Perkembangan Ilmu Pada Masa Post Modern

Perkembangan ilmu sangat pesat beriringan dengan pesatnya perkembang- an zaman diman era global telah menguasai setiap jengkal dari tatanan kehidupan setiap Negara . Dalam perkembanganya ilmu memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan peradaban manusia , dimana kita dapat mengambil con-toh dimana sekarang manusia sangat dimudahkan dengan berkembangya teknolo- gi di kehidupan sehari hari.

Dalam perkembangan post modern kita mencermati pemanfaatan dari pada perkembangan ilmu tersebut . Dalam makalah ini akan di paparkan tentang POST MODERN dan pemanfaatan perkembanganya .

 

2.1. PENGERTIAN

Post Modern ialah sebuah pemikiran yang mengkritik pandangan modernisme melalui cara pandang yang cenderung pada keanekaragaman, bukan homogenitas, pada kejenakaan bukan serius, cenderung pada berantakan daripada bersih, cenderung pada penggambaran (picturesque) walaupun terkadang juga memiliki keteraturan geometris. Dimana pemikiran ini pertama kali di gunakan untuk menjelaskan berakhirnya dominasi bangsa barat , Toynbee (1875)

2.2. PEMBAHASAN

Postmodern awalnya muncul dalam arsitektur dan juga sastra , postmodern dalam hal ini lebih berisi tentang kritik terhadap arsitektur dan sastra modern . Hal ini muncul karna arsitektur dan sastra modern di anggap totaliter mekanis dan kuran human ato dapat disebut lebih menggunakan tenaga teknis bukan tenaga jasa dari manusia .

Dalam bukunya yang berjudul “ THE LANGUAGEOF POST NODERN ARCHITECTURE “ yang dirilis tahun 1975 , Charles Jencks menyebutkan bahwa postmodern adalah suatu upaya mencari pluralism dalam gaya arsitektur . Muncul di kota St. Louis , Missouri adalah kali pertama didirikanyaproyek rumah Pruitt-Igoe di St. Louiss (15 juli 1972) di anggap sebagai lambang modern . Walaupun pemerintah mengeluarkan banyak dana untuk pembangunanya yang di tujukan untuk mensejahterakan rakyat di utopia namun dengan sengaja di hancurkan oleh penghuninya hingga akhirnya pemerintah menyerah dan meratakanya dengan tanah .Dalam peristiwa tersebut menjadi tanda awal berdirinya postmodern dengan pemikiran anti moderenitas hingga akhirnya mempengaruhi segala pemikiran filsafat dan ilmu-ilmu lainya .

Dari peristiwa tersebut kita dapat melihat dimana tercipta pemikiran yang begitu radikal dengan idealism tinggi dan di pegang dengan kuat ,bahkan dengan tujuan yang muliapun belum tentu di hiraukan . Ilmu berkembang untuk merubah peradaban menjadi lebih baik bukan menjadikanya lebih hancur , namun terkadang orang salah mengartikan jika setiap teknologi yang tercipa dari ilmu merusak lingkungan sehingga menghacurkan peradaban .

Jika berfikir dengan idealis kita benar benar memperjuangkan sesuatu yang kita anggap benar namun jika kita tida berfikir secara realistis apakah semua akan cukup atau baik baik saja untuk kehidupan kita?. Antipati terhadap modernitas saya piker terlalau berlebihan walaupun kita memperjuangkan suatuu yang sangat penting missal bumi . Pernahkah anda berfikir sedikit jika anti modern dalam pembelajaran kita menggunakan papan tulis dengan kapur tulis dimana asapnya akan membuat pembelajaran tidak kondusif sebagai contoh kecil .

Bukan bermaksud menitik beratkan kepada salah satu aliran , namun jika kita pandai pandai memanfaatkanya kita juga bias mencegah rusaknya peradaban manusia di bumi dewasa dalam pemakaian dan pemanfaatan adalah kunci semua ,apalah arti sebuah ilmu jika tidak dimanfaatkan sebaik baiknya , apalah arti technocrat hebat jika hanya di buang ditelantarkan dan di rawat Negara lain kala rakyatnya siap menhujat demi sebuah perjanjian 250 tahun yang ditandatangani petinggi negeri ini .

___________

Oleh :

Slamet zuliantoro

12.88203.042

PBI A

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s