Tunjuk Aku, Pasti Bisa

Metode pembelajaran ini menggunakan system yang penuh persiapan . sebelum materi pembelajaran diberikan pendidik memberikan kisi-kisi terlebih dahulu sehingga peserta didik bisa mempersiapkan diri seoptimal mungkin.

Prosedural :

  1. Jika besok akan membahas materi : contohnya jenis-jenis majas sekarang pendidik memberikan tema pada akhir pelajaran yakni, dengan memberikan kisi-kisi tentang materi yang akan dipelajari sebagai bahan belajar guna membatasi materi bahasan.
  2. Setelah keesokan harinya pendidik memberikan sedikit penjelasan selanjutnya, pembelajaran berlangsung dengan happy and fun dengan menggunakan games tunjuk-menunjuk. Pendidik menunjuk satu peserta didik dari ujung kiri depan dan dari kanan belakang, untuk menjelaskan maupun memberikan contoh-contoh apa yang ditanyakan dari pendidik.
  3. Selesai menunujuk peserta didik diperbolehkan menunjuk temanya yang dari kiri depan kekanan dan dari kanan belakang kekiri.
  4. Jika semuanya sudah selesai merata, giliran pendidik menunjuk 1 peserta didik untuk memberikan kesimpulan tetapi teman yang lainnya diperbolehkan membatu jikalau ada kesulitan.selanjutnya pendidik juga menyimpulkan sendiri menurut pendapatnya dan terakhir pendidik dan peserta didik akan mengetahui kelemahan dan kelebihannya dalam memberikan penjelasan tenteng ruang lingkup materi bahasan.

 

Dalam metode pembelajaran ini penilaian lebih mudah dan praktis karena pendidik bisa langsung mengetahui kompetensi siswa berdasarkan aspek mendengar, berbicara membaca dan menulis.

 

_________

Nama : Riska Cahya W

Kelas PBI C

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s