Kekurangan Dan Kelebihan Teori Kognitif Dan Teori Konstrutivistik

Teori kognitif adalah teori yang berpusat pada otak siswa. Dan lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar.

v  Kelebihan teori kognitif

1. Teori ini mengarahkan guru untuk mengenal pola pikir siswa secara individu sehingga dapat lebih mengembangkan kemampuan siswa.

2. Teori ini juga menjelaskan tingkat perkembangan otak atau kemampuan berfikir manusia mulai bayi hingga dewasa sehingga memudahkan untuk memilih pelajaran yang tepat bagi anak diusia tertentu.

3. Teori ini juga untuk mempelajari materi pelajaran yang rumit yang membutuhkan pemahaman untuk memcahan dan rekreasi adalah salah satu hal yang dapat menciptakan ide baru.

 

 

v  Kekurangan teori kognitif

1. Teori ini lebih dekat kepada psikologi belajar daripada teori belajar, sehingga proses dalam belajar menjadi tiak mudah.

2. Teori ini sulit dipraktekkan sebab seringkali siswa tidak memahami struktur kognitif tersebut menjadi bagian-bagian yang jelas batasannya. Sering juga pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki siswa itu sudah terlalu beragam untuk diidentefikasi, apabila hanya dengan menggunakan satu sampai dua contoh soal.

Teori konsrtuktivistik adalah teori yang berpusat pada rancangan dasar otak. Dan tindakan untuk menciptakan suatu makna dari apa yang dipelajari.

v  Kelebihan teori konstruktivistik

  1. Teori kontruktivistik membina pengetahuan baru, jadisiswa berfikir untuk menyelesaikan masalah, menjadi ide dan membuat keputusan.
  2. Murid terlibat secara langsung dalam mencari pengetahuan baru, mereka akan lebih mengerti dan dapat mempraktekkannya dalam semua situasi.
  3. Siswa akan ingat lebih lama semua konsep pelajaran, karena siswa dapat membina pengertian mereka sendiri dan mereka lebih yakin menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam situasi baru.
  4. Kemampuan sosial diperolehi apabila berinteraksi dengan teman dan guru dalam membina pengetahuan baru.
  5. Oleh kerana mereka terlibat secara terus, mereka faham, ingat, yakin dan berinteraksi dengan benar, maka mereka akan berasa giat atau semangat belajar dalam membina pengetahuan baru.

 

 

v  Kekurangan teori konstruktivistik

  1. Siswa merancang pengetahuannya sendiri, kemungkinan bahwa hasil rancangan belajar siswa tidak cocok dengan hasil rancangan belajar para ahli sehingga menyebabkan kesalahan konsep atau miskonsepsi.
  2. Konstruktivistik menanamkan agar siswa membangun pengetahuannya sendiri, hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama dan setiap siswa memerlukan penanganan yang berbeda-beda.
  3. Situasi dan kondisi tiap sekolah tidak sama, karena tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang dapat membantu keaktifan dan kreativitas siswa, sehingga pencapaian kesempatan belajar tidak sesuai harapan.

 

v  Kesimpulan

Jadi, dalam pembahasan kekurangan dan kelebihan teori kognitif dan teori konstruktivistik ini dapat diambil kesimpulan bahwa dimana peran guru sebagai pendidik kurang begitu mendukung dalam teori kognitif dan konstruktivistik.

v  Saran

Seharusnya guru lebih memahami pola fikir atau kemampuan siswa, sehingga dapat dengan mudah memberikan pelajaran pelajaran yang sesuai dengan kemampuan otak siswa.

 

_________

Disusun Oleh:

Dhini Octiaristi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s