasa membosankan. Jika tidak dapat menarik perhatian siswa yang mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Selain itu, apabila menghadapi siswa atau peserta didik yang benar-benar tidak mampu untuk diajak aktif berfikir, maka mengakibatkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai juga akan ikut terhambat.

Sedangkan kelebihan teori ini adalah dengan manggunakan teori pemprosesan informasi akan membantu meningkatkan keaktifan siswa untuk berfikir. Siswa akan berusaha mengaitkan suatu kejadian atau proses pembelajaran yang menarik dengan materi yang disampaikan, karena dalam teori pemprosesan informasi guru di tuntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Yang dimaksud guru kreatif tersebut adalah guru mamp­­u menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan alat bantu dan metode penyampaian yang menarik, sehingga siswa akan mudah mengingat dan memahami materi yang di sampaikan.

 

ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TEORI KINERJA OTAK

Terdapat beberapa kelemahan pada teori ini, antara lain:

  1. Sebagian besar pendidikan di Indonesia lebih menekankan pada aspek kognitif atau intelektualnya saja dan yang berkembang hanya otak belahan kiri.
  2. Siswa pemikirannya konvensional (fikiran yang berasaskan pendapat-pendapat lama yang telah kukuh dan diterima ramai sebelum ini)
  3. Guru kurang membantu siswa (apabila guru kurang memahami teori belajar yang berbeda pada masing-masing siswa) menemukan keinginan belajar, dan kurang mendukung siswa mencapai apa yang mereka inginkan.
  4. Keadaan lingkungan yang kurang kondusif (minimnya fasilitas dan pengetahuan lingkungan masyarakat atau orang tua tentang teori belajar neuroscience)

Terdapat beberapa kelebihan pada teori ini, antara lain:

  1. Teori ini mendukung siswa mencapai apa yang diinginkan sesuai pada kemampuan kerja otaknya.
  2. Guru sebagai penggubah keberhasilan siswa.
  3. Keadaan lingkungan sekitar kondusif.

PENUTUP

Pada dasarnya dalam mengimplementasikan sebuah teori belajar ke dalam proses pembelajaran memiliki kelebihan maupun kekurangan. Begitu juga dengan teori pemrosesan informasi dan teori kinerja otak. Seperti dalam teori pemrosesan informasi, dengan menggunakan teori ini siswa dapat lebih berfikir aktif, namun hal ini akan sulit jika dihadapkan kepada siswa yang tidak mampu berfikir aktif. Begitu juga dengan teori kinerja otak, dengan menggunakan teori ini dapat membuat siswa mampu mencapai keinginannya dengan menyesuaikn kerja otaknya, namun di dalam pendidikan lebih menekankan siswa untuk menggunakan otak belahan kiri saja, atau hanya menekankan dalam bidang intelektualnya.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.BerbagiIlmuJalinPersahabatanTEORIPEMBELAJARANPEMROSESANINFORMASI.htm. Di download tanggal 11 Mei 2014 pukul 12:16 WIB.

http://www.TeoriBelajarNeuroScience~Kuliahe-Learning.htm.

Di download tanggal 8 Mei 2014 pukul 11:09 WIB.

______________

*) Weny Pamularsih, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas A. Makalah disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s