Sejarah Perkembangan Ilmu Pada Masa Modern

Kita tahu bahwa sekarang ini kita berada di zaman serba modern, canggih dan cepat. Sebagai seseorang yang hidup dizaman modern kita dituntut untuk melakukan pekerjaan atau tugas tugas dengan cepat dan semaksimal mungkin. Dapatkah kita melakukannya ? kita harus bisa. Apalagi kita sebagai seorang mahasiswa di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris harus bisa menggunakan dan mengapkikasikan tekhnologi tekhnologi yang canggih dan yang sedang marak di dunia ini, jangan sampai kita ketinggalan zaman dan dikalahkan oleh tekhnologi tekhnologi yang canggih itu.

Kita harus bisa mengadaptasi agar tidak terjerumus dalam hal yang negatif hanya karena kesalahan dalam menggunakan tekhnologi canggih. Memang kita tahu bahwa banyak sekali dampak negatif ataupun positif yang dapat kita ambil dalam menggunakan tekhnologi canggih, apabila kita tahu bagaimana caranya menggunakan tekhnologi yang canggih itu, maka kita akan banyak mendapatkan keuntungan yang sangat besar, contoh dalam berbisnis atau berdagang, dengan adanya teknologi canggih, kita tidak pelu berdagang berkeliling kampung atau berkeliling kota bhkan negara, akan tetapi dengan menggunakan tekhnologi canggih kita akan menjual dagangan kita dengan cepat dan efisien menggunakan media internet atau online. Sangat mudah bukan ?? Akan tetapi kita jangan merasa bangga dulu. Soalnya tidak semua tekhnologi canggih itu berdampak positif, tekhnologi cangguh juga bisa berdampak negatif, apabila kita salah dan tidak memahami bagaimana cara menggunakan tekhnologi itu dengan baik dan benar. Yang hanya bisa mengetahui dan bisa mengoreksinya hanya diri kita sendiri bukan orang lain, maka kita harus hati hati.

 

DEFINISI ILMU MENURUT PARA AHLI

Di zaman yang serba canggih ini ilmu merupakan sebuah acuan utama untuk menggiring kita menuju kesuksesan, baik itu kesuksesan didunia maupun kesuksesan di akhirat. Nabi muhammad SAW bersabda dis ebuah bukhori mengatakan bahwa mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi orang islam, dan ada khadist lain yang menyebutkan bahwa carilah ilmu walaupun sampai ke negeri cina. Sabda nabi muhammad tersebut dapat mkita jadikan acuan untuk semangat mencari ilmu, apalagi ilmu dizaman post modern ini sangatlah beragam, kita harus pandai pandai untuk memilah dan memilih mana ilmu yang dapat membuat kita sukses dan berguna bagi kehidupan kita dan mana ilmu yang hanya akan menjerumuskan kita pada hal yang negatif, so we must understand abaou it.

Dibawah ini akan dijelaskan beberepa pengertian ilmu menurut para ahli

  1. M.IZUDDIN TAUFIQ
    Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya
  2. THOMAS KUHN
    Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya
  3. Dr. MAURICE BUCAILLE
    Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
  4. NS. ASMADI
    Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)
  5. POESPOPRODJO
    Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris
  6. MINTO RAHAYU
    Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji
  7. POPPER
    ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.
  8. DR. H. M. GADE
    Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia
  9. FRANCIS BACON
    Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan
  10. CHARLES SINGER
    Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge).

Dari beberapa pengertian ilmu diatas dapat kita ambil maknanya yaitu ilmu merupakan ssebuah pengetahuan yang valid dan tetap yang disusun secara sistematis yang gunanya untuk membuka kunci pengetahuan pada diri kita.

 

SEJARAH LAHIRNYA POSTMODERNISME

Pada tahun 1917 seorang filsafat dari jerman yang bernama Rudolf Pannwitzmenggunakan istilah postmodernisme untuk menangkap adanya gejala nihilisme kebudayaan barat modern. Kemudian pada tahun i947 Arnold Toynbee menggunakan istilah postmodernisme dalam bidang historiografi yang berjudul “A Study of History”. Putra (2012) Sekitar tahun 1970 Ilhab Hasan menerapkan istilah postmodernisme didalam dunia seni dan arsitektur. Semenjak istilah postmodernisme digunakan oleh para seniman atau pelukis, nama istilah postmodernisme sangatlah populer dikalangan masyarakat pada waktu itu sampai sekarang.

Postmodernisme mempunya karakteristik yang bermacam macam diantaranya adalah :

  1. Fragmentasi yang artinya adalah terpecah pecah menjadi lebih kecil
  2. Indeterminacy yang artinya tidak menentukan
  3. Sebuah ketidakpercayaan terhadap semua hal
  4. Struktur kekuatan

Postmodernisme merupakan pandangan dunia yang menyangkal semua pandangan dunia, maksudnya adalah tidak ada kebenaran unuviersal yang bersifat valid untuk setiap orang. Akan tetapi menurut pendapat ahli lain yaitu Flaskas di tahun 2002 postmodernisme merupakan oposisi dari premis modernism.

 

SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU DI MASA SEKARANG (POST MODERN)

Masa post modern adalah masa atau zaman yang sedang kita hadapi sekarang ini atau uang lebih kita kenal sebagai dunia kita. Untuk perkembangan ilmunya saja dapat kita lihat sendiri sekarang. Ilmu di masa sekarang sangatlah jauh dan berbeda jika dibandingkan dengan ilmu di masa yunani, masa yunanu kuno, masa pra modern maupun di masa modern. Bedanya adalah di masa sekarang atau yang lebih kita kenal sebagai masa post modern untuk mendapatkan ilmu kita tidak perlu bersusah payah atau harus mengkaji ilmu itu secara mendalam dan melalui proses yang sangat lama, akan tetapi di masa sekarang untuk mendapatkan ilmu cukup duduk diam didepan internet dan tentu saja kita akan mendapatkan ilmu itu dari internet.

Kita tahu bahwa zaman sekarang zamannya sudah canggih semua serba modern dan canggih, perkembangan ilmu di masa sekarang sangatlah jauh lebih pesat dan tentunya beraneka ragam. Untuk mendapatkan ilmu tidak harus mengikuti sebuah seminar besar yang berlangsung berhari hari di hotel mewah dan lain sebagainya. Akan tetapi seperti yang sudah saya utarakan diatas, hanya duduk diam didepan laptop kita sudah banyak mendapatkan ilmu yang kita butuhkan.

Naman tidak semuanya perkembangan ilmu di zaman post modern atau zaman sekarang itu bersifat positif, ada juga dampaka negatifnya, karena tekhnologi yang semakin canggih memancing orang untuk berbuat asusila dan plagiat. 2 hal inilah yang harus kita ketahui dan pahami dengan benar. Salah satu contohnya ketika ada tugas untuk membuat makalah atau artikel, mahasiswa zaman sekarang tidak perlu repot repot mengetik sampai beberapa puluh halaman, cukup dengan mengcopy paste dari internet. Ini adalah sati tindakan kriminal yang tersembunyi, selain itu ini juga dapat disebut sebagai plagiator kareana mengakuyi hasil karya orang lain , jadi inilah salah satu dampak negatifnya paerkembangan ilmu dizaman sekarang atau zaman post modern sekarang ini.

Sebagai seorang yang beragama jangan sampai kita melakukan perbuatan diatas, karena itu sangat merugikan orang lain, dan tentu saja ini sangat memalukan diri kita sendiri. Dizaman yang semakin canggih yang dihiasi oleh ribuan rayuan yang dahsyat kita harus bisa menggunakan teknologi yang canggoih itu untuk mengembangakan dan meng inovasi hasil karya kita, dengan tekhnologi yang semakin canggih kita dituntut untuk selalu kritis dalam menjalankan sebuah hal yang bersangkutan dengan dunia ilmu.

Menurut Kamal Mukhtar seorang mahasiswa dari Tangerang menjelaskan bahwa Keinginan manusia untuk mencapai sebuah kesuksesan adalah sebuah kodrat (perasaan) yang alami, yang sengaja Tuhan Hibahkan kepada kita umat manusia supaya manusia terus bergerak dinamis. Dan di zaman yang semakin banyaknya jumlah manusia ini. dan setiap orang manusia ingin menunjukkan eksisitensinya, melalui sebuah kesuksesan yang diraihnya.
Akan tetapi kita sendiri mengetahui “kesuksesan” yang sering diartikan oleh masyarakat hari ini lebih kepada kesuksesan materi semata. Dan kita sadar bahwa sekarang kita di lahirkan di dalam sebuah zaman yang “materalistis pragmatis”, yang sudah jarang sekali di zaman yang banyak disebut literature sebagai Post Modern ini, kita melihat satu sama lain untuk mencapai sebuah kesuksesan bersama. Kita akan lebih bangga bila sebuah kesuksesan itu hanya kita yang meraihnya, dan tidak untuk orang lain.
Dan itulah yang menjadikan berbagai macam masalah umat manusia sekarang ini, karna hanya beberapa saja manusia sekarang yang sukses dan yang lainnya menunggu kesuksesan, entah sampai kapan mereka harus menunggu untuk mendapat gilirannya.

 

PENUTUP

Seharusnya kita sudah harus mencari jalan yang baru di tengah dunia yang membingungkan ini, untuk menjadikan manusia bersama-sama sukses dan saling mengakui eksistensinya tanpa harus menenggelamkan eksistensi manusia yang lainnya atau tanpa harus mencuri dan mengakui karya orang lain. Dan sudah saatnya manusia mengikutsertakan Tuhan dalam tujuan kesuksesannya supaya ego kita terkendali. Dan dapat diarahkan oleh Tuhan yang sejatinya hanya Dia yang mengetahui arti dari manusia itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

Kamal Mukhtar.2009. “Manusia di zaman post modern”. Makalah/artikel

Dian Puspa Haruniasari.2013.”Kajian kebudayaan manusia di masa post modern”. Makalah/artikel

Maktabah.2009.”Post Modern”. Makalah/artikel

________

Disusun Oleh:

*) Riko Hendriyono, penulis adalah mahasiswa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s