Analisis Kekurangan dan Kelebihan Teori Kognitif dan Konstruktivistik

Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya. Yang berbeda dari teori belajar kognitif ini adalah bahwa belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon. Sedangkanteori belajar konstruktivistik merupakan pembelajaran yang menekankan pada proses dan lebih menghargai pada pemunculan pertanyaan dan ide-ide peserta didik. Teori ini juga memandang kebebasan sebagai penentu keberhasilan belajar.

 

ANALISIS KEKURANGAN TEORI KOGNITIF DAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK

     Teori kognitif mempunyai beberapa kekurangan sebagai berikut:

  1. Teori ini dianggap lebih dekat kepada psikologi belajar anak daripada teori belajar anak, sehingga penerapannya dalam proses belajar menjadi tidak mudah.
  2. Teori ini dianggap susah dipraktekkan sebab seringkali kita tidak mungkin memahami struktur kognitif tersebut menjadi bagian-bagian yang jelas.
  3. Teori belajar kognitif ini keberhasilan sebuah pembelajaran tidak dapat   diukur hanya dengan satu orang siswa saja.
  4. Teori ini tidak dapat menyeluruh untuk semua tingkat pendidikan.
  5. Teori ini sulit dipraktikkan, terutama untuk usia lanjut.

Sedangkan kekurangan dari teori konstruktivistik adalah sebagai berikut:

  1. Siswa membuat pengetahuannya sendiri, tidak jarang bahwa hasil konstruksi siswa tersebut tidak cocok dengan hasil konstruksi para ahli sehingga menyebabkan kesalahpahaman dan menyebabkan siswa bingung dengan pengetahuannya.
  2. Konstruktivistik menanamkan agar siswa membangun pengetahuannya sendiri, hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama dan setiap siswa memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Apalagi untuk siswa yang malas dan kurang bisa membangun pengetahuaanya sendiri.
  3. Situasi dan kondisi tiap sekolah tidak sama, karena tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang dapat membantu keaktifan dan kreativitas siswa.

ANALISIS KELEBIHAN TEORI KOGNITIF DAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK

     Walaupun mempunyai beberapa kekurangan, tetapi teori kognitif juga memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan dari teori kognitif adalah sebagai berikut:

  1. Teori kognitif ini dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah (problem solving)‏.
  2. Teori ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa.
  3. Teori kognitif ini juga bisa menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri.
  4. Dalam teori ini bisa membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.

Sedangkan kelebihannya dari teori konstruktivistik adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran dalam teori konstruktivistik memberikan pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa sehingga siswa terdorong untuk membedakan gagasan tentang sesuatu yang menantang siswa.
  2. Teori konstruktivistik memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba gagasan baru agar siswa terdorong untuk memperoleh kepercayaan dirinya.
  3. Pembelajaran konstruktivistik memberikan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif agar bisa mendukung siswa mengungkapkan gagasan, saling menyimak, dan menghindari kesan selalu ada satu jawaban yang benar.
  4. Teori pembelajaran konstruktivistik memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara bebas dengan menggunakan bahasa siswa sendiri.
  5. Pembelajaran konstruktivistik memberi siswa kesempatan untuk berpikir tentang pengalamannya. Ini dapat mendorong siswa berpikir kreatif, imajinatif, serta mengenalkan gagasan-gagasannya.
  6. Teori konstruktivistik ini juga mendorong siswa untuk memikirkan perubahan gagasan mereka setelah menyadari kemajuan mereka serta memberi kesempatan siswa untuk mengidentifikasi perubahan gagasan mereka.

KESIMPULAN

     Kesimpulannya pada teori pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang berasaskan kognitif dan konstruktivistik akan memberi peluang kepada guru untuk memilih kaidah pengajaran dan pembelajaran yang sesuai dan murid dapat menentukan sendiri masa yang diperlukan untuk memperoleh suatu konsep atau pengetahuan. Disamping itu, guru dapat membuat penilaian sendiri dan menilai kefahamannya tentang sesuatu bidang pengetahuan dapat ditingkatkan lagi.

__________

Disusun Oleh:

Intan Hananda Putri

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s