Writing Like An Author, Making Rows Like A Soldier!!

Langkah-langkah        :

  1. Siswa dalam satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok. Misal dalam satu kelas terdapat 28 siswa, jadi setiap kelompok terdapat 7 orang siswa.
  2. Semua siswa berbaris melajur menghadap ke arah depan kelas.
  3. Guru memberikan kertas kosong kepada seluruh siswa.
  4. Kemudian guru memberikan 4 tema gambar ilustrasi yang berbeda sesuai jumlah kelompok. Dan satu tema terdapat 7 gambar berbeda yang diberikan secara acak.
  5. Perlu diingat bahwa siswa sebelumnya tidak mengetahui gambar apa yang akan diterima.
  6. Setelah semua siswa mendapat gambar dan kertas kosong, siswa diberikan waktu untuk menulis apa yang ada pada gambar dalam sebuah kalimat berbahasa Inggris yang benar dengan cepat, dalam waktu 10 detik.
  7. Setelah selesai waktu yang diberikan, siswa dalam satu kelompok harus mengurutkan gambar yang sudah mereka buat kalimat menjadi sebuah rangkaian cerita.
  8. Siswa kemudian berbaris dengan cepat. Kelompok yang paling cepat membentuk barisan dan menyusun gambar beserta kalimat dengan benar akan menang.
  9. Cara mengurutkan adalah siswa yang memegang gambar beserta kalimat urutan pertama berdiri di urutan barisan paling depan, berurutan ke belakang sampai gambar beserta kalimat ke tujuh (berlaku untuk semua kelompok).
  10. Kemudian satu per satu siswa dari kelompok pertama akan membacakan urutan cerita yang sudah mereka buat sesuai gambar.

Demikian metode pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dari gambar dan merangkainya menjadi sebuah cerita. Metode ini akan melatih writing skill siswa seperti seorang penulis (author), dan berbaris dengan cepat seperti seorang tentara (soldier).

____________

Oleh: Danik Agustin EListyaningrum

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s