Sejarah Perkembangan Ilmu Pada Masa Modern

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang objek telaahnya merupakan dunia empiris dan proses pendapatkan pengetahuannya sangat ketat yaitu menggunakan metode ilmiah.

Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah segala upaya sadar untuk menyelidiki , menemukan, dan menungkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan alam manusia. Pengetahuan dikembangkan manusia dikarenakan dua hal , pertama, manusia mempunyai bahasa yang mampu mengkomunikasikan informasi dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut.

Seiring berjalanya waktu ilmu berkembang secara bertahap. Tahap pertama adalah ilmu pada periode zaman yunani. Tahap kedua adalah perkembangan ilmu zaman islam. Tahapan ketiga adalah kemajuan ilmu masa modern.

3 aliran filsafat modern menurut herman (2007: 27)

Renaissance

Pra abad 17 , filsafat membicarakan hal yang abstrak , sedangkan dimasa ini membicarakan hal-hal yang kongkrit. Tokoh-tokoh renaissance adalah:

N.Copernicus (1473-1543)

Pandanganya adalah mengenai pusat tata surya yakni matahari.

Galileo Galilei (1564-1642)

Merupakan penemu terbesar dalam bidang ilmu setelah issac newton. Penemuanya ialah akselerasi , gerak parabolis dari peluru , serta penemu planet venus dan jupiter.

Machiavelli (1467-1525)

Dikenal sebagai ahli teori kekuasaan dan ahli otokratis.

Renaissance disebut juga tonggak pemikiran yang mampu mengubah dunia karena akan menjadi rujukan bagi ilmuan setelahnya dan teknologi yang berguna bagi umat manusia.

 

Rasionalisme

Ciri rasionalisme menurut Frans Magnis Suseno (1990) mempunyai ciri-ciri umum sebagai berikut.

a. rasionalisme percaya akan adanya akal budi manusia dengan segala sesuatu dapat diterima oleh akal manusia , sehingga hal yang abstrak bertentangan dengan teori ini.

b. rasionalisme membawa dampak dalam beberapa bidang diantaranya politik, agama, dan ilmu pengetahuan.

c. rasionalisme menggunakan metode deduksi dari hal-hal yang bersifat umum menjadi hal yang bersifat khusus.

d. rasionalisme bersifat sekuler. Mencampuradukan agama dan ilmu, sehingga mereka tidak percaya pada hal-hal gaib.

 

Empirisme

Aliran ini menggunakan penalaran induktif , yaitu kesimpulan yang bersifat umum diambil dari kasus yang bersifat individual(khusus.)

 

Perkembangan Ilmu Pada Masa Modern

Masa modern merupakan identitas di dalam filsafat Modern. Hal-hal yang menandai masa modern ini , yakni berkembangnya berbagai kehidupan manusia barat khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan.

Zaman modern ada pada abad 17-19 M . setelah Galileo , Fermat, Pascal dan keppler berhasil mengembangkan penemuan mereka dalam ilmu maka ilmu pengetahuan yang terpencar itu jatuh ke tangan dua sarjana . mereka adalah Isaac Newton(1643-1727) dan Leibniz (1646-1716). Di tangan dua orang inilah , sejarah ilmu modern dimulai.

Lahirnya teori gravitasi , perhitungan kalkulus dan optika merupakan karya besar newton. Teori gravitasi newtondimulai ketika muncul persangkaan penyebab planet tidak mengikuti pergerakan lintas lurus, apakah matahari yang menarik bumi atau antara bumi dan matahari terjadi aling tarik menarik.

Newton kemudian menjadikan prasangkaan tersebut sebagai tolak ukur spekulasi dan perhitungan.berdasarkan teori gravitasi dan perhitungan yang dilakukan newton ketepatan teori gravitasi semakinmeyakinkan, sehingga tidak ada lagi yang tidak percaya tentang adanya gaya gravitasi bumi.

Pada masa sesudah newton , perkembangan ilmu selanjutnya adalah ilmu kimia. Jika pada masa newton , ilmu yang berkembang adalah matematika, fisika dan astronomi. Pada periode selanjutnya ilmu kimia menjadi kajian yang amat menarik. Semua ilmu kimia praktis berdasarkan percobaan-percobaan yang hasilnya kemudian di tafsirkan. Pada awalnya semua percobaan bersifat kualitatif.

Disamping perkembangan ilmu kimia, zaman yang sama ditemukan macam-macam mesin tanpa ada dasar ilmunya. Mesin tersebut tercipta karena adanya percobaan. Akhirnya melahirkan hukum-hukum dan rumus empiris, yang melandasi perkembangan teoritis selanjutnya.

Perkembangan selanjutnya mengenai atom dilakukan oleh J.L Proust (1754-1826). Dalam analisisnya dia mengatakan bahwa perbandingan bahan-bahan yang digunakan dalam proses tersebut selalu tetap. Berdasarkan pengetahuan ini , maka perbandingan berat hydrogenium lawan atom lain-lainya disebut berat atom.

Sejak Dalton , tentang atom terus digunakan dalam ilmu kimia. J.J Thompson menemukan radium , logam yang dapat berubah menjadi logam lain , sedangkan thompson menemukan elektron. Dengan penemuan itu runtuhlah pendapat bahwa atom adalah bahan terkecil yang kekal dan tidak dapat berubah. Berdasarkan penemuan ini, mulailah ilmu baru dalam kimia-fisika, ialah fisika nuklir,yang sekarang dapat mengubah macam-macam atom.

Ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan ilmu pada abad ke-18 telah lahir ilmu taksonomi, ekonomi, kalkulus, dan statistika. Pada abad ke -19 lahir pharmakologi, geofisika, geormopologi, palaentologi, arkeologi dan sosiologi. Sedangkan abad ke-20 dikenalkan teori informasi , logika matematika, mekanika kwantum,fisika nuklir, psikologi, dsb.

Sekitar tahun 1900 sampai tahun 1914 terjadi berbagai perubahan berdasarkan teori kenisbian. Adanya teori baru yang mengatakan bahwa ruang dan waktu tidak lagi terpisah. Ruang dan waktu adalah satu kesatuan mutlak untuk menerangkan suatu peristiwa.

Pada zaman modern ini telah terjadi revolusi industri di inggris, karena masyarakat agraris dan perdagangan abad pertangahan yang beralih ke industri modern dan perdagangan maju.

Kesimpulan

Masa modern ialah identitas dari filsafat modern yang juga memiliki peranan penting dalam konsep pemikiran pada masa modern. Masa modern terjadi setelah adanya gerakan Renaissance, gerakan ini juga yang berperan dalam konsep pemikiran modern.

Pada dasarnya konsep pemikiran pada masa modern ini didasarkan oleh dua hal yaitu pembuktian secara filsafatis/rasional dan juga empiris/nyata, yang tidak hanya terpaut pada keagamaan sebagai segala sumber pemikiran. Mereka lebih berpikir kritis dan nyata dalam perkembangannya.

DAFTAR PUSTAKA

 

Bakhtiar, Amsal. 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Hendriyanto, Agus.2012. Filsafat Ilmu. Surakarta: Cakrawala Media.

 

__________

Disusun oleh:

Ers Indri Triasmami

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s