Sejarah Perkembangan Ilmu Pada Masa Post Modern

SecaraetimologisPostmodernismeterbagimenjadiduakata,postdanmodern.Kata

post,dalamWebster’sDictionaryLibraryadalahbentukprefix,diartikandengan‘lateror after’. Bila kita menyatukannyamenjadi postmodernmaka akan berarti sebagai koreksi terhadapmodernitusendiridengan mencobamenjawabpertanyaan-pertanyaanyangtidakdapat terjawab di zaman modern yang muncul karena adanya modernitas itu sendiri. Sedangkansecara terminologi,menurut tokohdari postmodern, PaulineRosenau(1992)mendefinisikanPostmodernsecara gamblangdalam istilah yangberlawanan antara lain: Pertama, postmodernisme merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalannya memenuhi janji-janjinya. Juga postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yangdiasosiasikandenganmodernitasyaitupadaakumulasipengalamanperadabanBaratadalah industrialisasi,urbanisasi,kemajuanteknologi,negarabangsa,kehidupandalamjalurcepat. Namunmerekameragukanprioritas-prioritasmodernsepertikarier,jabatan,tanggungjawabpersonal, birokrasi, demokrasi liberal, toleransi, humanisme, egalitarianisme, penelitian.

objektif,kriteriaevaluasi,prosedurnetral,peraturanimpersonaldanrasionalitas.Kedua,teoritisipostmoderncenderungmenolakapayangbiasanyadikenaldenganpandangandunia (worldview),metanarasi,totalitas,dan sebagainya.Postmodernismebersifatrelatif.Kebenaran adalahrelatif,kenyataan(realitas)adalahrelatif,dankeduanyamenjadikonstrukyangtidak bersambungansatusamalain.Haltersebutjelasmempunyaiimplikasidalambagaimanakita melihatdiridanmengkonstrukidentitasdiri.Halinisenada dengandefinisidariFriedrich WilhelmNietzschesche(1844-1900)dikenalsebagainabidaripostmedernisme.Diaadalah suarapioniryangmenentangrasionalitas,moralitastradisional,objektivitas,danpemikiran- pemikiran Kristen pada umumnya. Nietzsche sche berkata, “Ada banyak macam mata. BahkanSphinxjugamemilikimata;danolehsebabituadabanyakmacamkebenaran,danoleh sebab itu tidak ada kebenaran.” Menurut Romo Tom Jacob, kata ‘postmodern’setidaknyamemilikiduaarti:

1. Dapat menjadinamauntukreaksiterhadapmodernisme, yangdipandangkuranghuman,danmaukembalikepadasituasipra-modernismedansering ditemukandalamfundamentalisme.

2. Suatuperlawananterhadapyanglampauyangharusdigantidengansesuatuyangserbabarudantidakjarangmenjuruskearah sekularisme.

Zamaninibermuladariabad20Mdansebagianbesaraplikasiilmudanteknologidi abad21 merupakanhasilpenemuanmutakhirdizamanini.Bidangfisikamenjadititikperkembanganilmupada masaini.Halinidisebabakankarenafisikadipandangsebagai

dasarilmupengetahuanyangsubyekmaterinyamengandungunsur–unsurfundamentalyangmembentukalam semesta.

TokohyangterkenalpadamasainiadalahAlbertEnstein(1879M–1955M),diaadalahilmuanFisika.Diamengemukakan teorirelativitas.Semenjaktahun1905Msampai1917M, saat ia menerbitkan tulisan revolusionernya tentang teori Relativitas, pandangan umat manusiatentangduniadanalamsemestapunberubahselamanya,tahapterakhirdarizaman moderntelahlahir,dancakrawalapunbergeser.Masihadalagiilmuanyangmempunyaiidebesarlainnya,antaralainsepertiLinusPauling,JamesD.Watson,Miller Urey, WernerHeinsenbergdanErwin Schrodinger,EdwinHubble,AlfredWegener.

b. PostmodernsebagaiFilsafat

Filsafatpost modernpertamakalimunculdiPerancispadasekitartahun1970-an,

terlebihketikaJeanFrancoisLyotardmenulispemikirannyatentangkondisilegitimasierapostmodern,dimananarasi-narasibesarduniamodern(sepertirasionalisme,kapitalisme,dan komunisme) tidak dapat dipertahankan lagi. Seperti yang telah diterangkan diatas, pada awalnyalahirdarikritikterhadaparsitekturmodern,danharuskitaakuikatapostmodernitu sendirimunculsebagaibagiandarimodernitas.Ketika postmodernmulaimemasukiranah filsafat,postdalampostmoderntidakdimaksudkan sebagaisebuahperiodeatauwaktu,tetapi lebih merupakan sebuah konsep yang hendak melampaui segala hal modern. Konsep postmodernitasyangseringdisingkatsebagaipostmoderninimerupakansebuahkritikatas realitas modernitas yangdianggaptelahgagaldalammelanjutkanproyekpencerahannya.Nafasutamadari postmodernadalahpenolakanatasnarasi-narasibesaryangmunculpada duniamoderndenganketunggalan terhadappengagunganakal budidanmulai memberi tempat bagi narasi-narasi kecil, lokal, tersebar, dan beranekaragam untuk bersuara danmenampakkandirinya.

C.S.Lewisketikaiaberkata,ketikamemperjelaspandanganNietzschesche“Mygood is my good, and your good is your good”(kebaikanku adalah kebaikanku, dankebaikanmuadalahkebaikanmu),ataukalau orang Jakarta bilang, “gueyague,loya lo”. Jadidisinitidakadastandarabsoluttentangbenaratausalahdalampostmodern.MungkinAndajugapernahmendengarorangberkata“Mungkinitubenarbagimu,tetapitidakbagiku”atau“Ituadalahapayangkamurasabenar.”Kebenaran,bagigenerasipostmodernadalahrelatif,tidakabsolut.

 

c. Tokohdanfilsuf pada masa post modern

 

Tokoh-tokohpemikirpostmoderniniterbagikedalamduamodelcaraberpikiryakni

dekonstruktif dan rekonstruktif. Para filsuf sosial berkebangsaan Prancis lebih banyakmendukung caraberpikirpostmoderndekonstruktifini.ParapemikirPerancisituantaralain: FriedrichWilhelmNietzschesche,eanFrancoisLyotard,JacquesDerrida,MichelFoucault,PaulineRosenau,JeanBaudrillard,danRichard Rorty. Sementarapemikiranpostmodernrekonstruktif dipelopori oleh Teori Kritis Mazhab Frankfurt seperti: Max Horkheimer,TheodorWAdorno,yangakhirnyadilengkapiolehpemikiranJurgenHabermas.

 

  1. FriedrichWilhelmNietzschesche(1844-1900)LahirdiRochen,Prusia15Oktober1884.Padamasa sekolahdanmahasiswa,iabanyakberkenalandenganorang-orangbesaryang kelakmemberikanpengaruhterhadappemikirannya,sepertiJohnGoethe,RichardWagner, danFredrichRitschl.KarierbergengsiyangpernahdidudukinyaadalahsebagaiProfesordi Universitas Basel. Menurutnya manusia harus menggunakan skeptisme radikal terhadap kemampuanakal.Tidakadayangdapatdipercayadariakal.Terlalunaifjikaakaldipercayamampumemperolehkebenaran.Kebenaranitusendiritidakada.Jikaorangberanggapandenganakaldiperolehpengetahuanataukebenaran,makaakalsekaligusmerupakansumberkekeliruan.

 

  1. JacquesDerrida(Aljazair,15Juli1930–Paris,9Oktober2004)SeorangfilsufPrancisketurunanYahudidandianggapsebagaipendiriilmudekonstruktivisme,sebuahajaranyangmenyatakanbahwasemuanya dikonstruksiolehmanusia jugabahasa.Semuakata-katadalamsebuahbahasamerujukkepadakata-katalaindalambahasayangsamadanbukandiduniadiluarbahasa.Derridadianggapsalahsatufilsuf terpenting abadke20danke21. Istilah-ilstilah falsafinya yang terpenting adalah dekonstruksi, dan différance. Istilahdekontruksiuntuk pertama kalinya muncul dalam tulisan-tulisan Derrrida pada saat ia mengadakanpembacaanatas narasi-narasimetafisikaBarat.JacquesDerridamenunjukkanbahwakitaselalucenderunguntukmelepaskanteksdarikonteksnya.Satutermtertentukitalepaskandarikonteks(darijejaknya)danhadirsebagaimakna final.InilahyangDerrida sebutsebagailogosentrisme. MetodedekonstruksimerupakanproyekfilsafatyangberskalaraksasakarenaDerridasendiri menunjukkan bahwa filsafat barat seluruhnya bersifat logosentris. Dengandemikian, dekonstruksi mengkritik seluruh proyek filsafat barat.Sedangkan differencedalamkaryanya,OfGrammatology,Derridaberusahamenunjukkan bahwastrukturpenulisandan gramatologilebihpentingdanbahkan“lebihtua”ketimbang yang dianggap sebagai struktur murni kehadiran diri (presencetoself), yang dicirikan sebagaikekhasanataukeunggulanlisanatauujaran.Derridamenyatakanbahwasignifikasiselalumerujukketanda-tandalain dankitatidakakanpernahsampaikesuatutandayanghanyamerujukkedirinyasendiri.Maka,tulisan bukanlahtandadarisebuahtanda,namunlebihbenarjikadikatakanbahwatulisanadalahtandadarisemua tanda-tanda.Danprosesperujukanyangtidakterhingga(infinite)dantidakhabis-habisnyainitidakakan pernah sampaikemaknaitusendiri.Inilahpengertian“tulisan”yanginginditekankanDerrida. Derridamenggunakanistilaharche-writing,yaknitulisanyangmerombaktotalkeseluruhanlogikatentangtanda. Jadi, tulisanyangdimaksudDerridabukanlahtulisan(atautanda) sederhana,yangdenganmudahdianggapmewakilimaknatertentu.Dilihatdengancaralain,tulisanmerupakanprakondisidaribahasa,danbahkantelahadasebelumucapanoral.Maka tulisanmalahlebih“istimewa”daripadaujaran.Tulisanadalahbentukpermainanbebasdariunsur-unsur bahasa dan komunikasi.

 

d. Post modern dan positivisme

 

NietzscheadalahtokohpostmodernyangtemasukpengkritikpandanganpositivismeAugust

Comte.MenurutComte,subyek(manusia)mampumenangkapfaktakebenaran,sejauhhalitufaktual,positifdaneksak.AkantetapimenurutNietzsche,manusiatidaktidakdapat menangkapfakta.Apayangdilakukanmanusiauntukmenangkapobjekituhanyalahsekedar interpretasi.(ST.Sunardi,1999:67-68)banyak pernyataanbahwaNietzschetidakpercayabahwakitabisamengetahuikebenaran.Faktakebenaranitu tidak ada,yangadahanyalah

Interpretasi dan perspektif. Maka dengan dengan sendirinya tidak ada kebenaran universalyang tunggal.Penafsiranitutidakitutidakmenghasilkanmaknafinal,yangada hanyalahpluralitas.(ST.Sunardi,1999:180)sehingga bagiNietzsche,kebenaranadalahsuatukekeliruanyangberguna untuk mempertahankanarushidup.

Konsepsiepistemologispost-modernyangbelumjelasmerupakanpersoalanyangcukup mendasar.Tidak dapat disangkal lagi bahwa dalam interpretasi, setiap orangmempunyaisudut pandangdanperspektifsendiri-sendiri(berbeda-beda).Dalamperpektif, subjek-subjektertentubisadianggap benar,namunbisajadikelirubagiperspektifsubjekyanglain.

Jika padamasaModern, manusia mengingkari agama oleh karena pengaruhrasionalitas, namun pada masa Postmodern ini manusia mengingkari agama denganirrasionalitas.Padapostmoderninibermunculanagama-agamabarubuatanmanusia yangmerupakanhasilsinkritismedanpluralisme.Tidakadakebenaranabsolutdalamagama apapunataumungkinbahkandalamkitabsuciapapun,yangada adalahkebenaranrelatif, kebenaranmenurutmasing-masingyangmemandangnya,sehinggamanusiadisini sebagaihakimpenentukebenaran,danbukanTuhanyangmenjadipenentukebenaranmelaluiKitabSuciyangdiwahyukannya.

Derrida,melaluiteoriDekonstruksi-nya,telahmengantarkankitapadasebuahmodel semiotika ketidakberaturan atau semiotics of chaos. Dekonstruksi menolak kemapanan,menolakobyektivitas tunggal dankestabilanmakna.Karenaitu,Dekonstruksimembukaruang‘kreatif’seluas-luasnyadalamprosespemaknaandanpenafsiran.ItulahDekonstruksi,yang membuatsetiaporangbebas memberi maknadanmentafsirkansuatuobyek tanpabatas.Ruangmaknaterbukaluas.Penghancuran terhadapsuatumaknaolehmaknabarumelahirkan makna-maknalain.Demikianseterusnya.Sehingga,demikianbebasdanbanyaknya makna dantafsiran,membuateradekontruktivismedianggaperamatinyamakna.Maknamenjadi tidakberarti lagi.Fenomenapostmodernismeinimemunculkanberbagaimacampersoalantentangperanimandan agama.Ketikamanusiatidaklagipercayaakanrasionalitasyang dianggaptelahgagalmelanjutkanproyekpencerahannya,makaduniatidaklagidiaturoleh kebenaran tunggal dan sistem mekanis. Segala bentuk kebenaran tunggal ditolak dan direlativkan,demikianjugaagama,teologidanajaraniman.Padasaatitulahmanusiaberadadalamkotak-kotakindividualismeyangberdirisendiri.Adayangkemudianjatuhkepada ekstrimfundamentalismedanyanglainkearahsekularisme.Untukitu,persoalandasardalamduniapostmoderninipertama-tamaadalahsoalhermeneutikadankomunikasi.Bahasa menjadi medan hidup yang terus menerus dikembangkan sebagai bagian dari proses hermeneutikdankomunikasi.Halinitidakhanyaterjadidalamlingkupajaranimanagama, teologi,ataupunnarasi-narasibesarlainnya,namunjugaterjadidisetiapbidangkehidupan.Rasionalisme universal manusia modern dengan cita-cita penyempurnaan manusia oleh manusia sendiri menemui keterbatasannya secara sangat spektakuler dalam abad ini. Rasionalitasuniversalituseolah-olahambruk.

 

 

BAB 2

PENUTUP

 

2.a. Kesimpulan

 

Ilmu pengetahuan merupakan pencarian makna praktis, yaitu penjelasan yang bisa

dimanfaatkan.Penjelasaninitelahmenjadidasarilmupengetahuanmanusiadarizamanpra-sejarahhingga awalabadke-20.Dalamsejarahkeilmuan,kitamelaluibeberapazamandi mulai dari zaman pra yunani kuno,zaman yunani kuno,zaman abad pertengahan,zamanRenaissance,zamanmodern,zaman post-modern(kontemporer).

DefinisidariPost-Modernadalahsbb:

Secara etimologis Postmodernisme terbagi menjadi dua kata, post dan modern. Kata post, dalam Webster’s Dictionary Libraryadalah bentuk prefix, diartikandengan‘laterorafter’.Bilakitamenyatukannyamenjadipostmodernmakaakanberarti sebagai koreksi terhadapmodern itu sendiri dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat terjawab di zaman modern yang muncul karena adanyamodernitasitusendiri.

Sedangkan secara terminologi, menurut tokoh dari postmodern, PaulineRosenau(1992)mendefinisikanPostmodernsecaragamblangdalamistilahyangberlawanan antara lain: Pertama,postmodernismemerupakankritik atas masyarakat modern dankegagalannya memenuhijanji-janjinya. Juga postmodern cenderungmengkritiksegala sesuatuyangdiasosiasikandenganmodernitasyaitupadaakumulasipengalamanperadaban Baratadalahindustrialisasi, urbanisasi,kemajuanteknologi,negarabangsa,kehidupandalam jalur cepat. Namun mereka meragukan prioritas-prioritas modern seperti karier, jabatan, tanggung jawabpersonal,birokrasi,demokrasi liberal,toleransi,humanisme,egalitarianisme,penelitianobjektif, kriteriaevaluasi,prosedurnetral,peraturanimpersonaldanrasionalitas.

 

BeberapaTokohdan FilsufpadazamanPost-modernadalah:

FriedrichWilhelmNietzschesche(1844-1900)LahirdiRochen,Prusia15

Oktober1884.Padamasasekolahdanmahasiswa,iabanyakberkenalandenganorang-orangbesaryangkelakmemberikanpengaruhterhadappemikirannya,sepertiJohnGoethe,RichardWagner,dan FredrichRitschl.

JacquesDerrida(Aljazair,15Juli1930–Paris,9Oktober2004)Seorangfilsuf Prancis keturunan Yahudi dan dianggap sebagai pendiri ilmu dekonstruktivisme,sebuahajaranyangmenyatakanbahwasemuanyadi-konstruksiolehmanusia,jugabahasa.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

  1. Spengler,Oswald.2010.FilsafatSejarah.Yogyakarta
  2. Sugiharto,Bambang.2009.HumanismedanHumaniora.YZainalAbidin,FilsafatManusia:Memahami ManusiaMelaluiFilsafat,(Bandung:PT.RemajaRosdaKarya,2003)
  3. SatrioArismunandar, DekonstruksiDerridadanPengaruhnyaPadaKajian Budaya,Desember15,2008, http://pormadi.wordpress.com/2008/12/15/dekonstruksi-derrida-dan-pengaruhnya-pada-budaya/
  4. BambangSukmaWijaya,KajianKritisSemiotikaDekonstruksiDerrida,February20,2008.

 

 

___________________

Disusun oleh:

*) Dedy Pratama, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI PACITAN Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Kelas B. Makalah disusun guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Filsafat Ilmu 2014/2015 dengan dosen penampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s