SEEHAT (see hat : lihat topiku)

Metode Seehat merupakan metode pembelajaran inovatif pada siswa SMP maupun SMA. Metode ini bertujuan meningkatkan vocabulary pada siswa.

Langkah – langkah :

  1. Guru memberi instruksi agar sisa membawa topi.
  2. Guru membagi seluruh siswa dikelas menjadi berpasangan A dan B.
  3. Guru menyediakan beberapa kertas yang berisi vocabulary.
  4. Guru mengintruksikan pasangan B menutup mata.
  5. Guru memberikan potongan vocabulary kepada pasangan A untuk ditempel ditopi.
  6. Kemudian guru menginstruksikan kembali pasangan B membuka mata.

 

Cara kerja :

Siswa pasangan B menyebutkan kosa kata yang pada topi pasangan A. Contoh : di pasangan A terdapat potongan vocabulary clasroom dalam kurung 10

Maka siswa pasangan B harus menyebutkan apa itu arti dari clasroom dan menyebutkan 10 vocabulary beserta artinya yang terdiri dari bagian classroom tersebut. Tugas pasangan A mencatat berapa jumlah kata yang disebutkan pasangan B genap 10 atau melebihi. Kemudian jika sudah selesai hingga batas waktu yang ditentukan oleh guru, siswa pasangan B bergantian yang menggunakan topi begitu sebaliknya, namun vocabulary harus diganti dengan yaang baru.

______________

Oleh : Rahajeng Singgih Mahardika

Pbi A//V/1188203.033

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s