Metode Pembelajaran: RANDOM QUESTION

Random question yaitu metode pembelajaran yang dikemas praktis untuk mempermudah siswa dalam menyerap materi. Guru memberikan pertanyaan secara acak yang sesuai dengan nomor undian yang telah diambil. Semua siswa akan berusaha berfikir keras untuk memberikan jawaban yang benar.

  • Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan indikator kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru menyuruh siswa untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 2-3 orang.
  3. Guru menyuruh perwakilan dari kelompok untuk mengambil nomor undian yang sudah disiapkan di depan.
  4. Guru membacakan pertanyaan yang sesuai dengan nomor undian yang telah diambil.
  5. Setelah semua kelompok mendapatkan pertanyaan, maka setiap kelompok harus bekerja sama untuk mencari jawaban yang tepat. Jawaban hanya boleh berbentuk poin-poin penting.
  6. Setiap kelompok harus mempresentasikan didepan kelas dan menjabarkan poin-poin jawabannya secara bergantian.
  7.  Guru memberikan evaluasi.
  • Kelebihan dari metode ini :
  1. Siswa mejadi kreatif.
  2. Mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalampemecahan suatu masalah.
  3.  Melatih kerja sama yang baik.
  • Kekurangan metode ini :
  1. Bagi siswa yang mempunyai kemampuan lemah, metode ini akan menjadi beban.
  2. Siswa kesulitan untuk menjabarkan jawabannya atau menemukan kata-kata baru.

_____________

NAMA            : DIANA WAHYU UTAMI

NIM                : 11. 88203. 081

KELAS           : PBI C

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s