Sejarah Perkembangan Ilmu Pada Masa Yunani Kuno

Dalam ruang lingkup kehidupan manusia, ilmu pengetahuan merupakan suatu acuan yang harus dibutuhkkan dalam setiap kehidupannya. Sejarah tentang perkembangan ilmu pengetahuan tidak lepas dari perbincangan yang saat ini semakin pesat perbandingannya.Pengamatan yang dilakukan oleh manusia pada zaman dulu, yang menerima fakta sebagai brute facts atau on the face value, menunjukkan bahwa manusia di zaman dahulu kala masih berada pada tingkatan sekedar menerima, baik dalam sikap maupun dalam pemikiran (receptive attitudedan receptive mind) (Santoso, 1977).Seiring dengan perkembangan zaman dan pola pikir manusia yang semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidangnya tercapailah suatu kehidupan baru untuk menunjang perkembangan teknologi dan informasi.

 

PERADABAN MASA YUNANI KUNO

Peradaban Yunani Kuno adalah peradaban dalam sejarah Yunani dimulai dari periode Yunani Arkais pada abad ke-8 sampai ke-6 SM, hingga berakhirnya zaman kuno dan dimulai abad pertengahan awal. Dalam sejarahnya filsafat yunani dianggap sebagai induk dari filsafat barat, karena dunia barat (Eropa Barat) dalam pemikirannya mengacu pada Yunani.Pada masa itu ada keterangan-keterangan tentang terjadinya alam semesta dan makhluk hidup di dalamnya, akan tetapi keterangan ini berdasarkan kepercayaan ataupun mitos mitos yang memang menjadi kepercayaan bangsa Yunani masa itu. Para ahli pun merasa kurang yakin dan puas sehingga melakukan penelitian penelitian untuk mencari kebenaran.

Yunani merupakan salah satu pusat peradaban tertua di eropa. Yunani terletak di sekitar Laut Tengah yang sangat strategis dalam pelayaran. Peradaban Yunani lahir di lingkungan geografis yang sebenarnya tidak mendukung. Tanah Yunani tidak seperti Mesopotamia, Huang Ho, ataupun Mesir yang subur. Yunan merupakan tanah yang kering, dengan banyak benteng alam yang kuat berupa jurang-jurang yang terjal, gunung-gunung yang tinggi, serta pantai-pantai yang curam dan terjal. Hujan sangat jarang turun di Yunani. Bangsa Yunani terbentuk dari percampuran bangsa pendatang dari laut Kaspia dan dan penduduk asli yang terdiri dari petani. Yunani terletak di ujung tenggara di benua eropa. Sebagian besar kepulauan di laut aegea dan laut ionia. Bangsa Yunani terbentuk dari percampuran bangsa pendatang dari laut Kaspia dan dan penduduk asli yang terdiri dari petani. Mereka membentuk suatu kelompok – kelompok kota yang disebut Polis. Polis-polis yang terkenal adalah: Athena, Sparta dan Thebe.

HASIL PERADABAN YUNANI KUNO

Peradaban Yunani Kuno mewariskan peradaban tinggi untuk dunia. Hasil dari peradaban itu bahkan sampai sekarang tetap dijadikan rujukan berbagai disiplin ilmu. Hasil peradaban Yunani Kuno yang sangat penting bagi masyarakat dunia adalah karya sastra.Ada satu karya sastra yang sangat terkenal yaitu kitab IIIiad dan Odissesia .Kedua kitab tersebut ditulis oleh Homerus. Kitab tersebut berisi kejadian sejarah perang Troya. Sampai saat ini, karya sastra kuno ini menjadi rujukan penting dalam perkembangan sastra modern Dalam bidang ilmu pengetahuan dan filsafat ,peradaban Yunani Kuno terbilang paling banyak memberikan kontribusi bagi dunia sekarang ini. Pada masa Yunani lahir filosof dan pemikir terkenal. Dari pemikiran- pemikiran mereka, berkembang berbagai ilmu pengeetahuan. Beberapa pemikir yang terkenal dari Yunani, diantaranya adalah Socrates, Plato, dan Aristoteles. Hingga saat ini, buah dari pemikiran-pemikiran mereka masih dikaji oleh barbagai kalangan. Sekalipun sebenarnya dalam perjalanannya para tokoh ilmu pengetahuan Yunani Kuno tersebut bersinggungan dengan tokoh-tokoh dari bangsa lain yang telah lebih dahulu meletakkan dasar-dasar kajian ilmu pengetahuan. Namun merekalah yang mengembangkan menjadi kajian yang bisa dipertanggungjawbkan secara ilmiah. Peradaban Yunani kuno masih terus dikenang sampai sekarang. Karya dan pemikiran dari peradaban Yunani membawa pengaruh besar bagikemajuan peradaban manusia. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa peradaban Yunani merupakan awal dari peradaban manusia di dunia.

TOKOH FILSUF PADA YUNANI KUNO

1. Thales

Thales adalah filosof pertama, hidup pada abad ke-6 SM. BahkanAristoteles memberikan gelar kepada Thales sebagai filosof yang pertama. Menurut Thales : Asal Mula Alam adalah air. Air adalah pusat dan sumber segala yang ada atau pokok dari segala sesuatu. Air adalah ausa primadari segala yang ada yang jadi, tetapi juga akhir dari segala yang ada dan yang jadi. Air adalahsubtrat (bingkai) dan substransi (isi) Argumen Thales merupakan argumen yang bukan hanya rasional karena dikemukakan melalui salah satu sumber pengetahuan yang kongkret, tapi juga observatif.

2. Anaximandros

Anaximandros adalah murid Thales, hidup antara tahun 610-547 SM. Menurut dia : segala sesuatu tu berasal dari to apearon, yaitu yang tak terbatas, suatu yang tidak terhingga, tidak dapat dirupakan, tidak ada persamaannya dengan salah sutu barang yang kelihatan di dunia ini,bersifat Ilahi, abadi tak terubahkan meliputu segala-galanya.

3. Pythagoras

Pythagoras lahir di Samos antara tahun 580 dan 570 SM. Ia menetap di Trotona, dan dan di sinilah ia mendirikan mazhab Pythagoras. Filsafah pemikiran fythagoras sangat matematis. Karena banyak diilhami oleh rahasia angka-angka. Ia tidak memikirkan substansi yang yang menjadi alam. Ia beranggapan bahwa dari segala sesuatu adalah angka. Segala sesuatu dalam alam raya tidak tertentu dan tidak menentu, segala hal yang telah memiliki batas bentuk dan angka akan menjadi tentu dan pasti.

4. Herakleitos

Lahir di Ephesos, pada tahun 540-480 SM. Menurut ia: Tidak ada satu pun di alam ini yang bersifat tetap atau permanen. Apa yang kelihatan tetap, sebenarnya ia berada dalam proses perubahan tidak henti-hentinya. Dan api adalah elemen utama dari segala sesuatu yang timbul.Dunia ini tidak dijadikan siapa pun juga. Ia ada selama-lamanya. Ia sebagai api yang hidup selalu, yang menyala dan padam secara berganti-ganti.

5. Perminides

Berasal dari Elean, lahir tahun 540 M. Filsafatnya : yang rcalitas hanya satu, tidak bergerak, tidak berubah dasar pemikirannya; yang ada itu ada mustahil tidak ada. Perminides dapat dikatakan sebagai logikawan pertama, bahkan filosof pertama dalam pemikiran modern, yang banyak mempengaruhi Plato.

6. Leukippos

Lahir pada tahun (540 SM) adalah ahli pikir pertama yang mengajarkan tentang atom. Menurutnya: Atom adalah Benda yang sangat kecil sehingga tidak dapat di bagi-bagi. Atom itu tidak kelihatan, tapi tetap ada, tidak hilang, dan tidak berubah-ubah, ia bergerak terus tidak henti-hentinya.

7. Demokritos

Ia murid dari Leukippos. Ia pun berpendapat bahwa alam ini terdiri dari atom-atom yang bergerak-gerak tanpa akhir. Dan jumlahnya sangat banyak. Maka kesimpulannya adalah segala sesuatu itu mengandung “penuh” dan “kosong”. Ia pun sepakat dengan herakleitos bahwa yang pertama adalah api, terdiri dari atom yang sangat halus, hitam, dan bulat.

8. Zeno

Zeno lahir tahun 490 SM di Elea. Dalam filsafat, ia sepakat dengan Perminides.

9. Georgias

Lahir tahun 427 SM. Pandangan filsafatnya: Semua realitas itu sebenarnya tidak ada.

–     Akal tidak mampu meyakinkan kita tentang bahan alam semesta ini.

–     Sekalipun realitas dapat diketahui, tetapi tidak dapat diberitahukan kepada orang lain.

Masa keemasan Yunani terjadi pada masa selanjutnya, yang ditandai sejumlah nama besar, diantaranya adalah Perikles. Pada masa itu kota Athena menjadi pusat penganut dari aliran filsafat. Pada masa itu, terdapat pula pemikiran sofistik yang dianut oleh kaum sofis, yaitu kaum yang pandai berpidato yang tidak lagi menaruh perhatian kepada alam, tetapi menjadikan manusia sebagai pusat perhatian studi. Tokohnya adalah Protagoras.

 

ILMU YANG BERKEMBANG PADA MASA KUNO

  1. Filsafat

Filsafat Yunani kuno sangat identik dengan filsafat. Saat kata Yunani disebut, maka yang terbersit di pikiran para peminat kajian keilmuan dapat dipastikan adalah filsafat. Padahal filsafat di dalam pengertian yang sederhana sudah ada jauh sebelum para filosof klasik Yunani menekuni dan mengembangkannya. Filsafat di tangan mereka menjadi sesuatu yang sangat berharga sekali bagi perkembangan ilmu pengetahuan pada generasi-generasi setelahnya. Ia ibarat pembuka pintu-pintu beraneka ragam disiplin ilmu yang pengaruhnya terasa hingga sekarang. Zaman Yunani kuno dipandang sebagai zaman keemasan filsafat, karena pada masa ini orang memiliki kebebasan mengungkapkan ide-ide atau pendapatnya. Bangsa Yunani juga tidak dapat menerima pengalaman yang didasarkan pada sikap menerima begitu saja, melainkan menumbuhkan sikap yang senang menyelidiki sesuatu secara kritis.

  1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan Ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam menyampaikan isi pernyataanya kepada manusia lain. Sebagai ilmu, komunikasi memiliki objek kajian yaitu usaha manusia dalam menyampaikan isi pernyataannya kepada manusia lain. Manusia bukan saja menyampaikan isi pernyataan kepada manusia tetapi juga kepada yang bukan manusia sepertibinatang, tumbuhan-tumbuhan dan benda-benda. Hanya makhluk yang punya akal budi saja yang mampu memahami hasil penggunaan akal dan budi manusia sebagaimana adanya.Dengan menggunakan akal dan budinya ini manusia dapat memberikan jawaban kepada manusia lain yang menyampaikannya. Pengertian lain, Ilmu komunikasi merupakan ilmu terapan dari kelompok ilmu sosial. Sebab, menurut ilmuwan, ilmu ini bersifat indisipliner karena objek materialnya sama dengan ilmu-ilmu yang lain, terutama yang masuk ilmu sosial.

  1. Ilmu Polotik

Ilmu politik adalah salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. Sejak orang mulai hidup bersama, masalah tentang pengaturan dan pengawasan dimulai. Sejak itu para pemikir politik mulai membahas masalah-masalah yang menyangkut batasan penerapan kekuasaan, hubungan antara yang memerintah serta yang diperintah, serta sistem apa yang paling baik menjamin adanya pemenuhan kebutuhan tentang tentang pengaturan dan pengawasan. Ilmu politik diawali dengan baik pada masa Yunani Kuno, membuat peningkatan pada masa Romawi, tidak terlalu berkembang di Zaman Pertengahan, sedikit berkembang pada Zaman Renaissance dan Penerangan, membuat beberapa perkembangan substansial pada abad 19, dan kemudian berkembang sangat pesat pada abad 20 karena ilmu politik mendapatkan karakteristik. Ilmu politik sebagai pemikiran mengenai Negara sudah dimulai pada tahun 450 S.M. seperti dalam karya Herodotus, Plato, Aristoteles, dan lainnya. Disamping ketiga disiplin ilmu yang disebutkan diatas sebenarnya pada masa yunani kuno Aristoteles telah membagi filsafat pada hal yang teoritis (logika, metafisika, dan fisika) dan praktis (etika, ekonomi, dan politik). Pembagian ilmu inilah yang lantas menjadi pedoman bagi klasifikasi disiplin ilmu di kemudian hari.

 

KESIMPULAN

Setiap periode memiliki ciri khasnya sendiri terhadap perkembangan ilmu di eranya.begitu juga di zaman Yunani kuno.Banyak orang yang menyebut bahwa zaman yunani kuno adalah zaman keemasan yang melahirkan berbagai dasar disiplin ilmu.Semua ini tidak terlepas dari rasa ingin tahu dan sikap kritis yang dimiliki oleh pemikir-pemikir /filsuf Yunani kuno. Sikap kritis inilah yang menjadikan bangsa Yunani tampil sebagai ahli pikir-ahli pikir terkenal sepanjang masa.Sebut saja Thales,Socrates,Aristoteles,Phytagoras, dan masih banyak lagi filsuf Yunani kuno yang buah pemikirannya memberikan dampak yang luar biasa bagi kita yang hidup di masa ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

Mustansyir, Rizal. 2004. Filsafat Analitik Sejarah, Perkembangan, dan Peranan Para Tokoh . cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bertans, K. 1981. Sejarah Filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius.

 

 

__________

*)Titin Wahyu Nindya Ashari , penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas B. Makalah disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Filsafat Ilmu 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s