PUTER-PUTER STOP !

Langkah-langkah        :

~ Guru menyiapkan hologram yang terbuat dari kayu berbentuk lingkaran dengan diameter 30 cm, dan anak panah hampir sama dengan jam. Kemudian lingkaran itu di bagi menjadi 10 bagian yang sama (juring). Setiap juring di beri satu kosa kata (vocabulary) sesuai materi ajar.

Cara Bermain             :

~ Guru menawarkan kepada siswa, siapa yang akan bermain pertama kali atau jika tidak ada yang berani menjadi partisipan, guru dapat menggunakan tepuk pramuka atau pun pancingan untuk merangsang konsentrasi siswa, nah dari situ dapat diambil mana siswa yang kurang berkonsentrasi untuk menjadi partisipan (maju ke depan kelas)

~ Siswa yang terpilih untuk maju ke depan, langsung mengambil posisi dekat dengan hologram dan memutar  anak panah dam melihat di juring bagian mana anak panah itu berhenti.

~ Jika sudah berhenti pada bagian juring yang sudah di beri kosa kata, guru menyuruh siswa untuk membaca kosa kata itu dengan keras (reading) dan langsung disuruh membuat sebuah kalimat sederhana sesuai kosa kata yang telah di baca (writing and speaking).

~ Selanjutnya, mencari lagi partisipan berikutnya dan guru dapat memberikan penilaian terhadap siswa melalui keaktifan siswa dalam kelas.

_____________

Oleh:

Dewi Estu

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s