DETIR (Debat Bergilir)

Dalam metode ini yang di titik beratkan pada kelancaran speaking dan membantu untuk merangsang siswa dapat berbicara, khususnya siswa SMP untuk berlatih berbicara menggunakan bahasa inggris.

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Guru membuat  5 anggota setiap kelompok.
  2. Kemudian, guru memberikan masalah yang akan di bahas dalam setiap kelompok. Masalah tersebut terdiri dari dua option, yaitu pro dan contra. Misalnya: kelompok 1 contra dengan kelompok 2 temanya.
  3. Setelah itu guru mempersilahkan kelompok yang pro dan contra maju ke epan kelas.
  4. Walaupun berkelompok, namun saat debat (maju di depan) setiap siswa di haruskan memberikan pendapatnya untuk anggota lawannya. Misalnya: kelompok 1 terdiri 5 anggota yang beranggotakan; ima, okta, madu, anang, dan elfi. Kelompok 2 berangotakan; ilman, gayung, niken, oki, dan nina. Ima menyampaikan pendapatnya, kemudian ilman menyangga dengan pendapatnya sendiri, kemudian okta berpendapat dan di sanggah oleh gayung, kemudian madu berpendapat dan di sanggah oleh niken, kemudian anang berpendapat dan di sanggah oleh oki, kemudia elfi berpendapat dan nina memberi sanggahan, begitu seterusnya sampai setiap siswa berkesempatan memebrikan pendapat dan menghindari kepasifan setiap siswa.
  5. Debat bergilir ini bisa di lakukan selama 10 menit lamanya.

__________

Oleh:

Ima Frafika Sari

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s